indoor outdoor plant

Download indoor outdoor plant

Post on 07-Aug-2015

15 views

Category:

Education

4 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. A. TanamanIndoor 1. Nama Ilmiah : Aglaonema crispum Nama Lokal : Aglaonema Famili : Araceae Syarat Tumbuh: Suhu : 28 30C pada siang hari dan 20 22C malam hari Kelembapan : 50 70%, di kisaran itu tanaman tumbuh baik, lebih dari 75% . Cahaya :Sebagian aglaonema dapat hidup di tempat lembab dan sebagian lagi di tempat sedikit kering Media : Campuran 1 bagian tanah, 1bagian pupuk kandang atau kompos dan 1bagian pasir. Ketinggian tempat : 300 400 m dpl Kebutuhan air : Cukup, apabila kekurangan akan layu tapi jika berlebihan akan menyebabkan pembusukan akar. Deskripsi : Tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Kini berbagai macam aglaonema hybrida telah dikembangkan, memiliki penampilan tanaman yang sangat menarik. Hybrida dari bermacam warna, bentuk, ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alami. Aglaonema merupakan tanaman hias khas Asia Tenggara. Perbanyakan : Memiliki 2 cara yaitu teknik penanaman bongkol dan stek pucuk pada tanaman Aglaonema.
  2. 2. 2. Nama Ilmiah : Dieffenbachia amoena Nama Lokal : Belanceng Famili : Araceae Syarat tumbuh : Suhu : Siang hari 75 F- 85 F dan suhu malam hari 65 F - 70 F Kelembapan : 50% Cahaya :Cahaya yang berkekuatan 250-400 f.c selama 12- 14jam sehari Media :Campuran 1 bagian tanah, 1bagian pupuk kandang atau kompos dan 1bagian pasir. Ketinggian tempat : Ketinggian tanaman 120-150 cm. Dapat tumbuh 1.500 meter dpl. Kebutuhan air : Cukup, apabila kekurangan akan layu tapi jika berlebihan akan menyebabkan pembusukan akar. Deskripsi : Tanaman hias yang populer yang biasa ditanam diperkarangan. Keindahannya berasal dari tajuk dan juga warna daunnya yang bervariasi yaitu hijau dengan bercak-bercak hijau muda atau kuning. Tanaman ini dikenal dengan daun bahagia atau bunga bahagia. Perbanyakan : Dengan cara memisahkan anakan dari induknya setiap waktu dan dengan cara stek batang.
  3. 3. 3. Nama Ilmiah : Clorophytum comosum Nama Lokal : Lili Paris Famili : Anthericaceae Syarat tumbuh : Suhu : Siang hari 75 F -85 F dan malam hari 65 F -70 F Kelembapan : Kelembaban 50%. Cahaya : Cahaya berkekuatan 400 f.c Media : Campuran 1 bagian tanah kebun dan 1 bagian kompos, 1 bagian pasir dan setengah bagian pupuk kandang. Ketinggian tempat : Ketinggian 50-800 m dpl Kebutuhan air : Berlebih, karena jika kekurangan tanaman akan langsung mengering dan berwarna kecoklatan dan daunnya menggulung. Deskripsi : Tanamaman hias jenis semak yang biasa digunakan sebagai material pembuatan taman dan dalam aplikasinya digunakan sebagai tanaman semak, baik untuk tujuan border, maupun listing. Tanaman ini sebenarnya sangat mudah utuk perawatannya, dan memiliki nilai artistik yang bagus, sehingga banyak digunakan oleh desainer taman maupun tukang taman dalam pembuatan taman, cocok digunakan untuk taman minimalis maupun tropis. Perbanyakan : Dengan cara memisahkan sebagian rumpu dari induknya ataupun menanam anakan kecil yang menggantung.
  4. 4. 4. Nama Ilmiah : Chrysalidocarpus Nama Lokal : Palem Kuning Famili : Araceae Syarat tumbuh : Suhu : Siang hari 75 F -85 F dan suhu malam hari 65 F - 70 F Kelembapan : Sekitar 50% Cahaya : Cahaya berkekuatan 400 f.c Media : 1bagian tanah, 1 bagian kompos, 1 bagian pasir dan setengah bagian pupuk kandang. Ketinggian tempat : 800-900 m dpl Kebutuhan air : Cukup, apabila kekurangan akan layu tapi jika berlebihan akan menyebabkan pembusukan akar. Deskripsi : Tanaman ini tumbuh berumn, berdaun melengkung seperti bulu tersusun dari banyak daun kecil-kecil. Ukuran daun panjang seperti pita berhadapan. Panjang helai daun bisa mencapai 90-150 cm. Batang bagian bawah yang sudah dewasa berbentuk bulat beruas-ruas seperti bambu. Batang atas yang berdekatan dengan daun masih terselubung pelepah daun. Perbanyakan : Dengan cara memisahkan atau menyapih rumpun dari pohon induknya atau dari bijinya.
