jambu biji

Author: gunung-iswahyudi-ebs

Post on 18-Jul-2015

137 views

Category:

Documents


2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

menurunkan kolesterol. Mengenai hal ini, pernah dilakukan penelitian oleh Singh Medical Hospital and Research Center Morrabad, India. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa jambu biji mampu membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.Jambu Biji

Jambu biji juga mengandung likopen yang melimpah. Likopen ini memiliki manfaat sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker. Selain itu, kandungan lain pada jambu biji yang bermanfaat adalah eugenol (minyak asiri), tanin, minyak lemak, zat samak, damar, asam apfel, dan triterpinoid.

Manfaat Jambu biji (Psidium guajava L.) sangat banyak karena jambu biji merupakan buah yang memiliki banyak kandungan gizi serta bisa digunakan untuk mengobati beberapa macam penyakit. Jambu biji mengandung vitamin C hingga sebanyak 2x dari kandungan Vit C pada jeruk manis. Kandungan vitamin C ini paling banyak terdapat pada kulit dan daging buah terutama ketika buah akan matang. Dengan kandungan vitamin C ini, salah satu manfaat jambu biji adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Khasiat Jambu BijiKhasiat jambu biji yang beragam dapat kita peroleh dengan resep-resep yang tepat. Berdasarkan Dokumentasi PDIILIPI dan Parimin S.P., manfaat jambu biji dapat digunakan untuk mengobati penyakit dengan beberapa resep penyajian sebagai berikut:

Manfaat jambu biji ditunjang dengan adanya kandungan pektin yang merupakan serat larut air. Dengan adanya pektin, manfaat jambu biji juga dapat

1. Jambu Biji untuk memperkuat jantung, antikanker, dan memperlancar sistem pencernaan. Anda dapat membuat jus dari bahan jambu biji, apel, dan melon. Campur ketiga buah tersebut dan beri madu murni sekitar 100 cc. Kemudian blender hingga halus dan minum setiap pagi dan sore. 2. Jambu Biji untuk mengobati Maag. Sediakan sekitar 8 helai daun jambu biji. Cuci hingga bersih dan rebus menggunakan air sebanyak 1,5 liter. Minum air rebusan ini 3x sehari. 3. Jambu Biji untuk mengobati Disentri. Sediakan akar dan daun jambu biji secukupnya. Potong kecil-kecil, cuci hingga bersih, dan rebus hingga mendidih. Minum air rebusan ini secara rutin hingga tidak ada keluhan. Buah naga (hylocereus polyrhizus) adalah buah asli dari Amerika Tengah dan tumbuh di daerah dengan iklim tropis, subtropis, hingga daerah beriklim kering. Manfaat buah naga telah dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Buah dengan rasa agak hambar atau sedikit manis ini adalah sumber antioksidan yang baik yang dapat melindungi diri dari radikal bebas dan kanker. khasiat buah naga dapat menetralkan tubuh dari racun dan berbagai logam berat.Buah Naga

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga membuatmanfaat buah naga sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga membantu menyembuhkan luka/memar. Kandungan vitamin B2 dan B1 dalam buah naga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan memulihkan nafsu makan. Selain itu manfaat buah naga juga dapat mengurangi kadar kolesterol karena buah ini mengandung vitamin B3. Buah naga juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi hingga menyembuhkan penyakit batuk dan asma. Buah naga mengandung fosfor dan kalsium, sehingga manfaat buah naga juga dapat membuat tulang kuat serta membentuk jaringan dan gigi lebih sehat. Buah naga ini sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kadar gula dalam darah.

membantu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh serta mengurangi lemak. Buah naga merah memiliki kandungan zat karoten yang sangat baik bagi kesehatan mata. Khasiat buah naga merah selanjutnya adalah dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung, kanker, hingga membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan lycopene. Selain itu buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, kalsium, fosfor, dan protein yang baik untuk membantu pembentukan jaringan. Untuk mendapatkan manfaat buah naga merah ini, Anda dapat membuat jus buah naga merah dan mengonsumsinya secara rutin. Setiap cangkir jus buah naga merah memiliki kandungan sekitar 100kkal. Namun, apabila Anda tidak sempat mengolahnya menjadi jus,

Manfaat buah naga merahManfaat buah naga merah dikenal efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah. Buah naga merah ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat

Anda dapat mengonsumsinya secara langsung untuk mendapatkan khasiatnya.

rasa yang unik, manfaat buah sirsak juga sangat banyak. Sehingga banyak orang mengolahnya menjadi berbagai bentuk hidangan, seperti membuat selai sirsak untuk campuran sarapan roti atau mengolahnya menjadi sirup sirsak untuk minuman. Kandungan zat dalam buah sirsak sangat kompleks dan memiliki banyak manfaat. Untuk itu, dalam artikel kali iniBuah sirsak

akan kita kaji lebih mendalam mengenai berbagai manfaat / khasiat buah sirsak.

