bioetanol jambu mete

Download Bioetanol Jambu Mete

Post on 14-Oct-2015

98 views

Category:

Documents

12 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Jambu Mete

TRANSCRIPT

JAMBU METE

Pembuatan Bioetanol dari buah Jambu MedeFirmansyah Budilaksana (121.011.009)Putu Oka Nareswary (121.011.012)Latar BelakangKebutuhan energi saat ini umumnya didominasi oleh energi fosil yaitu minyak bumi maupun batubara. Adanya cadangan energi tersebut, kini sudah semakin terbatas. Maka dari itu, dibutuhkan energi alternatif yang bersifat terbarukan dan ramah lingkungan, mengingat cadangan sumber energi fosil tersebut semakin menipis.Latar BelakangBuah Jambu Mede memiliki mengandung karbohidrat 15,9 %. Karbohidrat tersebut diubah menjadi glukosa melalui proses hidrolisa. Hidrolisa dilakukan supaya karbohidrat pecah atau terurai menjadi glukosa. Bioetanol digunakan sebagai bahan bakar terbarukan mengingat kuantitas minyak bumi saat ini terus menipis. Bioetanol dipilih sebagai energi alternatif karena bioetanol bersifat ramah lingkungan dan dapat diperbaharui.Rumusan MasalahTujuan PenelitianUntuk mengetahui lebih lanjut proses pemanfaatan bioetanol menjadi energi yang dapat diperbaharui.Untuk menambah nilai ekonomis buah jambu mete melalui pembuatan bioetanol.Untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatan bioetanol.Untuk mengetahui perbandingan Saccharomyces cerevisiae dengan jambu mete dalam proses pembuatan bioetanol.Untuk mengetahui kualitas bioetanol yang dihasilkan.

Manfaat PenelitianBisa membuat sebuah produk dari buah jambu mete menjadi bioetanol yang murni dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam hal mengatasi keterbatasan minyak bumi.Untuk menambah pengetahuan akan pengolahan buah-buahan menjadi bioetanol untuk mahasiswa.

Tinjauan Pustaka1. Jambu MedeJambu Mede atau Anacardium occidentale adalah tanaman dari sukuanacardiaceaeyang berasal dari Brazil. Jambu mede mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh kita, di antaranya : kaya akan vitamin A, vitamin C, lemak, kalsium, fosfor, besi, protein, karbohidrat, dan air. Selain itu, jambu mede juga mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septik.

2. BioetanolBioetanol adalah etanol yang diproduksi dari tumbuhan. Merupakan bahan bakar alternatif ramah lingkungan unttuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.3. FermentasiFermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerob (tanpa oksigen). 4. DistilasiDistilasi adalah seni memisahkan dan pemurnian dengan menggunakan perbedaan titik didih.Distilasimerupakan proses pembuangan air dari dalam etanol yang kadar airnya masih tinggi.

Kandungan organik Jambu mede

Metode PenelitianBahan :1. Buah jambu mede2. Ragi roti3. Aquades4. H2SO4

Alat :1. Seperangkat alat distilasi2. Timbangan3. Blender4. Saringan5. Gelas Piala6. Gelas Ukur

7. Erlenmeyer8. Pengaduk9. Corong Kaca10. Tabung Reaksi11. Gelas Arloji12. Labu leher 313. Kompor ListrikTahap PembuatanSEKIAN & TERIMA KASIH