tugas 1 alk

of 21 /21
1. Apa itu Laporan Keuangan? Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan (yang disajikan dalam berbagai cara misalnya laporan arus kas, atau laporan arus dana), catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan (IAI, 2007:7). Laporan keuangan adalah laporan yang menggambarkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan pada saat tertentu atau jangka waktu tertentu ( Sofyan S. Harahap, 2006:105). Laporan Keuangan adalah laporan yang diharapkan bisa memberi informasi mengenai perusahaan, dan digabungkan dengan informasi yang lain, seperti industri, kondisi ekonomi, bisa memberikan gambaran yang lebih baik mengenai prospek dan risiko perusahaan ( Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim, 2002:63). Laporan Keuangan adalah suatu penyajian terstuktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas (PSAK No.1 Paragraf ke 7). Dari kutipan diatas dapat di simpulkan bahwa neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal atau laba yang ditahan dan daftar-daftar yang diperlukan untuk penjelasan lebih lanjut merupakan suatu laporan keuangan yang umum digunakan. 2. Apa itu Analisis Laporan Keuangan? Analisa laporan keuangan (financial statement analysis) adalah aplikasi dari alat dan teknik analitis untuk laporan keuangan bertujuan umum dan data-data yang berkaitan untuk menghasilkan estimasi dan kesimpulan yang bermanfaat dalam analisis bisnis. Analisis Laporan Keuangan adalah menguraikan pos-pos laporan keuangan menjadi unit informasi yang lebih kecil dan melihat hubungannya yang bersifat signifikan atau

Upload: riqi-astuti-smartgirl

Post on 18-Jan-2016

49 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Tugas 1 ALK

1. Apa itu Laporan Keuangan? Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan

keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan (yang disajikan dalam berbagai cara misalnya laporan arus kas, atau laporan arus dana), catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan (IAI, 2007:7).

Laporan keuangan adalah laporan yang menggambarkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan pada saat tertentu atau jangka waktu tertentu (Sofyan S. Harahap, 2006:105).

Laporan Keuangan adalah laporan yang diharapkan bisa memberi informasi mengenai perusahaan, dan digabungkan dengan informasi yang lain, seperti industri, kondisi ekonomi, bisa memberikan gambaran yang lebih baik mengenai prospek dan risiko perusahaan (Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim,  2002:63).

Laporan Keuangan adalah suatu penyajian terstuktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas (PSAK No.1 Paragraf ke 7).Dari kutipan diatas dapat di simpulkan bahwa neraca, laporan laba rugi dan

laporan perubahan modal atau laba yang ditahan dan daftar-daftar yang diperlukan untuk penjelasan lebih lanjut merupakan suatu laporan keuangan yang umum digunakan.

2. Apa itu Analisis Laporan Keuangan?Analisa laporan keuangan (financial statement analysis) adalah aplikasi dari alat dan teknik analitis untuk laporan keuangan bertujuan umum dan data-data yang berkaitan untuk menghasilkan estimasi dan kesimpulan yang bermanfaat dalam analisis bisnis. Analisis Laporan Keuangan adalah menguraikan pos-pos laporan keuangan menjadi

unit informasi yang lebih kecil dan melihat hubungannya yang bersifat signifikan atau yang mempunyai makna antara satu dengan yang lain baik antara data kuantitatif maupun data nonkuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui kondisi keuangan lebih dalam yang sangat penting dalam proses menghasilkan keputusan yang tepat (Sofian Syafri Harahap, 1998:190).

Analisis Laporan Keuangan adalah hubungan antara suatu angka dalam laporan keuangan dengan angka lain yang mempunyai makna atau dapat menjelaskan arah perubahan (trend) suatu fenomena (Soemarso, 2006:430).

Analisis Laporan Keuangan meliputi penelaahan tentang hubungan dan kecenderungan atau tren untuk mengetahui apakah keadaan keuangan, hasil usaha, dan kemajuan keuangan perusahaan memuaskan atau tidak memuaskan (Jumingan, 2006:42).

