makalah qurban

Click here to load reader

Post on 20-Jul-2015

135 views

Category:

Education

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

BAB IPENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kami membuat makalah ini dengan tujuan untuk mengingatkan bahwa kita sebagai siswa juga bisa mengikuti kurban di sekolah, tidak harus selalu di lingkungan rumah saja. Kita semua mengetahui bahwa kurban dilaksanakan pada hari raya Idul Adha.Kegiatan kurban dilaksanakan oleh orang Islam. Kurban dilaksanakan setelah menunaikan ibadah shalat Idul Adha. Kita juga boleh ikut menyumbangkan hewan untuk dijadikan kurban.Demikian yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan dibuatnya makalah agama yang membahas tentang Kurban ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Kami selaku pembuat mengharapkan semua bisa memanfaatkan makalah ini. Sekian dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca makalah ini.

BAB IIPEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN KURBANKurban dalam bahasa Arab disebutudhiyah, yang berarti menyembelih hewan pada pagi hari. Sedangkan menurut istilah, kurban adalah beribadah kepada Allah dengan cara menyembelih hewan tertentu pada hari raya Idul Adha dan hari tasyrik (tanggal 11,12 dan 13 Zulhijah)Perintah menyembelih KurbanFirman Allah SWT:Artinya:Sesungguhnya kami memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu da berkubanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.(QS. Al-Kautsar ayat 1-3)

2.2 SEJARAH KURBANAsal usul kurban yang disunnahkan dalam Islam itu berawal dari peristiwa kurban Nabi Ibrahim AS. Diawali dari mimpi Nabi Ibrahim yang mendapat perintah Allah untuk menyembelih anaknya, Ismail. Nabi Ibrahim berkeyakinan mimpinya itu merupakan mimpi yang benar, maka ia menanyakannya kepada Ismail AS:Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu! Ia menjawab: Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. (QS. Ash-Shaffat [37]: 102 ).Mendengar jawaban yang penuh keteguhan dari hati putranya tersebut lalu Nabi Ibrahim dengan menyebut nama Allah Nabi Ibrahim menguatkan hatinya untuk menyembelih putranya. Dan ia lakukan ini semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah SWT.Saat terjadi kemantapan hati inilah setan datqng menggoda Nabi Ibrahim untuk tidak jadi menyebelih putranya. Namun karena sudah kuatnya tekad hati Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya maka apaun bujuk rayu setan keapdanya tidak melemahkan keteguhan beliau. Maka dengan mengucap Bismillahi Allahuakbar beliau melemparkan sebuah batu untuk mengusir setan tersebut yang menggodanya.Akal licik rayu setan untuk menggagalkan rencana Nabi Ibrahim tidak berhenti sampai disini saja. Gagal menggoda Nabi Ibrahim, setan lalu menggoda istri Nabi Ibrahim. Namun kejadiannyapun sama. Istri Nabi Ibrahim tak sedikitpun tergoda oleh rayuan setan. Maka dengan mengucap Bismillahi Allahuakbar beliarupun melemparkan sebuah batu. Kejadian melemparkan batu yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Istri inilah yang sekarang disebut sebagai lontar jumrah.Karena setan ini telah minggir semua sebab dilempari dan mereka tidak menggoda lagi. Maka Nabi Ibrahim dengan mudah melaksanakan niatnya.Kemudian Nabi Ibrahim AS membawa Ismail ke suatu tempat sunyi di Mina. Dengan berserah diri kepada Allah SWT, Ismail dibaringkan dan segera Ibrahim AS mengarahkan pisaunya ke leher sang anak. Setelah terbukti kesabaran dan ketaatan Nabi Ibrahim dan Ismail AS maka Allah melarang menyembelih Ismail dan untuk meneruskan kurban, Allah menggantinya dengan seekor sembelihan ( domba yang besar ).

2.3 AYAT AL-QURAN DAN HADIST TENTANG KURBANSesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus. ( QS. Al-Kautsar [ 108 ]:13 ).Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri ( dan telah terikat ). Kemudian apabila telah roboh ( mati ), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya ( yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur. ( QS. Al-Hajj [22] : 36 ).Sementara itu Rasulullah SAW menegaskan : Barangsiapa yang berada dalam kelapangan ( mampu berkurban ), lalu tidak menyembelih kurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalatku. ( HR Ahmad dan Ibnu Majah ).

2.4 KEUTAMAAN KURBANBerqurban merupakan amal yang paling dicintai Allah SWT padasaatIdulAdh-ha.SabdaNabiSAW :"Tidak ada suatu amal anak Adam pada hari raya Qurban yang lebih dicintai Allah selain menyembelih qurban."(HR. At Tirmidzi) (Abdurrahman, 1990) Berdasarkan hadits itu Imam Ahmad bin Hambal, Abuz Zanad, dan Ibnu Taimiyah berpendapat,"Menyembelih hewan pada hari raya Qurban, aqiqah (setelah mendapat anak), dan hadyu (ketika haji), lebih utama daripada shadaqah yang nilainya sama."(Al Jabari, 1994). Tetesan darah hewan qurban akan memintakan ampun bagi setiap dosa orang yang berqurban. Sabda Nabi SAW :"Hai Fathimah, bangunlah dan saksikanlah qurbanmu. Karena setiap tetes darahnya akan memohon ampunan dari setiap dosa yang telah kaulakukan.. ."(lihat Sayyid Sabiq,Fikih SunnahXIII/165)