Manfaat buah sirsak mungkin belum benar benar diketahu oleh sebagian besar dari kita, meskipun di Indonesia buah sirsak merupakan salah satu buah yang tidak asing lagi. Sirsak (Annona Muricata) memiliki istilah yang berbeda di setiap daerah di Indonesia. Ada yang menyebut sirsak sebagai Nangka Londo, Srikaya Jawa, Nangka Buris, dll. Jika di luar negeri, buah yang kaya dengan kandungan obatnya ini dikenal dengan nama

Manfaat buah sirsak untuk kesehatanManfaat sirsak sangat baik untuk pencegahan maupun pengobatan berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah beberapa kandungan beserta manfaat buah sirsak untuk kesehatan:

Buah Sirsak mengandung Vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah sirsak cukup tinggi, setiap 100 gram daging buah sirsak mengandung sekitar 20mg vitamin C. Sehingga buah sirsak berkhasiat dapat menjadi antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Buah Sirsak memiliki rasa yang manis keasaman. Perpaduan dari kedua rasa ini menjadi sensasi tersendiri bagi penggemar buah sirsak. Selain memiliki sensasi

Buah Sirsak mengandung Kalsium dan Fosfor. Kedua mineral ini memiliki manfaat untuk membentuk tulang yang kuat. Dengan demikian, buah sirsak dapat menghambat resiko penyakit osteoporosis.

Buah Sirsak mengandung Kalium yang tinggi. Kalium bermanfaat untuk mencegah penyakit hipertensi. Buah Sirsak kaya akan Serat. Kandungan sertat buah sirsak mencapai 3,3 gram tiap 100 gram daging buah sirsak. Dengan kandungan serat sebanyak ini, manfaat buah sirsak juga dapat memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang manfaat buah semangka. Semangka adalah buah yang berasal dari Afrika, teparnya dari gurun Kalahari. Lalu apa saja manfaat buah semangka itu?

Setelah kita mengetahui beberapa manfaat buah sirsak diatas, maka sudah selayaknya buah sirsak menjadi pilihan sajian hidangan kita. Untuk mendapatkan berbagai kandungan buah sirsak diatas, sari buah sirsak / jus sirsak dapat menjadi pilihan Anda.

Khasiat dan Manfaat Buah Semangka untuk KesehatanSalah satu dari manfaat buah semangka adalah dapat membantu bagi Anda yang sedang menjalani diet. Semangka merupakan buah yang bebas dari lemak. Kadar gula yang terkandung dalam semangka juga terbatas, namun memiliki kadar air yang melimpah.

Buah semangka memiliki zat kalium dan kadar air dalam jumlah tinggi. Kandungan air dan kalium tersebut dapat membantu menetralkan tekanan darah. Selain itu, manfaat buah semangka juga dapat memperkuat kinerja jantung dan memperkuat sistem pertahanan tubuh karena semangka juga mengandung antioksidan dan vitamin C. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa semangka mampu melawan penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan semangka memiliki kandungan likopen yang merupakan zat karotenoid. Zat likopen ini sangat kuat untuk melawan penyakit kanker. Penyakit kanker yang menyerang manusia dapat terjadi akibat radikal bebas, polusi, pikiran negatif, pola makan yang buruk, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Zat likopen dari semangka dapat mengatasi seranganserangan tersebut. Selain untuk anti kanker, zat likopen dalam semangka juga dapat membuat wajah telihat segar, bercahaya, dan tampak awet muda.

Agar lebih jelas dalam memahami manfaat buah semangka, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari buah semangka :

Buah semangka dapat memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh karena kandungan vitamin C dalam buah semangka sangat tinggi.

Buah semangka dapat membantu menjaga kesehatan mata karena memiliki kandungan provitamin A.

Buah semangka baik untuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena buah ini dapat mengurangi dan membantu mengeluarkan kadar kolesterol dari tubuh manusia.