3. Sebutkan fungsi dan tujuan laporan keuangan !Tujuan laporan keuangan ialah untuk menyediakan informasi berkaita dengan posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan, sehingga bermanfaat bagi sebagian besar pembaca laporan keuangan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Sedangkan fungsi laporan keuangan adalah untuk emngetahui berbagai macam kondisi keuangan perusahaan.

Page 2: Tugas 1 ALK

Menurut Standar Akuntansi Keuangan (2002:4), tujuan laporan keuangan adalah sebagai berikut:

a. Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

b. Laporan keuangan yang disusun untuk tujuan ini memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pemakai. Namun demikian, laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi karena secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dari kejadian di masa lalu, dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi nonkeuangan.

c. Menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen (stewardship), atau pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Pemakai yang ingin menilai apa yang telah dilakukan atau pertanggungjawaban manajemen berbuat demikian agar mereka dapat membuat keputusan ekonomi;

Pada intinya tujuan laporan keuangan adalah untuk: memberikan informasi kas mengenai posisi keuangan perusahaan memberikan informasi keuangan mengenai hasil usaha perusahaan memberikan laporan dan interpretansi kondisi dan potensi perusahaanFungsi Laporan Keuangan Perusahaan:a. Menyusun Perencanaan Kegiatan Perusahaan

Laporan keuangan memberikan sebuah informasi yang berisi tentang kemampuan dari perusahaan untuk mengerjakan sebuah perkerjaan. Tentunya gambaran tersebut akan mampu membuat perusahaan untuk merencanakan sebuah kegiatan yang menurut manajemen cocok untuk di laksanakan dan sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan.

b. Mengendalikan PerusahaanLaporan keuangan juga memberikan sebuah gambaran akan beberapa faktor yang mungkin timbul di masa yang akan datang. Gambaran tersebut akan memudahkan pihak manajemen perusahan untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya.

c. Dasar Pembuatan Keputusan Dalam PerusahaanAdanya laporan keuangan akan memudahkan pihak manajemen untuk mengambil tindakan, perencanaan yang kemudian ditetapkan menjadi sebuah keputusan atas kelanjutan perusahaan.

d. Pertimbangan dan pertanggung jawaban pada pihak EksternSetiap perusahaan akan memiliki keterkaitan dengan pihak luar (ekstern). Disinilah fungsi laporan keuangan sebagai pertimbangan. Sedangkan untuk fungsi pertanggung jawaban adalah misalnya pada pihak pajak yang membutuhkan laporan keuangan untuk menghitung pajak perusahaan.

4. Arti Penting dari Analisis Laporan KeuanganAnalisis terhadap laporan keuangan perusahaan pada dasarnya dilakukan karena

ingin mengetahui tingkat profitabilitas dan tingkat risiko/tingkat kesehatan suatu

Page 3: Tugas 1 ALK

perusahaan. Laporan keuangan yang disusun secara baik dan akurat dapat memberikan gambaran keuadaan yang menyatakan mengenai hasil atau prestasi yang telah dicapai oleh suatu perusahaan selama kurun waktu tertentu, keadaan inilah yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan. Arti penting analisis laporan keuangan adalah sebagai berikut:a. Pihak manajemen: mengevaluasi kinerja perusahaan, kompensasi, pengembangan

karierb. Pemegang saham: mengetahui kinerja perusahaan, pendapatan, keamanan

investasi.c. Kreditor: mengetahui kemampuan perusahaan melunasi utang beserta bunganya.d. Pemerintah: pajak, persetujuan untuk go public.e. Karyawan: Penghasilan yang memadai, kualitas hidup, keamanan kerja.

5. Sebutkan Unsur-unsur Laporan Keuangan! Unsur-unsur posisi dan kinerja laporan keuangana. Unsur Posisi Keuangan

1) AktivaSumber daya yang dikuasai perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan diharapkan akan memberi manfaat ekonomi bagi perusahaan masa depan

2) KewajibanHutang perusahaan masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu, yang penyelesaiannya diharapkan akan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan yang mengandung manfaat ekonomi

3) EkuitasHak residual (residual interest) atas aktiva perusahaan setelah dikurangi seluruh kewajiban (aktiva bersih).

b. Unsur Kinerja Keuangan1) Penghasilan (Income)

Kenaikan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk penambahan aktiva atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi (setoran) penanam modal

2) Beban (Expense)Penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar (berkurangnya aktiva) atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal.

