stealth ufo

Post on 30-Oct-2015

54 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Cina tiru pesawat stealth AS

Diperkirakan Cina melakukan penelusuran balik (reverse engineer) F-117 AS

Teknologi di balik pesawat tempur J-20 Cina mungkin berasal dari sebuah pesawat AS yang ditembak jatuh semasa perang Kosovo, kata sumber-sumber militer Balkan.

Laksamana Davor Domazet-Loso, kepala staf militer Kroasia pada waktu itu, mengatakan para agen Cina mengambil bagian-bagian pesawat jet antiradar F-117 pada tahun 1999.

F-117 ditembak jatuh oleh rudal antipesawat milik Serbia ketika Nato melakukan serangan udara.

Jet Cina J-20 melakukan uji coba penerbangan perdana bulan ini.

Pada saat ini, Amerika Serikat merupakan satu-satunya negara yang memiliki pesawat stealth yang beroperasi penuh.

'Telusur balik'

Nightshawks adalah pesawat tempur stealth pertama di dunia. Pesawat ini nyaris tidak kelihatan di radar.

Ketika F-117 ditembak jatuh pada tahun 1999 sewaktu ikut dalam serangan udara Nato, inilah pertama kali jet itu terkena tembakan.

Para pejabat militer dan pakar mengatakan mereka yakin sebagian kepingan pesawat itu berada di tangan Cina sehingga mereka bisa mencontoh teknologi serupa.

"Pada waktu itu, laporan-laporan intelijen kami menyebutkan bahwa para agen Cina mondar-mandir di kawasan tempat jatuhnya F-117. Mereka membeli puing-puing pesawat dari para petani setempat," kata Laksamana Domazet-Loso kepada kantor berita AP.

Menhan AS Robert Gates berkunjung ke Cina belum lama ini

"Kami yakin Cina menggunakan bahan-bahan itu untuk mendapatkan rahasia teknologi stealth... dan untuk menelusuri teknologi itu," katanya.

Seorang perwira senior militer Serbia mengukuhkan bahwa sejumlah kepingan diambil oleh para pengumpul suvenir, dan bahwa sebagian "sampai ke tangan para atase militer asing".

Alexander Neill, kepala Program Keamanan Asia di Royal United Services Institute, mengatakan skenario ini sangat mungkin mengingat Serbia dan Cina memiliki hubungan yang begitu erat pada masa itu dan mereka saling berbagi intelijen.

Menjelang akhir tahun 2010, sebuah foto pesawat Stealth di fasilitas Penerbangan Chengdu mengguncang dunia, foto-foto itu menunjukkan sebuah pesawat Stealth yg sedang melakukan tes terbang. Ya Ini adalah pesawat Stealth china pertama. J-20 merupakan pesawat stealth fighter generasi keempat milik China. J-20 merupakan salah satu program pesawat stealth cina dengan kode J-XX yang dimulai sejak akhir 1990 an. prototipenya sudah dibuat sejak 2001 dan 2002. Dan foto berikut akan memperlihatkan kaadaan sebenarnya dari J-20.

MENGENAL PESAWAT STEALTH BIRD OF PREYAug 23, '08 9:03 AMfor everyone

Namanya juga negara adidaya, tak hanya urusan politik saja yang dibayangi oleh kerahasiaan, soal teknologi, utamanya yang berkaitan dengan militer juga setali tiga uang. Tak percaya? Lihat saja apa yang dilakukan AS di pelataran pabrikan pesawat kondang Boeing, St. Louis pada 18 Oktober lalu. Bukannya roll out sebuah pesawat jenis terbaru melainkan peluncuran pertama di depan publik sebuah pesawat demonstrator rahasianya.

Kalau dicermati kata-kata "peluncuran pertama di depan publik" plus "rahasia", berarti burung besi ini sebenarnya telah lama ada namun diharamkan untuk diketahui khalayak ramai. Dan memang benar, seperti yang disebutkan dalam siaran pers Boeing (18/10), ternyata hasil karya Boeing Phantom Works bernama Bird of Prey ini telah berwujud sejak 1996. Bila menengok lebih ke belakang lagi diceritakan bahwa Pemerintah AS mesti mengucurkan dana sebesar 67 juta dollar AS agar program tersebut bisa dijalankan Boeing mulai 1992 hingga 1999. Sejak awalnya berwujud, Bird of Prey telah melakukan 38 kali uji terbang. Dari penerbangan itu tak diceritakan kendala atau adanya musibah dalam pengujian.

Lantas sekarang apa tujuannya? Kembali merujuk pada keterangan Boeing, Bird of Prey sebenarnya adalah pionir bagi pesawat-pesawat berteknologi siluman (stealth) dan berancang-bangun revolusioner namun layak operasional. Dengan basis platform ini pulalah maka AU AS sekarang mampu mewujudkan kekuatan pesawat tempur siluman.

Secara teknis Bird of Prey mengadopsi konfigurasi kursi tunggal, struktur komposit monokok, peralatan pendukung lapangan yang ekonomis, dan berdimensi mirip pesawat asli. Untuk menghela pesawat sepanjang 47 kaki, rentang sayap 23 kaki, dan berat 7.400 pon, Boeing mengandalkan sebuah mesin turbofan JT15D-5C. Hasilnya, Bird of Prey sanggup melesat hingga kecepatan 260 knots dengan ketinggian maksimal 20.000 kaki.