Buah semangka sangat baik untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung. Jadi bagi Anda yang menderitaserangan jantung, cobalah mengonsumsi buah semangka secara rutin setiap hari.

Khasian Buah Semangka yang lain

maka secara alami kita akan merasakan rasa kenyang dan akan segera menghentikan asupan makanan.

Manfaat buah apel: makanan yang kaya serat dan berkadar air tinggi.Pilihlah makanan dengan kadar serat seperti buah, sayur, sereal, gandum. Apel bersama dengan pir, jeruk adalah termasuk buah berkadar serat tinggi. Buah Manfaat buah apel Anda pasti mengenal yang namanya buah apel, tapi tahukah Anda bahwa dalam buah apel terkandung banyak manfaat buat untuk kesehatan , Apel bagus sekali digunakan sebagai buah favorit untuk diet menurunkan berat badan. Apel Apel ketika dikonsumsi bersama kulitnya akan membuat kadar glukosa dalam darah lambat naik. Apel berkulit mempunyai glicemic index yang rendah. Kecepatan naiknya kadar gula darah dapat dikurangi dengan makanan berkadar glicemic index yang rendah. Selain Apel berkulit tersebut, sayur sayuran rata rata juga mempunyai kadar glicemic index yang rendah yang mempunyai kadar lemak yang rendah tetapi serat yang ada dalam buah apel sangat tinggi, serat ini akan membantu Anda merasa cepat kenyang. Terdapat banyak manfaat buah apel untuk kesehatan. Ketika kita lapar sebenarnya yang terjadi adalah munculnya rangsangan dari lambung. Otak diperintahkah untuk segera mencari makanan dan mengisi perut oleh lambung yang kosong tadi. Jika lambung telah terisi dengan kadar air yang tinggi juda bisa membuak lambung meregang. Buah melon dan semangka dengan kandungan air nya yang tinggi meskipun berserat rendah bisa mudah membuat lambung terisi dan mengenyangkan.

ditandai dengan banyaknya serat pada daun dan batangnya.

Sebagai agen antikanker

Manfaat apel yang lainApel mengandung antioksidan yang tinggi, Anti oksidan ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesteroljahat, rendahnya kolesterol jahat ini akan melindungin Anda dari penyakit jantung. Selain itu, masih banyak manfaat apel yang dibuat jus, antara lain sebagai berikut.

Meredakan diare Melancarkan pencernaan dan mengurangi berat badan Sari buah apel dapat menangkis serangan infeksi virus Membantu mengobati asma Mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi Memperkuat ginjal Menurunkan tekanan darah Melawan radang sendi Menstabilkan gula darah

Manfaat pisang bagi kesehatan kita sangatlah banyak, namun tidak sedikit diantara kita yang belum mengetahui apa saja manfaat pisanguntuk kesehatan. Sebelum menguraikan manfaat pisang lebih detail , penulis akan informasikan kandungan gizi dari buah pisang.

Kandungan gizi buah pisangManfaat pisang tidak terlepas dari kandungan gizi pisang yang meliputi:

lemak 0,2 gram

protein 1,2 gram kerbohidrat 25,8 gram serat 0,7 gram besi 0,5 gram fosfor 28 gram kalsium 8mg vitamin C 3 mg vitamin B 0,08 mg vitamin A 44 RE

Manfaat pisang untuk ibu hamilAsam folat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangannya di dalam rahim. Pisang mengandung asam folat sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk ibu hamil. Karena pisang juga mengandung kalori yang cukup tinggi jadi berhati hatilah jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsi pisang agar manfaat pisang yang didapatkan oleh ibu hamil akan maksimal. satu butir pisang bisa mempunyai kalori 80-100 kalori.

Sebagai buah kandungan gizi pisang sangat bagus. selain kandungan gizi diatas pisang tentu juga mengandung zat zat lain yang bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat buah pisang bagi penderita HipertensiPenderita hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan rendah garam. Kandungan garam yang rendah dan adanya kandungan kalium yang tinggi pada pisang menjadikan pisang buah yang cocok dikonsumsi untuk penderita darah tinggi/ hipertensi. Kandungan rata rata kalium untuk satu butir pisang adalah 500mg. Jumlah ini mampu menurunkan tekanan

