hukum newton i (isaac newton)

Download Hukum Newton I (Isaac Newton)

Post on 21-Jul-2015

50 views

Category:

Education

4 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Hukum Newton I (Isaac Newton)

Hukum Newton I (Isaac Newton)

Kelompok 11. Eryska Noviolani A. (07)2. Marysa Widya W.(13)3. Nandang Ary P.(15)4. Windi Tri Novita(24)

Hukum NewtonHukum - hukum Newton adalah hukum yang mengatur tentang gerak. Hukum gerak Newton itu sendiri merupakan hukum yang fundamental, artinya pertama hukum ini tidak dapat dibuktikan dari prinsip - prinsip lain. Kedua, hukum ini memungkinkan kita agar dapat memahami jenis gerak yang paling umum.Hukum gerak Newton adalah tiga hukum yang menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Ketiga hukum ini pertama dirangkum oleh Isaac Newton dalam karyanya Philosiphi Naturalis Principa Mathematica, pertama kali diterbitkan pada 05 Juli 1687.

Bunyi Hukum Newton IPada zaman dahulu orang percaya bahwa alam ini bergerak dengan sendirinya. tidak ada sesuatupun yang menggerakkannya. mereka menyebutnya dengan gerak alami. disisi lain, untuk benda yang jelas jelas digerakkan, mereka menamakanya dengan gerak paksa. teori yang dipelopori oleh Aristoteles ini terbukti salah saat Galileo dan Newton mengemukakan pendapat mereka. Galileo mematahkan teori Aristoteles dengan sebuah percobaan sederhana. ia membuat sebuah lintasan lengkung, licin yang disunakan untuk menggelindingkan sebuah bola. Satu sisi dari lintasan tersebut diubah - ubah kemiringannya. Setelah mengamati, Galileo menyatakan Jika gaya gesek pada benda tersebut ditiadakan maka benda tersebut, akan terus bergerak tanpa memerlukan gaya lagi.Teori Galileo dikembangkan oleh isaac Newton. Hukum Newton I menyatakan bahwa:Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap/konstan.

Oleh karena itu Hukum I Newton juga sering disebut sebagai Hukum Kelembaman atau Hukun Inersia (Kemalasan). Ukuran kuantitas kelembaman suatu benda adalah massa. Setiap benda memiliki tingkat kelembaman yang berbeda - beda. Makin besar suatu benda makin besar kelembamannya.Saat mengendarai sepeda motor kita bisa langsung memperoleh kelajuan besar dalam waktu singkat, namun, saat kita naik kereta tentu memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai kelajuan yang besar. Hal itu terjadi karena kereta api memiliki massa yang jauh lebih besar dari massa sepeda motor. Setiap hari kita mengalami hukum Newton I, misalnya, saat kendaraan yang anda naiki direm secara mendadak, maka anda akan terdorong kedepan dan saat kendaraan yang anda naiki tiba-tiba bergerak maka anda akan terdorong ke belakang.

Sifat Kelembaman BendaPercobaan:Siapkan gelas, kertas dan koin.Susunlah ketiga barang tersebut seperti gambar di samping. dan berikan 2 macam perlakuan pada percobaan ini.Pertama, tariklah kertas dengan perlahan - lahan. dan amati yang terjadi pada koin.Kedua, Tariklah kertas dengan cepat dan amati apa yang terjadi pada koin.Pada perlakuan pertama, koin akan mengikuti gerakan kertas dan pada perlakuan kedua, koin akan masuk kedalam gelas.Letakkan kertas HVS di atas meja dan letakkan pula baterai di atas kertas HVS, seperti gambar. Tarik kertas manila perlahanlahan sehingga baterai ikut bergerak bersama-sama kertas manila, kemudian hentikan gerakan kertas manila dengan tiba-tiba. Maka baterai akan bergerak dengan kecepatan konstan.

Dari hasil percobaan di atas, ternyata benda yang diam cenderung untukmempertahankan keadaan diamnya dan benda yang bergerak cenderungmempertahankan keadaan bergeraknya. Sifat yang dimiliki oleh benda tersebut disebut sifat kelembaman benda, yaitu "Selama tidak ada gaya dari luar yang mempengaruhi benda, benda yang sedang tak bergerak mempertahankan keadaan tak bergeraknya dan benda yang sedang bergerak. mempertahankan keadaan geraknya".

Syarat berlakunya Hukum I Newton jika F = 0 => a = 0.

Contoh Penerapan Hukum Newton IPenumpang akan terasa terdorong ke depan saat mobil bergerak cepat direm mendadak.Koin yang berada di atas kertas di meja akan tetap berada di sana ketika kertas ditarik secara cepat.Ayunan bandul sederhana.Pemakaian roda gila pada mesin mobil.

Bandul sederhanaRoda Gila

KesimpulanHukum Newton I menyatakan bahwa: Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap. Oleh karena itu Hukum I Newton juga sering disebut sebagai Hukum Kelembaman atau Hukun Inersia (Kemalasan).Sifat kelembaman benda yaitu: "Selama tidak ada gaya dari luar yang mempengaruhi benda, benda yang sedang tak bergerak mempertahankan keadaan tak bergeraknya danbenda yang sedang bergerak mempertahankan keadaan geraknya". Contoh penerapan hukum Newton I:Penumpang akan terasa terdorong ke depan saat mobil bergerak cepat direm mendadak.Koin yang berada di atas kertas di meja akan tetap berada di sana ketika kertas ditarik secara cepat.Ayunan bandul sederhana.Pemakaian roda gila pada mesin mobil.

Syarat berlakunya Hukum I Newton jika F = 0 => a = 0.

Contoh SoalJika resultan gaya yang bekerja pada benda sema dengan nol, maka:1. benda tidak akan dipercepat.2. benda selalu diam.3. perubahan kecepatan benda nol.4. benda tidak mungkin bergerak lurus beraturan.Pernyataan yang benar adalah...a. (1), (2), dan (3).b. (1) dan (3) saja.c. (2) dan (4) saja.d. (4) saja.e. (1), (2), (3) dan (4)Kunci Jawaban:Dari hukum pertama newton, F = 0Nilai nol disebabkan karena tidak ada percepatan pada benda.Jika percepatan nol, kecepatan benda konstan.Jika percepatan benda nol, benda dapat berada dalam keadaan diam maupun bergerak.Jika kecepatan benda bernilai konstan, benda akan bergerak lurus beraturan.Jawab: b

Terima Kasih