  5. 5. 5. Nama Ilmiah : Coleus Nama Lokal : Dilem, Iler Famili : Lamiaceae Syarat tumbuh : Suhu : Siang hari 75 F -85 F dan malam hari 65 F -70 F Kelembapan : 60% Cahaya : Berkekuatan 800 f.c Media : 1bagian tanah, kompos/pupuk kandang dan 1bagian pasir. Ketinggian tempat : 1.550 meter dpl Deskripsi : Tanaman yang bisa dipelihara didalam maupun diluar ruangan. Warna daunnya bervariasi dan menarik, mulai dari merah anggur dengan bagian tengah merah jambu, hijau tua, kuning, ungu, merah muda atau kombinasi warna-warna tersebu. Bentuk daun seperti hati dan tepinya bergerigi. Tinggi tanaman 76 cm,lebar daun 2-5 cm dan panjang 10cm. Perbanyakan : Tanaman ini bisa diperbanyak dengan menggunakan stek batang berukuran panjang 10-15 cm.
  6. 6. TanamanOutdoor 1. Nama Ilmiah : Tamarindus indica Nama Lokal : Asam Jawa Famili : Leguminose Syarat Tumbuh: Suhu : 65 F -75 F Kelembapan : 50 % Cahaya : Memerlukan cahaya yang cukup karena tanaman tumbuh dengan baik pada daerah tropik basah. Media : Tanah berpasir maupun tanah liat Ketinggian Tempat : 1000-2000 m dpl Kebutuhan air : Tidak terlalu membutuhkan banyak air Deskripsi :Pohon ini banyak ditanam sebagai pohon penghijauan disepanjang jalan. Mempunyai karakter batang yang kuat dan sering dijadikan bahan bonsai. Tanaman asli Afrika ini mulai populer sebagai tanaman penghias taman. Tinggi mencapai 25 meter memiliki buah polong berwarna coklat sepanjang 10 cm dengan daging buah yang rasanya masam. Perbanyakan : Dengan melalui benih, pencangkokan, penyambungan dan penempelan.
  7. 7. 2. Nama Ilmiah : Chimonobambusa quadrangularis Nama Lokal : Bambu Cina Famili : Gramineae Syarat Tumbuh: Suhu : 270 C -360 C Kelembapan : 80% Cahaya : Cukup cahaya Media : Berpasir sampai berlempung Ketinggian Tempat : Dataran rendah maupun tinggi hingga ketinggian 1.500 m dpl. Kebutuhan air : Tidak terlalu membutuhkan air Deskripsi : Bambu ini berasal dari Cina dan Jepang. Dapat tumbuh tinggi mencapai 10 m. Daunnya berukuran 5 15 cm dan lebar 2 cm, berwarna hijau dengan urat-urat daun yang sejajar. Daun-daun tumbuh memancar membentuk tajuk yang padat, bercabang rapat serta menjuntai panjang. Batangnya berwarna tembaga setebal sekitar 2 cm. Perbanyakan : Cara vegetatif melalui stek batang atau stek rhizoma.
  8. 8. 3. Nama Ilmiah : Phyllostachys sulphurea Nama Lokal : Bambu Kuning Famili : Gramineae Syarat Tumbuh: Suhu : 270 C-360 C Kelembapan : 50-80 % Cahaya : Sedikit cahaya Media : Tanah dan humus Ketinggian Tempat : 700 m dpl Kebutuhan air : Tidak terlalu membutuhkan air Deskripsi : Bambu dengan warna batang kuning tua ini berasal dari Jepang dan China. Dapat mencapai tinggi 4 9 m dan diameter batangnya dapat mencapai 8 cm. Daunnya berwarna hijau sepanjang 12 cm dengan lebar 2 cm. Bagian bawah daun berwarna hijau kebiruan dan gagang daun berwarna keunguan. Susunan daunnya yang melengkung menjadi kombinasi menarik dengan batang kuning emas. Perbanyakan : Cara vegetatif melalui stek batang atau stek rhizoma.
  9. 9. 4. Nama Ilmiah : Hyophorbe lagenicaulis Nama Lokal : Palem Botol Famili : Aracaceae Syarat Tumbuh: Suhu : 25 C-33 C Kelembapan : 45% Cahaya : Secukupnya Media : Pasir dan tidak menyukai genangan air Ketinggian Tempat :Tumbuh mulai daratan rendah sampai daratan tinggi Deskripsi : Tanaman ini sering disebut palem botol yang batang bawahya menggelembung dan batang atas menyempit sehingga mirip botol. Pertumbuhan tanaman ini sangat lambta jika dibandingkan dengan jenis palem yang lain karena memiliki tajuk yang sempit akan tetapi budidaya palem botol tidak memerlukan tempat yang luas. Perbanyakan : Cara vegetatif melalui stek batang atau stek rhizoma.
  10. 10. 5. Nama Ilmiah : Adiantum capillus-veneris L. Nama Lokal : Paku Suplir Famili : Adiantaceae Syarat Tumbuh: Suhu : 21 C-35 C Kelembapan : 75-80 % Cahaya : Sedikit terkena cahaya matahari Media : Batuan bercampur air yang menggenang Ketinggian Tempat :700 m dpl Deskripsi : Tumbuhan paku merupakan tumbuhan berkormus dan berpembuluh yang paling sederhana. Terdapat lapisan pelindung sel (jaket steril) di sekeliling organ reproduksi,sistem transpor internal, hidup ditempat yang lembab. Akar serabut berupa rhizoma, ujung akar dilindungi kalipatra. Sel-sel akar membentuk epidermis, korteks dan silinder pusat (terdapat xylem dan floem) Perbanyakan : Secara aseksual (vegetatif) dengan stolon yang menghasilkan gemma (Tunas) dan perbanyakan generatif suplir dilakukan dengan spora yang terletak pada sisi bawah daun bagian tepi tanaman yang sudah dewasa.
  11. 11. NAMA : SUGIYATI NIM : 130311100122 KELAS : AGROEKOTEKNOLOGI-C SHIFT : SELASA, 07.00-09.30 WIB

Recommended

View more >