Manfaat Pisang bagi KesehatanJika Anda rajin mengkonsumsi pisang, menjadikan pisang sebagai cemilan sehari hari maka Anda akan mendapatkan manfaat buah pisang yang sangat banyak:

darah dan juga bisa menjaga keseimbangan cairan didalam tubuh Hasil penelitian dari Journal of the American College of Cardiology menyimpulkan bahwa asupan kalium harian sebesar 1600mg (setengah dari jumlah yang dianjurkan untuk konsumsi harian yang berjumlah 3500mg) bisa menurunkan risiko stroke lebih dari seperlima. Ilmuwan dari universitas Warwick dan naples mengatakan bahwa saat ini jumlah asupan kalium harian di banyak negara masih dibawah jumlah yang disarankan. Terlalu sedikit asupan kalium akan mengakibatkan gejala gejala mual,denyut jantung tidak teratur, diare serta cepat marah. Jika Anda penderita hipertensi cobalah menjadikan pisang sebagai salah satu buah buahan pilihan .Seperti telah diuraikan pada beberapa paragraph diatas tentang manfaat pisang bagi penderita hipertensi.

Pisang bermanfaat bagi penderita penyakit perut dan saluran pencernaanAsam lambung yang tinggi dapat dinetralkan jika Anda mengkonsumsi pisang yang dicampur dengan susu cair. Hidangkan segelas susu cair yang dicampur pisang untuk menetralkan asam lambung. Cholik pun dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi pisang yang dicampur susu cair ini, sehingga susu cair dicampur pisang sangat cocok bagi anak anak kecil/ bayi yang sering menderita cholik.

Manfaat pisang bagi luka bakarManfaat pisang tidak hanya dari buahnya saja, namun manfaat daun pisang bisa untuk mengobati luka bakar. Abu daun pisang yang dicampur dengan minyak kelapa mempunyai efek mendinginkan kulit serta meringankan luka bakar jika dioleskan pada daerah yang terbakar tersebut.

Manfaat buah pisang bagi penderita AnemiaManfaat pisang bagi penderita anemia adalah pisang bisa merangsang produksi hemoglobin sehingga hal ini akan mengatasi anemia.

Manfaat pisang untuk kecantikan Manfaat buah pisang untuk menghilangkan jerawatBubur buah pisang dicampur madu dengan sedikit susu dapat dipakai untuk menghilangkan jerawat. Cara pemakaian Ramuan bubur tersebut adalah dioleskan pada wajah selama 30-40 menit. Setelah selesai bilaslah dengan air hangat kemudian bilaslah dengan air dingin, lakukan cara ini secara konsisten selama 2 minggu dan lihatlah hasil dari manfaat pisang bagi kesehatan kulit ini.

Pisang dapat meningkatkan konsentrasikandungan kalsium yang juga tinggi di dalam pisang membantu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi serta lebih waspada. Manfaat pisang ini menjadikan pisang akan meningkatkan kemampuan belajar siswa sekolah. pingin mencobanya?, Anda dapat tawarkan pisang pada anak Anda yang masih bersekolah .

Manfaat pisang bagi penderita depresiSetelah memakan pisang , para penderita depresi merasa lebih baik. Setelah diteliti hal ini karena pisang mengandung protein tryptophan,protein ini kemudian akan diubah menjadi serotonin yang akan memperbaiki mood, menjadi lebih rileks dan membuah bahagia.

Manfaat Madu sangat dirasakan bagi Anda yang sibuk dengan rutinitas padat dan memerlukan energi ekstra. Madu sebagai nutrisi tambahan telah lama diakui menambah energi karena madu mengandung fruktosa dan glukosa. Penulis sendiri begitu merasakan bagaimana efektifnya madu untuk menambah energi , sangat terasa beda ketika penulis mengkonsumsi madu dan tidak mengonsumsi madu tiap hari . Manfaat madu telah lama diketahui sehingga para olahragawan pun menggunakannya. Jaman dahulu atlet olahraga yunani kuno menggunakan madu untuk menambah stamina dan daya tahan ketika mengikuti kompetesi. Hasilnya mereka mengikuti kompetisi dengan lebih bertenaga dan hasil lebih bagus.

