terapi aktivitas kelompok

Download Terapi Aktivitas Kelompok

Post on 10-Nov-2015

2 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

TAK

TRANSCRIPT

Terapi Aktivitas Kelompok

Terapi Aktivitas KelompokPPN XIIITerapi Aktivitas KelompokKelompok adalah kumpulan individu yang memiliki hubungan satu dengan yang lainnya, saling bergantung dan mempunyai norma yang sama (Struart & Laraia, 2001)

Tujuan dan Fungsi KelompokTujuan kelompok adalah membantu anggotanya berhubungan dengan orang lain serta mengubah perilaku yang destruktif dan maladaptif.

Kekuatan kelompok ada pada kontribusi dari setiap anggota dan pemimipin dalam mencapai tujuan. Tujuan dan Fungsi KelompokKelompok Berfungsi sebagai tempat berbagi pengalaman dan saling membantu satu sama lain, untuk menemukan cara menyelesaikan masalah.

Kelompok merupakan laboratorium tempat mencoba dan menemukan hubungan interpersonal yang baik, serta mengembangkan perilaku yang adaptif. Komponen Kelompok (Stuart & Laraia, 2001)Kelompok terdiri dari delapan aspek, sebagai berikut:Struktur kelompokBesar kelompokLamanya sesiKomunikasiPeran kelompokKekuatan kelompokNorma kelompokKekohesifan Struktur KelompokStruktur kelompok menjaga stabilitas dan membantu dan pengaturan pola perilaku dan interaksi.

Struktur dalam kelompok diatur o/ pimpinan dan anggota.

Arah komunikasi di pandu oleh pemimpin.

Keputusan diambil secara bersamaBesar Kelompok Jumlah kelompok yg nyaman adalah kelompok kecil 5-12 org

Anggota terlalu besartdk semua anggota mendaptkan kesempatan mengungkapkan perasan

Anggota terlalu kecil tidak cukup variasi informasi dan intrkasi yang terjadiLamanya SesiWaktu optimal 20-40 mnt Bagi fungsi klpk yg rendah

Waktu optimal 60-120 mnt Bagi fungsi klpk yg tinggi

Dimulai dgn pemanasan (orientasi)Tahap KerjaTerminasi

Banyaknya sesi tergantung pd tujuan kelompk (1-2 kali/minngu) atau sesuai kebutuhanKomunikasi Tugas pemimpin kelompok yang terpenting adalah mengobservasi dan menganalis pola komunikasi dalam kelompok

Pemimpin menggunakan umpan balik untuk memberi kesdaran pada anggota kelompok terhadap dinamika yang terjadi

Pemimpin kelompok dapat mengkaji hambatan dalam kelompok, konflik interpersonal, tingkat kompetisi, dan seberapa jauh anggota klpk mengerti serta melaksanakan kegiatan yanga kan dilaksanakan. Peran Kelompok Pemimpin mengobservasi peran yang terjadi dlm kelompok, yaitu:

Maintenance Role peran aktif dlm proses dan fungsi kelompokTask Role fokus pada penyelesaian tugasIndividual Role - self-centered dan distraksi pd kelompok.

Kekuatan Kelompok Kekuatan (power) adalah kemampuan anggota kelompk dalam mempengaruhi berjalannya kegiatan kelompk.

Norma KelompokStandar perilaku yang ada pd kelompokKesesuaian perilaku anggota kelompok dengan norma kelompokAnggota kelompk yg tidak mengikuti norma dianggap pemeberontak dan ditolak oleh kelompok lain. Kekohesifan Kekuatan anggota dalam bekerjasama untuk mencapai tujuanMempengaruhi anggota kelompok untuk tetap betah dalm kelompkPemimpin harus melakukan upaya agar kekohesifan kelompok dapt terwujud. Terpai Aktivitas Kelompok Terpai Aktivitas Kelompok dibagi empat:

TAK Stimulasi Kognitif/persepsiTAK SensoriTAK Orientasi RealitasTAK SosialisasiTAK Stimulasi Kognitif/PersepsiKlien dilatih mempersepsikan stimulus yang disediakan atau stimulus yang pernah dialami.

Stimulus yg disediakan artikel/majalah/puisi, menonton TV

Stimulus masa lalu yg menghasilkan persepsi klien yg maladptif atau distruktif kemarahan, kebencian, putus hubunganTAK Stimulasi Sensoriu/ menstimulus pada sensoris klienObs reaksi sensoris klien terhadap stimulus yg disediakan (ekspresi persaan secara nonverbal ekspresi wajah, gerakan tubuh)Aktivita yg digunakan utk stimulus musik, nyanyo, menari.TAK Orientasi RealitasKlien diorientasikan pd kenyataan yg ada disekitar klien, yaitu diri sendiri, org lain, atau org yg dekat dgn klien.

klien diorientasikan pada waktu saat ini, waktu lalu, dan rencana masa depan.

TAK Sosialisasi