format raster

Click here to load reader

Post on 02-Jan-2016

174 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

format data raster dan vektor

TRANSCRIPT

SIG TERAPAN

FORMAT DATA VEKTOR DAN RASTER

DATA VEKTOR

Data vektor merupakan gambar digital berbasiskan persamaan matematis yang terbentuk dari tiga jenis geometri yakni titik (point), garis (line), dan area (polygon), yang disimpan dalam bentuk koordinat x dan y. Data vektor terbentuk dari besar dan arah, sehingga apabila gambar diperbesar berkali-kali, tampilan data vektor akan senantiasa utuh (tidak pecah).DWG

Pada awalnya format file *.dwg dikembangkan oleh Mike Riddle pada akhir tahun 1970 kemudian digunakan sebagai lisensi Autodesk pada tahun 1982 sebagai file gambar Autocad. Format file *.dwg telah menjadi format file gambar CAD yang banyak digunakan dengan perkiraan total yang telah dibuat sebanyak lebih dari dua milyar pada tahun 1998. sampai dengan tahun 2013 sudah tidak terhitung lagi berapa jumlah file yang telah dibuat dalam bentuk *.dwg karena hampir setiap perusahaan kontraktor atau konsultan perencana di Indonesia sampai seluruh dunia telah menggunakan format file ini untuk pekerjaan menggambar dengan software di komputer.

File *.dwg adalah gambar yang dibuat dengan software CAD seperti AutoCAD, FreeCAD, NanoCAD, ZWCAD dan berbagai macam software gambar teknik lainnya. Tentu saja data yang disimpan adalah berupa koordinat-kordinat dengan jenis geometri titik, garis, dan luasan.

Gambar 1. Contoh Tampilan File DWG di AutoCAD(Sumber: ilmudrafter.blogspot.com)DXF

AutoCAD DXF (Drawing Interchange Format atau Drawing Exchange Format) adalah format file data CAD yang dikembangkan oleh Autodesk untuk memungkinkan interoperabilitas data antara AutoCAD dan program lain. DXF diperkenalkan pada Desember 1982 sebagai bagian dari AutoCAD 1.0. Struktur dasar dari DXF adalah sebagai berikut:

HEADER informasi umung tentang gambar. Masing-masing parameter memiliki nama variabel dan nilai yang terkait.

CLASSES Menyimpan informasi untuk kelas yang didefinisikan oleh software, contohnya BLOCKS, ENTITIES, dan OBJECTS database. Umumnya tidak memberikan informasi yang cukup untuk memungkinkan interoperabilitas dengan program lainnya.

TABLES bagian ini berisi definisi dari item.

Tabel Application ID (APPID)

Tabel Block Record (BLOCK_RECORD)

Tabel Dimension Style (DIMSTYPE)

Tabel Layer (LAYER)

Tabel Line Type (LTYPE)Tabel Text Style (STYLE)Tabel User Coordinate System (UCS)Tabel View (VIEW)Tabel Viewport Configuration (VPORT) BLOCKS bagian ini berisi entitas Block Definition yang mendeskripsikan entitas yang terdiri dari setiap Block pada gambar.

ENTITIES berisi entitas gambar, termasuk Block References.

OBJECTS berisi data yang diaplikasikan pada obyek nongrafis, digunakan oleh aplikasi AutoLISP dan ObjectARX.

THUMBNAIL IMAGE berisi gambar preview dari file DXF.

END OF FILE

Format data dari DXF disebut format tagged data yang berarti bahwa setiap elemen data dalam file didahului dengan nomor integer yang disebut group code. Group code ini menunjukkan jenis data yang diikuti elemen. Nilai ini juga menunjukkan arti dari sebuah elemen data untuk jenis obyek tertentu. Semua informasi yang ditentukan pengguna dalam sebuah file gambar dapat diwakili dalam format DXF.SHP (Shapefile)Shapefile ESRI atau biasa disebut shapefile adalah format data geospasial yang umum untuk perangkat lunak Sistem Informasi Geografis. Dikembangkan dan diatur oleh ESRI sebagai spesifikasi (hampir) terbuka untuk interoperabilitas data antara ESRI dan produk perangkat lunak lainnya.

Sebuah "shapefile" biasanya terdiri dari kumpulan file yang berekstensi *.shp, *.shx, *.dbf, dan ekstensi lainnya pada sebuah nama yang sama (contohnya jalan.*). Saat penggunaan, shapefile sebenarnya merujuk pada yang berekstensi *.shp, namun file ini tidak lengkap dan membutuhkan file lainnya.

Shapefile keruangan digambarkan dengan geometri: titik, garis, dan luasan. Geometri tersebut, sebagai contoh, dapat mewakili pancuran, sungai, dan danau. Tiap bagian memiliki atribut yang menjelaskan atribut tersebut, seperti nama sungai atau temperatur. Di mana file *.shp adalah file yang menyimpan data keruangan yang biasa di sebut obyek (data spasial), *.dbf adalah file yang menyimpan data tabular yang biasa disebut atribut. Sedangkan *.shx menyimpan data indeks yang digunakan oleh shapefile tersebut. Contoh software yang memakai format ini adalah ArcGIS dan Quantum GIS.

Gambar 2. Contoh Tampilan File SHP di ArcGIS(Sumber: Final Project SIG Kota Pasuruan Tahun 2013)DATA RASTERData raster tersusun dalam bentuk matriks atau pixel dan membentuk grid. Tingkat akurasi data ini sangat tergantung pada ukuran pixel atau biasa disebut dengan resolusi. Umumnya, data ini dihasilkan melalui pemotretan, foto udara, penginderaan jauh, citra satelit, hasil scanning dokumen, Digital Elevation Model (DEM), dan sebagainya.TIFF (Tagged Image File Format)Pada dasarnya, dalam proses data gambar digital, semua file TIFF adalah hasil proses dari file RAW. Kemungkinan TIFF tersebut diproses prosesor kamera atau melalui post-processing RAW di komputer. File TIFF dapat disimpan dalam format kedalaman 16 bit (selain juga bisa 8 bit) dan hampir semua software grafis dapat membacanya. Bahkan format ini dapat menyimpan data gambar yang terdiri dari lebih dari satu layer, contohnya penggunaan alpha channel. Oleh karena itu, ini adalah format yang sangat jamak dipakai dalam dunia printing.

Salah satu keunggulan TIFF di sini adalah kemampuannya untuk menyimpan hasil kompresi lossless, yaitu memperkecil ukuran data gambar, tanpa kehilangan sedikitpun konten dari data gambar tersebut. Diibaratkan pada file RAW terdapat sepotong data dengan string seperti berikut ini:>176983888839400000912555555421769838(4)3940(5)9125(6)42

View more