presentasi reaksi kimia

Download Presentasi reaksi kimia

Post on 15-Apr-2017

848 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • * JENIS JENIS REAKSI KIMIA

  • PENGERTIAN REAKSI KIMIA.

    Reaksi kimia adalah peristiwa perubahankimia dimana zat-zat yang bereaksi (reaktan) berubah menjadi zat-zat hasil reaksi (produk).

    Pada reaksi kimia, selalu dihasilkan zat baru dengan komposisi dan sifat-sifat yang baru, sehingga sifat yang dimiliki reaktan berbeda dengan sifat yang dimiliki produk. Reaksi kimia dituliskan dengan persamaan reaksi kimia.Reaksi Reaksi Kimia

    *

  • Reaksi Reaksi Kimia

  • Dalam reaksi penggabungan dua atau lebih zat tergabung membentuk zat lain. Rumus umum reaksi penggabungan sebagai berikut :

    Contoh :Reaksi antara hidrogen dengan oksigen membentuk air.

    2 H2+ O2> 2 H2O*Reaksi Sintesis/Penggabungan.Reaksi Reaksi Kimia

  • Reaksi Dekomposisi/Penguraian.

    Reaksi penguraian merupakan reaksi kebalikan daripada reaksi penggabungan. Dalam reaksi ini satu zat terpecah atau terurai menjadi dua atau lebih zat yang lebih sederhana.Rumus umum reaksi penguraian sebagai berikut :

    Contoh :Reaksi penguraian air menghasilkan hidrogen dan oksigen.

    2 H2O > 2 H2+ O2*AB A + B

    Reaksi Reaksi Kimia

    *

  • Reaksi Perpindahan Tunggal.

    Reaksi ini adalah ketika salah satu unsur bertukar tempat dengan unsur lain dalam suatu senyawa. Reaksi-reaksi ini muncul dalam bentuk umum:

    A + BC > AC + BContoh :magnesium menggantikan hidrogen dalam air untuk membuat magnesium hidroksida dan gas hidrogen:Mg + 2 H2O > Mg (OH)2+ H2*Reaksi Reaksi Kimia

  • Reaksi Perpindahan Ganda.

    Yaitu ketika anion dan kation dari dua molekul yang berbeda beralih tempat, membentuk dua senyawa yang berbeda. Reaksi-reaksi ini muncul dalam bentuk umum:

    AB + CD > AD + CBContoh :AgNO3 + NaCl > AgCl + NaNO3*Reaksi Reaksi Kimia

  • Reaksi Korosi.

    Korosi adalah kerusakan atau degradasilogam akibat reaksiredoks antara suatulogam dengan berbagai zat dilingkungannya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki. Dalam bahasa sehari-hari, korosi disebut perkaratan.

    Contoh :

    Korosi yang paling lazim adalah perkaratan besi.ada peristiwa korosi, logam mengalami oksidasi, sedangkanoksigen udara mengalami reduksi. Karat logam umumnya adalah berupaoksida atau karbonat.*Reaksi Reaksi Kimia

  • Reaksi Pembakaran.

    Reaksi pembakaran adalah ketika oksigen bergabung dengan senyawa lain untuk membentuk air dan karbon dioksida. Reaksi-reaksi ini eksoterm, yang berarti mereka menghasilkan panas.

    Contoh :Reaksi pembakaran propanaC3H8+ 5 O2> 3 CO2+ 4 H2O*Reaksi Reaksi Kimia

  • Reaksi Asam-basa.

    Terjadi ketika asam dan basa bereaksi satu sama lain. ion H+dalam asam bereaksi dengan ion OHdalam basa, menyebabkan pembentukan air. Umumnya, produk dari reaksi ini adalah garam ionik dan air:

    HA + BOH > BA + H2O Contoh : Reaksi asam klorida dengan natrium hidroksida:HCl + NaOH > NaCl + H2O*Reaksi Reaksi Kimia

  • *TERIMA KASIH

    *

    *