manajemen penanganan penyakit-penyakit pada lansia

Download Manajemen Penanganan Penyakit-penyakit Pada Lansia

Post on 18-Dec-2015

59 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

management penanganan penyakit pada lansia

TRANSCRIPT

  • MANAJEMEN PENANGANAN PENYAKIT-PENYAKIT PADA LANSIAdr. Armon Rahimi, SpPD KPTI

  • PELAYANAN KESEHATAN PADA LANSIAKonsep Kesehatan pada Usia LanjutPada usia lanjut terdapat 3 hal yang perlu diingat dalam konsep kesehatannya yaitu :Status/ Kapasitas Fungsional. Keadaan usia lanjut sebagai akibat interaksi antara fungsi, psikolgis dan sosial ekonomi. Interaksi dari ketiga komponen tersebut menunjukkan keadaan fungsional organ/ tubuh secara keseluruhan sebagai gambaran kesehatan pada usia lanjut. Status fungsional ini yang pada manifestasinya berupa kemampuan melakukan aktivitas hidup sehari-hari baik dasar maupun intrumental seringkali bahkan lebih penting dibanding penegakkan diagnosis penyakit pada seseorang dan dinilai dengan cara scoring.

  • Sindrom Geriatrisindrom geriatri adalah kumpulan gejala yang sering dikeluhkan oleh para usia lanjut atau keluarganya bergantung pada peneliti dan tempat penelitian maka terdapat berbagai pembagian atas sindrom geriatri ini yaitu :Cape et al the O complexFallIncotinenceImpaired HomeostatisConfusion Iatrogenic disorders

  • Coni, weber and davisonSolomon et al, California UCLABrocklehurst, Allen et al

  • Prinsip Holistikpada pelayanan kesehatan usia lanjut unik karena menyangkut berbagai aspek yaitu :Seorang pasien usia lanjut harus dipandang sebagai manusia seutuhnyaSifat holistik mengandung artian baik secara vertikal atau horizontalPelayanan holistik juga berarti bahwa pelayanan harus mencakup aspek pencegahan, promotif, penyembuhan, dan pemulihan.

  • Prinsip tatakerja dan tatalaksana dalam TIMyang harus dilaksanakan di manapun pelayanan geriatri dilakukan. Tim geriatri merupakan bentuk kerjasama multidisiplin yang bekerja secara interdisiplin dalam mencapai tujuan pelayanan geriatriyang dilaksanakan. Yang dimaksud dengan kata multi disiplin adalah berbagai disiplin ilmu kesehatan yang secara bersama-sama melakukan penanganan pada usia lanjut.

  • PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN USIA LANJUTPelayanan kesehatan usia lanjut di masyarakatPada pelayanan kesehatan ini semua upaya kesehatan yang berhubungan dan dilaksanakan oleh masyarakat harus diupayakan berperan serta pula dalam menangani kesehatan para usia lanjut.Pelayanan kesehatan usia lanjut di masyarakat berbasis rumah sakit.pada pelayanan tingkat ini rumah sakit setempat yang telah melakukan layanan geriatri bertugas membina usia lanjut yang berada di wilayahnya.

  • Layanan kesehatan usia lanjut berbasis rumah sakit.pada pelayanan ini tergantung dari jenis layanan yang ada menyediakan berbagai layanan yang ada, menyediakan berbagai layanan bagi para lanjut usia.

  • TATAKERJA PELAYANAN GERIATRIIGDPoli SpesialisKonsultanPoli GeriatriSpes. Peny. Dalam (+)Day - HospitalR. Ger AkutR. Ger KronisR. Rawat LainDr. Praktek SwastaDr. KeluargaPopulasi Golongan Lanjut UsiaPukesmas

  • PELAYANAN SOSIAL MASYARAKATTerdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelayanan kesejahteraan sosial bagi populasi usia lanjut :Populasi Usia lanjut merupakan Populasi yang heterogentidak semua individu dalam populasi usia lanjut memerlukan pelayanan sosial dalam bentuk yang samaJenis pelayanan yang dibutuhkan sangat bervariasi

  • Heterogenitas populasi usia lanjutPopulasi usia lanjut yang sehatgolongan populasi usia secara fungisional masih tidak tergantung pada orang lain.Populasi usia lanjut dengan penyakit akut maupun kronisPopulasi usia lanjut dengan penyakit terminalKlub usia lanjut suatu perkumpulan atau paguyuban para usia lanjut yang sebaiknya berasal dari satu lingkungan hunian.Hunian Khusus usia lanjut

  • UPAYA PEMERINTAHDalam berbagai upaya peningkatan kesehatan/ kesejahteraan/ sosial bagi para usia lanjut, pemerintah tidak bisa dan tidak mungkin akan mampu bertindak dan bekerja.Peran pemerintah yang penting di samping upaya percontohan adalah pembuatan peraturan/ kebijakan yang diperlukan guna membantu memberikan jaminan atau pendapatan bagi para usia lanjut yang memerlukannya.

  • MASA DEPAN PELAYANAN USIA LANJUT DI INDONESIADengan makin meningktanya jumlah populasi usia lanjut di indonesia, jelaslah pelayanan pada usia lanjut akan makin dibutuhkan. Akan tetapi beberapa masalah perlu digaris bawahi sebelum keberhasilan dalam pelayanan tersebut dapat dicapai. Masalah yang timbul adalah :Kesiapan sumber daya, baik fasilitas fisik maupun ketenagaanPelayanan geriatri hanyalah merupakan sebagian dari pelayanan kesehatan yang menyeluruh yang seperti diketahui berupa pelayanan kesejahteraan itu sendiri.

Recommended

View more >