hubungan terapi aktivitas kelompok ... - terapi aktivitas kelompok sosialisasi dengan kemampuan...

Download HUBUNGAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK ... - terapi aktivitas kelompok sosialisasi dengan kemampuan interaksi…

Post on 13-Mar-2019

213 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

HUBUNGAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI DENGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL

PASIEN HARGA DIRI RENDAH DI BANGSAL PRIA RUMAH SAKIT JIWA DAERAH Dr. AMINO GONDOHUTOMO

SEMARANG

SKRIPSI

Disusun Oleh : YUDHI FEBRI KURNIA

462009007

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA 2013

HUBUNGAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI DENGAN KEMAMPUAN

INTERAKSI SOSIAL PASIEN HARGA DIRI RENDAH DI BANGSAL PRIA RUMAH SAKIT JIWA DAERAH Dr. AMINO GONDOHUTOMO

SEMARANG

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Sarjana Keperawatan

Universitas Kristen Satya Wacana

Disusun Oleh : YUDHI FEBRI KURNIA

462009007

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA 2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur kembali peneliti berikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sekali lagi atas kemurahan dan penyertaanNya skripsi yang berjudul Hubungan Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pasien Harga Diri Rendah Di Bangsal Pria Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Peneliti juga menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari sempurna sehingga peneliti membutuhkan kritik dan saran di waktu yang akan datang. Banyak ucapan terimakasih juga peneliti sampaikan kepada dosen-dosen dan teman-teman yang telah membantu peneliti dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah ini. Terlebih lagi kepada dosen-dosen pembimbing dan pihak-pihak yang telah membantu peneliti sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini, ucapan terima kasih ini ditujukan kepada : 1. Tuhan Yesus Kristus yang tidak henti-hentinya memberikan

penyertaan dan berkat karunia kepada saya selama menempuh studi dan menempuh tugas akhir. Berkat yang tidak pernah saya pikirkan selalu Engkau karuniakan di tiap nafas kehidupan saya. Semua bukan karena kuat dan hebatku tapi karena saya tidak pernah jalan sendiri sebab Tuhan selalu besertaku.

2. Keluarga saya di Metro-Lampung, terutama kedua orangtua terbaik dan terhebat saya Bapak Wismanyo Spd dan Ibu Twentin Agustriani yang tidak pernah lelah mendoakan, memberikan semangat di saat saya hendak menyerah, terima kasih untuk kasih sayang yang tidak pernah habis dan telah membiayai saya hingga saat ini. Buat kakak tersayang Dinni Mutyawari S.Farm, Apt dan Septa Jangkung Waskita Bakti SE yang selalu menjadi motivator, memberikan ide-ide luar biasa, nasihat dan juga bantuan materil kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan studi saya sampai saat ini. Dan juga bintang hati Meidarina yang selalu membantu, mendoakan dan mendukung apapun yang saya perjuangkan, Tuhan Yesus memberkati pelayanan kita semua. Love you all my big family and my sweatheart.

3. Ir. Ferry F. Karwur, M.Sc., Ph.D selaku dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UKSW.

4. Kedua pembimbing saya Ratriana Y.E Kusumiati, M.Si., Psi dan Anita Mayasari, S.Kep, Ns yang tidak pernah lelah mendengarkan curahan hati saya dan telah memberikan motivasi, saran-saran dan kritikan yang luar biasa. Walaupun harus bimbingan dengan Ibu Anita di Semarang saya lakukan dengan sukacita dan Ibu Mia di Fakultas Psikologi UKSW pun saya lakukan dengan semangat, beliau-beliau tidak pernah memandang sia-sia usaha saya. Saya mengucapkan

terimakasih yang sebesar-besarnya atas bimbingannya selama ini. Tuhan memberkati Ibu Mia dan Ibu Anita.

5. Ibu Johanna R.H.Kawonal,BSc.,Appl.Sc.,CV,RN yang telah bersedia membantu memberikan masukan saat saya kehabisan ide. Selain itu, Ibu Indah Wulanningsih S.kep, Ns atas semangat dan dukungan yang diberikan pada saya, Ibu Sakti Oktaria Batubara, S.Kep.,Ns.,M.Kep selaku wali studi saya yang bersedia memberikan masukan dalam skripsi ini. Dan untuk semua staff Fakultas Ilmu Kesehatan UKSW Atas dukungan dan bantuannya bapak dan ibu dosen/staff sekalian, saya ucapkan terimakasih.

6. Segenap jajaran Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang baik Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang dan bagian Diklat dan perawat tiap ruangan atas seluruh bantuannya. Peneliti mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya telah diterima untuk melaksanakan penelitian di rumah sakit.