2.5 HUKUM BERKURBAN ADA 3, YAITU : Wajib bagi yang mampuKurban wajib bagi yang mampu, dijelaskan oleh firman Allah QS. Al-Kautsar ayat 1-3:Artinya:Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikan lah shalat karena Tuhanmu dan berkubanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.(QS. Al-Kautsar 1-3) SunnahBerdasarkan hadist Nabi Muhammad SAW menjelaskan:Artinya: Nabi SAW bersabda:Saya diperintah untuk menyembelih kurban dan kurban itu sunnah bagi kamu. Sunnah MuakkadBerdasarkan hadist riwayat Daruqutni menjelaskan:Artinya:Diwajibkan melaksanakan kurban bagiku dan tidak wajib atas kamu.(HR. Daruqutni)

2.6 JENIS DAN SYARAT HEWAN BERKURBANJenis-jenis binatang yang dapat untuk kurban, syaratnya adalah:1. Domba : syaratnya telah berumur 1 tahun lebih atau sudah berganti gigi.2. Kambing : syaratnya telah berumur 2 tahun atau lebih.3. Sapi atau Kerbau : syaratnya yelah berumur 2 tahun atau lebih.4. Unta : syaratnya telah berumur 5 tahun atau lebih.Sebaiknya berkurban dengan binatang yang mulus dan gemuk serta tidak cacat, seperti:1. Jelas-jelas sakit2. Sangat kurus3. Sebelah matanya tidak berfungsi atau keduanya4. Pincang5. Putus telinga6. Putus ekor7. Dst

2.7 SYARAT-SYARAT HEWAN KURBAN1. Hewan yang dijadikan untuk kurban hendaklah hewan jantan yang sehat, bagus, bersih, tidak ada cacat seperti buta, pincang, sangat kurus, tidak terpotong telinganya sebelah atau ekornya terpotong dan sebagainya.2. Hewan yang dikurban

2.8 SYARAT DAN WAKTU PELAKSANAAN KURBAN1. Orang yang berkurban beragama Islam2. Dilaksanakan pada bulan Zulhijah3. Waktu penyembelihan kurban pada tanggal 10 Zulhijah setelah shalat hari raya Idul Adha, dilanjutkan pada hari tasyriq, yaitu tanggal 11, 12 dan tanggal 13 Zulhijah sampai terbenam matahari.

2.9 CARA PENYEMBELIHAN DAN DOA BERKURBAN1. Cara menyembelih sama dengan penyembelihan yang disyaratkan Islam, yakni penyembelih harus orang Islam (khusus kurban, sunnah penyembelih adalah yang berkurban sendiri, jika diwakilkan disunatkan hadiri pada waktu penyembelihannya)2. Alat untuk menyembelih harus benda tajam. Tidak boleh menggunakan gigi, kuku dan tulang.3. Memotong 2 urat yang ada di kiri-kanan leher agar lekas matinya, tetapi jangan sampai putus lehernya (makruh).4. Binatang yang disembelih hendaklah digulingkan ke sebelah kiri tulang rusuknya agar mudah saat penyembelihan.5. Hewan yang disembelih disunnahkan dihadapkan ke arah Kiblat.6. Orang yang menyembelih disunatkan membaca:a.Basmalah:Artinya:Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. b. Shalawat:Artinya:Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Muhammad dan kepada keluarga junjungan kami Muhammad.c.TakbirArtinya: Allah Maha Besar.d. Do`a:Artinya:Ya Allah, kurban ini adalah nikmat dari Engkau dan aku berdekat diri kepada Engkau. Oleh karena itu, terimalah kurbanku! Wahai Zat Yang Maha Pemurah. Engkau Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

2.10 HIKMAH DARI KURBAN1. Menambah cintanya kepada Allah SWT2. Akan menambah keimanannya kepada Allah SWT3. Dengan berkurban, berarti seseorang telah bersyukur kepada Allah SWT atas segala rahmat dan karunia yang telah dilimpahkan pada dirinya.4. Dengan berkurban, berarti seseorang telah berbakti kepada orang lain, dimana tolong menolong, kasih mengasihi dan rasa solidaritas dan toleransi memang dianjurkan oleh agama Islam.

2.11 PENDAPATAN DAN PEMBAGIAN DAGING KURBAN DI SMK NEGERI 1 TASIKMALAYA Pendapatan seluruh daging = 134,5 kg Mustahik =1. Masyarakat Rt/Rw=07/08 289x0,30=86,7 kg2. Panitia Siswa =39x0,50= 19,5 Kg3. Siswa Kelas 1 yang diambil 1x0,50=0,50 Kg4. LSM 5 Orang =13 Kg5. Siswa Ekskul =26x0,30= 7,8 Kg6. Panitia =14x0,50= 7 Kg

2.12 PEMBAGIAN HEWAN KURBAN YANG SEHARUSNYAOrang yang melakukan ibadah kurban boleh mengkonsumsi daging hewan kurbannya, sebagaiannya boleh diberikan kepada orang-orang fakir untuk mencukupi kebutuhan mereka pada hari itu, diberikan kepada kerabat untuk menyambung silaturrahim, diberikan kepada tetangga sebagai bantuan dan boleh juga diberikan kepada teman-teman untuk mengokohkan ikatan persaudaraan.Menyegerakan pembagianhewan kurbanpada hari raya lebih baik daripada hari kedua dan seterusnya, sebagai penghibur bagi mereka pada hari itu. Berdasarkan keumuman firman Allah Taala, Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dana kepada Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (Qs. Ali Imran:133)Juga firman-Nya yang lain Allah Taala berfirman, Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. (Qs. Al-Baqarah:148). Sedangkan untuk daging kurban juga bol

View more