Tak hanya berhenti begitu saja, saat ini Boeing mengakui menggunakan cetak biru Bird of Prey untuk program selanjutnya. Program dimaksud adalah pengembangan pesawat nir awak berkemampuan tempur (UCAV), X-45A. (avi)

Militer Cina Gelar Latihan Menembak Pesawat Berteknologi Stealth

Chinese media reported that the recent military exercises of the Chinese army's air defense was focused mainly on combat aircraft Stealth (invisible) using anti-aircraft missiles HQ-9. The army, however, the course gave no further details because it is a delicate matter. Is the hardest nut to krack detection, respectively. detection of stealth aircraft in the area. In Chinese medical press have long since discovered the theoretical considerations on the possibilities of so-called "anti-radar stealth" look, focus, automatically track stealth aircraft category and abet them anti-aircraft missiles. The world is well-known technology that would be capable, but the question is the practical implementation of radars and other sensors.

It is well known fact that planes like the F-22, F-35 and B-2, even though significant use of advanced stealth technology, yet only a (relatively small) part of the heat radiates into the surrounding environment. Not so strange sensors neprosto invisible, but rather optoelectronic (television and infrared) sensors difficult to detect. And then there's the possibility of detection by radar. Although very limited, but still real. Have the greatest chance of long radar wavelengths.

Even though they are on American airplanes full of stealth technology applied - the appropriate design solutions and materials, through shaping every detail to special paint finishes to absorb radio signals, as reflected by their aircraft (although very limited) results. Americans, for understandable reasons, do not provide any information about stealth characteristics of their aircraft. For other countries not eligible or no testing of stealth airplanes from sensors in real traffic. It is also possible that China has developed something it in the field of detection of stealth aircraft allows to go one step further. The public appeared to validate possible solutions. It's no secret that China has since 2004 sought the six passive Czech VERA-E.

The last exercise is alleged to verify the VHF radar CETCY-27 (for the revised and greatly improved version of the Russian radar Koluga, which uses passive detection method triagulan using three receivers with a range of 300-400 km) in conjunction with low-level television camera, which would certain conditions, could work quite well. The details, however, Chinese are not anyone should boast. Americans hand should obtain this information, surely it is used to tune their stealth technology to make them more effective against a Chinese device and sensors.

==

Wiki: Pesawat siluman

Pesawat siluman (bahasa Inggris: stealth aircraft) atau disebut pesawat amat senyap[1] adalah pesawat yang dirancang untuk menyerap dan membelokkan radar menggunakan teknologi siluman, membuatnya lebih sulit untuk dideteksi. Pada umumnya tujuannya adalah melancarkan serangan selagi dia masih berada di luar pendeteksian musuh. F-117 Nighthawk adalah salah satu jenis pesawat siluman yang digunakan angkatan udara Amerika Serikat dalam Perang Teluk.

B-2 Spirit stealth bomber

Pesawat siluman memiliki kemampuan untuk menghindari pendeteksian, baik deteksi secara visual, audio, sensor panas, maupun gelombang radio (radar). Secara visual, pesawat lebih sulit untuk terlihat bila mempunyai warna yang sama dengan warna latar belakangnya (kamuflase). Secara audio, tentunya berusaha untuk membuat pesawat semakin tenang. Secara sensor panas, pesawat biasanya dideteksi dari panas yang timbul dari badannya atau dari temperatur udara di sekelilingnya. Bagian paling panas dari pesawat biasanya adalah saluran buangan udara mesin atau exhaust dan leading edge (bagian pesawat yang pertama membelah udara). Panas dari exhaust bisa dikurangi dengan cara mencampur semburan mesin dengan udara dingin dari luar badan pesawat sebelum dihembuskan keluar pesawat dan memperpanjang pipa exhaust (seperti A-4 Skyhawk Indonesia yang mempunyai exhaust lebih panjang dibanding versi standarnya). Bagian exhaust ini biasanya dikejar oleh rudal anti-pesawat dengan sensor inframerah. Akan tetapi rudal pencari panas modern kini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mengejar panas yang dihasilkan akibat pergesekan permukaan badan pesawat dengan udara.

Deteksi secara gelombang radio adalah dengan cara mencegah gelombang radio dari radar tidak terpantul dari badan pesawat dan kembali ke radar. Gelombang radio tersebut bisa diserap jika badan pesawat dilapisi RAM (Radar Absorbent Material), dipantulkan ke arah lain, atau sedemikian sehingga gelombang tersebut menjadi hilang atau saling meniadakan (hal inilah yang mendasari bentuk pesawat siluman yang mempunyai bentuk yang lain dari pesawat biasa atau agak aneh).

Pesawat siluman biasanya tidak 100% tidak terdeteksi radar. Tetapi karena memiliki RCS (Radar Cross Section) yang kecil maka di layar radar hanya tampak sebesar gerombolan burung, bukan pesawat.

Daftar Isi:1. Penemuan Teknologi Siluman2. Jatuh ke tangan Amerika Serikat3. Prinsip Pesawat Stealth4. Referensi5. Daftar pesawat stealth berawak6. Catat

View more >