metode identifikasi berita hoax

Download METODE IDENTIFIKASI BERITA HOAX

Post on 21-Apr-2017

50 views

Category:

Education

2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

This is your presentation title

METODE IDENTIFIKASI BERITA HOAXGani Amanda AbdulahUNIVERSITAS WIDYATAMATEKNIK INFORMATIKA

FAKTA DAN HoAX

APA ITU YANG DISEBUT DENGAN FAKTA?Fakta (bahasa Latin: factus) dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) fakta adaah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi.

Fakta merupakan segala sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia atau data keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan. Catatan atas pengumpulan fakta disebut data

LALU APA ITUHOAX?Dalam cambridge dictionary, kata hoax sendiri berarti tipuan atau lelucon dengan maksud untuk menipu seseorang.

Secara singkat informasi hoax adalah informasi yang tidak megandung suatu kebenaran. Hoax adalah berita palsu yang sengaja dibuat dan disebar luaskan untuk menimbulkan ketakutan atau kehebohan.

Dari mana hoax berasal??Menurut riset yang dilakukan Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) pada Februari 2017, penyebaran hoax paling banyak diterima melalui media sosial yang mencapai 92,4 persen. Media sosial yang dimaksud di sini termasuk Facebook, Twitter, Instagram, Path, Line, WhatsApp, dan Telegram.

Infografis Hasil Survey MASTEL tentang Wabah Hoax Nasional, hal 17

APA AKIBAT DARI BERITA HOAX?

Infografis Hasil Survey MASTEL tentang Wabah Hoax Nasional, hal 2

Wabah Hoax telah menjadi masalah nasional antara lain perpecahan, instabilitas politik dan gangguankeamanan yang berpotensi menghambatpembangunan nasional.

(Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL))

CONTOH BERITA HOAXBeredar pemberitaan yang meresahkan masyarakat tentang penculikan anak-anak untuk dijual organnya.(sumber: Manado Post, senin 20 maret 2017)

BERITA FAKTA TENTANG PENCULIKAN ANAKKepolisian sudah memastikan bahwa berita penculikan dan penjualan organ anak-anak yang viral di media sosial adalah tidak benar.

Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/896558-kapolri-kabar-penculik-anak-jual-organ-tubuh-hoax

CONTOH BERITA HOAXSebuah akun Facebook dengan nama Yanto memposting sebuah meme dengan status yang seakan mengomentari meme tersebut, narasinya adalah sebagai berikut:

KEBANGETAN BENER NIH AHOKER , UDAH BIKIN HOAK , NGEDIT PHOTO MAU BIKIN SENSASI TERNYATA GA PUNYA ILMU ??? .. KWKWKWKKKK . SEJAK KAPAN SHOLAT JENAZAH PAKE DUDUK ATAHAIAT??? .. KALO MAU NGIBUL JANGAN KAYA SI IDOY ??? . #DUNIASUDAHTERBALIK . !!!!!!!!

Sumber : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=718356244991899&id=100004525894009

BERITA FAKTA TENTANG AHOKER SHALAT JENAZAHFoto ini adalah editan, foto asli bersumber dari laman situs berita tempo.co tahun 2014 silam. Mengenai klaim dari pembuat status bahwa meme ini adalah hasil editan dari pendukung Ahok belum dapat dibuktikan karena meme tidak diketahui sumbernya.

Sumber : https://m.tempo.co/read/news/2014/04/01/269567036/rombongan-guru-dukung-jokowi-jadi-calon-presiden

IDENTTIFIKASIBERITA HOAX

1# KENALI CIRI HOAXHoax dibuat sdemikian rupa agar terlihat sangat meyakinkan dan masuk akal

Salah satu ciri hoax adalah berita/informasi yang diikuti bujukan untuk menyebarkannya dengan disertai ancaman seperti jika tidak menyebarkannya pada sekian orang maka akan mendapatkan nasib buruk atau semacamnya.

Menggunakan nama perusahaan, lembaga, tokoh, dan seterusnya yang populer sebagai pendukung agar informasi terkesan datang dari sumber terpercaya.

Tidak adanya kejelasan sumber merupakan kelemahan hoax, sementara informasi yang benar dan lengkap biasanya menyertakan tanggal dan tempat, atau lebih lengkap lagi memiliki 5 W (Who, What, When, Where, Why) sebagai informasi dasar.

2# CARI SUMBER YANG VALID

Saat ini beredar begitu banyak situs yang bisa dibilang belum tercatat secara resmi sebagai anggota institusi pers, dari 43.000 situs portal berita di Indonesia yang tercatat sebagai situs resmi baru sekitar 300 portal saja.