7. Penerbit dan Redaksi ANDI telah menerbitkan karya-karya saya dan mempercayakan saya untuk menjadi penulis dan untuk setiap dukungannya dalam skripsi. Dodhy, Alosh, Roby untuk semua doa dan dukungannya terutama terima kasih untuk lagu-lagu konyol yang kalian berikan saat saya hilang semangat. Keep rock and roll guys.

8. Kak Presly, Kak Aji yang telah memberikan semangat dan ide-ide untuk saya sehingga saya tidak kehabisan ide dalam menyusun skripsi ini. Mas Kristiawan Prasetyo Agung Nugroho terima kasih program SPSS-nya sangat membantu sekali dan untuk Manuel Yosafat Hadi Manapa yang membantu saya saat kesulitan mengoperasikan program komputer yang belum bisa saya kerjakan sendiri, terima kasih atas bantuannya.

9. Kepada teman-teman angkatan 2009 yang selalu menjadi teman-teman yang luar biasa dan nomor satu Rio, Bayu, Jenter, Nino, Ardhan, Kezia, Kalista, Dian, Villy, Yekho, Fani, Desi dan teman-teman 2009 luar biasa lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu, apalah arti sebuah tulisan jika nama kalian semua terukir indah di hati ini. Terimakasih untuk kebersamaan dan canda tawanya selama ini. Tetap berjuang untuk setiap mimpi besar kalian, karena jika kita punya niat baik Tuhan SELALU berikan jalan.

10. Untuk semua pihak yang telah membantu saya dalam skripsi ini saya ucapkan terima kasih banyak, Tuhan memberkati kita semua. Gbu all now and forever.

MOTTO DAN PERSEMBAHAN

Jalani tiap detik kehidupan ini dengan rasa syukur dan sukacita, maka yakinlah berkatNya yang luar biasa akan selalu mengiringi tiap detak jantungmu ( Y Febri K )

Bersukacitalah dalam pengharapan,

bersabarlah dalam kesesakan dan

bertekunlah dalam doa

(Roma 12 : 12)

Karena masa depan sungguh ada,

dan harapanmu tidak akan hilang.

(Amsal 28 : 18)

Segala perkara dapat kutanggung

di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. (Filipi 4 : 13)

Skripsi ini penulis persembahkan kepada Tuhan Yesus Kristus,

yang telah memberikan berkat karunia bagi saya untuk menuangkan seluruh pikiran dan kemampuan saya dalam skripsi ini.

Love You My Lord. Kedua Orangtua saya yang tersayang bapak dan ibu.

Serta kakak saya yang terbaik Mbak Tya dan Mas Janjang. Trimakasih sudah memberikan semua yang terbaik untuk saya.

Dan Kekasih tersayang Mei Love You My Sweet Family And

Love You So Much, Dear.

ABSTRAK

Yudhi Febri Kurnia, 462009007, Hubungan Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pasien Harga Diri Rendah Di Bangsal Pria Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang, Skripsi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

xiv + 83 lembar + 4 lampiran

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menyebutkan 14,1% penduduk Indonesia mengalami gangguan jiwa ringan hingga berat dan terus meningkat tiap tahunnya. Salah satu gangguan jiwa adalah harga diri rendah. Karena hampir semua diagnosa kejiwaan berawal dari harga diri rendah maka orang dengan harga diri rendah cukup berisiko bagi orang lain dan diri sendiri.

Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan teknik pengumpulan data observasi dan menggunakan alat pengumpul data. Teknik analisa data dengan analisis statistik Pearson Product Moment. Sedangkan teknik uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas.

Hasil penelitian didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi dengan kemampuan interaksi sosial pasien harga diri rendah yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,179 dengan taraf signifikan (p) 0,303 dimana (p > 0,05) maka hipotesis ditolak artinya tidak ada hubungan antara Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi dengan kemampuan interaksi sosial pasien harga diri rendah di bangsal pria RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Tidak terdapatnya hubungan yang signifikan antara TAKS dengan kemampuan interaksi sosial pasien harga diri rendah di bangsal pria Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang dikarenakan beberapa faktor: Kurangnya efektivitas TAKS yang diberikan, motivasi diri sendiri serta peran perawat tiap ruangan.

Kata kunci : Interaksi sosial, terapi aktivitas kelompok sosialisasi, harga diri rendah.

Daftar Pustaka : 32 ( 2001-2012 )

DDAAFFTTAARR IISSII

HALAMAN JUDUL ............................................................................. . i

KATA PENGANTAR .......................................................................... . ii

MOTTO DAN PERSEMBAHAN ......................................................... . iv

HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS ...................... . v

HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI .................. . vi

HALAMAN PERSETUJUAN .............................................................. . vii

HALAMAN PENGESAHAN ................................................................ . viii

ABSTRAK .......................................................................................... . ix

DAFTAR ISI ....................................................................................... . x

DAFTAR TABEL ................................................................................ . xiii

DAFTAR LAMPIRAN ........