Aneka rupa manfaat madu untuk kesehatanSistem kekebalan tubuh juga akan meningkat jika kita rajin mengkonsumsi madu ini. Madu yang kita konsumsi memiliki efek anti bakteri eksternal serta internal sehingga efeknya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu manfaat madu juga dapat membantu tubuh kita ketika sedang menyembuhkan penyakit. Manfaat madu yang lain adalah madu akan meningkatkan funsi otak . Cobalah mengkonsumsi madu rutin sesendok sebelum tidur. Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat madu untuk

Glukosa dan fruktosa di dalam madu merupakan sumber energi. glukosa dan fruktosa dirubah menjadi glikogen yang disimpan di dalam organ hati dan akan dipakai oleh tubuh ketika tubuh membutuhkan energi ekstra. Jadi manfaat madu untuk menambah energi adalah berkat kandungan glukosa dan fruktosa nya.

kesehatan akan terasa ketika anda terserang influensa. Madu dapan menjadi Antivirus yang alami. Keampuhan obat flu yang dijual bebas di pasaran pun terkalahkan dengan mengkonsumsi madu. Jika Anda sering mengalamai masalah pencernaan, Manfaat madu sangat banyak bagi Anda. Madu

membantu kelancaran pencernaan, Anda disarankan mengonsumsi 2 sendok teh madu sehari 3 kali untuk menyehatkan organ pencernaan Anda.

Manfaat tomat Siapa sih yang tidak mengenal tomat (Lycopersicon Esculentum) ?, Jenis sayur yang selalu tersedia di dapur. Tomat ini bermanfaat untuk memberikan cita rasa asam pada masakan. Tapi tahukan Anda dibalik memberikan cita rasa asam ini, Manfaat buah tomat bagi kesehatan masih sangat banyak. Jajanan dan minuman cepat saji saat ini banyak ditemui di sekitar kita. Makanan kemasan tidak sedikit yang kita konsumsi.Namuk kita mulai untuk mempertanyakan kebiasaan makan kita tersebut. Kecenderungan orang orang untuk mulai mengenal hidup sehat patut kita hargai. Tomat yang olah dalam bentun minuman jus, saos tomat yang dibikin dari dapur Anda dapat menjadi salah satu alternatif untuk memulai hidup sehat, mengingat manfaat tomat yang banyak.

Madu Bermanfaat untuk Mengurangi JerawatJerawat juga dapat dikurangi dengan mengoleskan 3 sendok makan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis, oleskan pada wajah sebelum tidur. pada pagi harinya bilaslah dengan air hangat. Cobalah lakukan rutin selama 2 minggu berturut turut, maka manfaat madu akan terasa dengan berkurangnya jerawat Anda.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat tomat ,akan lebih baik jika kita mengetahui kandungan gizi yang terkandung di dalam tomat. Dalam 100 gram tomat terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

fosfor 27 gm

kalium 360 mg besi 6 mg kalsium 11 mg vitamin C 23 mg Thiamine 56 mg Protein 1 gram vitamin A 1000 UI vitamin K

bagian yang lebih kecil , lau perlahan lahan oleskan pada wajah, gunakan secara rutin selama sebulan. Asam sitrat yang ada di dalam tomat dapat membuat kulit wajah lebih bersih dari kotoran dan juga lemak.

Tomat bermanfaat menurunkan resiko kanker prostatResiko kanker prostat akan menurun 21 43% hanya dengan mengkonsumsi tomat secara rutin 2 kali dalam seminggu.

Manfaat tomat bagi kesehatanBerikut ini manfaat tomat bagi kesehatan:

Manfaat buah tomat bagi kesehatan kulitTomat yang dikonsumsi rutin tiap hari mampu merawat kulit dari dalam tubuh. Tomat akan membantu mengatasi kerutan kerutan halus di wajah karena usia yang bertambah Tomat juga dapat dipakai sebagai obat jerawat. Cara mengambil manfaat tomat untuk mengurangi jerawat adalah: masaklah tomat kemudian potonga menjadi

Manfaat tomat bagi kesehatan mataTomat mengandung beta carotene yang tinggi. Beta caroten ini bermanfaat bagi kesehatan mata.

Manfaat tomat bagi pencernaan dan nafsu makanTomat termasuk kaya akan garam mineral. Garam garam mineral ini mampu merangsang keluarnya air liur. Air liur mengandung enzim enzim yang diperlukan bagi

pencernaan. Mineral mineral dari tomat dapat meningkatkan nafsu makan sedangkan enzim enzim yang keluar dapat memperlancar pencernaan.

Manfaat buah tomat sebagai anti oksidan dan anti radangTomat mengandung tomatine yang bermanfaat sebagai anti radang , sedangkan kandungan karoten dan vitamin C dalam tomat bermanfaat sebagai anti oksidan yang akan melawan radikal bebas. sebagai catatan bahwa tomat yang dimaksut disini adalah tomat yang kadang disebut masyarakat sebagai buah tomat ataupun tomat sayur.