Namun bukan berarti situs-situs tersebut tidak dapat dipercaya, coba lah untuk mencari referensi dari banyak situs. Biasanya portal berita yang menyajikan pemberitaan dengan disampaikan secara obyektif dan tanpa memihak justru bisa dikategorikan asli, namun yang terpenting proses pengolahan informasi yang anda terima harus lah disingkapi dengan bijaksana

3# CEK KEASLIAN FOTOIstilah no pic = hoax tidak selalu benar

Hoax terkadang menyertakan gambar yang terlihat cukup meyakinkan, gambar hoax tersebut bisa jadi hasil manipulasi dengan menggunakan software tertentu, atau gambar yang diambil dari sumber lain yang tidak ada kaitannya.

Gunakan url : http://images.google.comPilih telusuri gambar, anda bisa menggunakan url atau menggunggah gambar.Hasilnya :

4# MELAKUKAN RISET

Setidaknya kita harus berulang kali melakukan riset dan verifikasi sebelum menyebarkan berita yang kita dapat.

Terkadang kita mendapat informasi yang sulit untuk dibedakan apakah informasi tersebut fakta atau hoax dan perlu dilakukannya riset untuk membuktikan suatu informasi merupakan hoax atau bukan.

(Sumber : indonesianhoax.blogspot.com)

5# CEK KEASLIAN BERITA DI FORUM DISKUSITurnBackHoax (www.turnbackhoax.id) Masyarakat Anti Fitnah IndonesiaSalah satu website yang memuat berita yang telah teridentifikasi sebagai hoax

(Sumber : www.turnbackhoax.id)

APLIKASI IDENTIFIKASI HOAX

TURNBACKHOAX (data.turnbackhoax.id)(Sumber : www.turnbackhoax.id)

TURNBACKHOAX (data.turnbackhoax.id)Komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia merilis layanan pelaporan berita palsu bernama Turn Back Hoax. Berbentuk ekstensi peramban Chrome, Turn Back Hoax mengandalkan mekanisme crowdsourcing.

Para penggunanya melaporkan konten-konten di internet yang diduga merupakan hoax, untuk kemudian disatukan dalam satu basis data.

Basis data yang bisa bebas dikunjungi dengan browser desktop atau mobile ini diharapkan bisa menjadi rujukan netizen di Indonesia dalam memilah mana informasi yang benar. Di dalamnya ada fitur search berbasis kata kunci untuk mempermudah pencarian rujukan.

Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2016/12/24/15190067/begini.cara.kerja.pelapor.berita.palsu.turn.back.hoax.?page=all

MASTEL (mastel.id)Mastel Android Application

(https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bikinapp.apps.appMastelIndonesia&hl=en)

TURNBACKHOAX (data.turnbackhoax.id)MASTEL baru saja menambahkan fitur "Laporkan HOAX" dan "Cek data Hoax" ke dalam aplikasi. Fitur ini secara khusus dibuat sebagai bentuk dukungan organisasi MASTEL atas Gerakan Turn Back Hoax yang diprakarsai oleh para Netizen di Indonesia. Dengan begitu, kini Anda dapat melaporkan berita hoax menggunakan aplikasi ini, dan turut menjadi bagian dari gerakan melawan penyebaran berita fitnah dan hoax yang tidak bertanggung jawab.

Nantinya, laporan tersebut akan langsung disampaikan Mastel kepada otoritas di Kementerian Kominfo RI dan Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif, sehingga bisa menjadi Basis pelaporan berita hoax dan ditindaklanjuti oleh pemerintah selaku regulator (http://selular.id/news/2016/12/saatnya-turn-back-hoax-dengan-aplikasi-ini/)

USULAN DARI PENULIS

USULAN METODE PENANGGULANGAN HOAXBekerja sama dengan pengguna, media massa dan publikasi lainnya untuk mengembangkan skema untuk verifikasi dan pelaporan jika terjadi indikasi berita tersebut adalah hoax.

Tahapan :Setiap kepemilikan website, blog harus dapat teridentifikasi siapa pemiliknya.Jika website, blog terindikasi membuat dan menyebarkan berita hoax, pengguna dapat melakukan pelaporan dengan mengisi berita acara dengan melampirkan data data penunjang.Laporan akan dikirm ke kementrian komunikasi dan infotmatika.Kemenkominfo menerima laporan, dan melakukan pengcekan kebenaran dan verifikasi atas indikasi membuat dan menyebarkan hoax.Jika benar terbukti, kemenkominfo meneruskan laporan kepada pihak penegak hukum dalam hal ini polisi.Polisi menindak sesuai bukti laporan.Punishment kepada pemilik website atau blog.

USULAN METODE PENANGGULANGAN HOAX

TERIMA KAsih

View more >