6. Sebutkan Komponen/Jenis Laporan Keuangan ! a. Laporan Laba Rugi

Menggambarkan unsur-unsur pendapatan dan biaya perusahaan/berapa besarnya pendapatan selama jangka waktu terterntudan berapa biaya yang dikorbankan perusahaan sehingga menghasilkan suatu laa atau rugi bersih.

b. Laporan Perubahan EkuitasUntuk mengetahui perkembangan perusahaan yang dilihat dari hak kepemilikan (modal) selama satu periode akuntansi. Jadi, Laporan perubahan ekuitas (modal)

Page 4: Tugas 1 ALK

yaitu laporan yang disusun untuk mengetahui perubahan modal yang dimilikiatau untuk mengetahui modal akhir pada satu periode.

c. NeracaNeraca (balance sheet) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang disusun secara sistematis dan kronologis tentang kekayaan suatu perusahaan pada periode tertentu (menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu).

d. Laporan Arus KasLaporan yang menunjukkan semua aspek yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan, baik yang berpengaruh langsung atau tidak langsung terhadap kas. Laporan arus kas disusun berdasarkan konsep kas selama periode laporan. Laporan kas terdiri arus kas masuk dan arus kas keluar selama periode tertentu.

e. Catatan Atas Laporan KeuanganLaporan yang memberikan informasi apabila ada laporan keuangan yang memerlukan penjelasan tertentu. Artinya terkadang ada komponen atau nilai dalam laporan keuangan yang perlu diberi penjelasan terlebih dahulu sehingga jelas. Hal ini perlu dilakukan agar pihak-pihk yang berkepentingan tidak salah dalam menfsirkannya.

Menurut PSAK No. 1 (Revisi 2009) yang efektif mulai berlaku untuk periode tahun buku yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2011, laporan keuangan yang lengkap harus meliputi komponen-komponen berikut ini :

a. Laporan posisi keuangan (neraca) pada akhir periodeb. Laporan laba rugi komprehensif selama periodec. Laporan perubahan ekuitas selama perioded. Laporan arus kas selama periodee. Catatan atas laporan keuangan, berisi ringkasan kebijakan akuntansi penting

dan informasi penjelasan lain; danf. Laporan posisi keuangan pada awal periode komparatif yang disajikan ketika

entitas menerapkan suatu kebijakan akuntansi secara restrospektif atau membuat penyajian kembali pos-pos laporan keuangan, atau ketika entitas mereklasifikasi pos-pos dalam laporan keuangannya.

7. Bentuk Laporan Keuangan beserta contohnya a. Neraca

1) Rekening (Skontro): Unsur aktiva disajikan pada sisi kiri (debit), sedangkan unsur kewajiban dan ekuitas disajikan pada sisi kanan (kredit).

Page 5: Tugas 1 ALK
Page 6: Tugas 1 ALK

Contoh Necara Skontr

2) Laporan (Staffel): aktiva maupun ekuitas disajikan secara urut dari atas ke bawah, yang dimulai dari aktiva , kewajiban dan terakhir ekuitas.

Page 7: Tugas 1 ALK
Page 8: Tugas 1 ALK

Contoh Bentuk Staffel

b. Laporan

Laba Rugi1) Single Step

Pada bentuk ini semua penghasilan yang diperoleh dari berbagai kegiatan dikelompokkan menjadi satu kelompok yang disebut kelompok penghasilan, sedangkan untuk semua beban dikelaompokkan ke dalam satun kelompok yang disebut beban. Penghasilan bersih (laba) merupakan selisih antara kelompok penghasilan dan total kelompok beban.

Page 9: Tugas 1 ALK

Contoh

Page 10: Tugas 1 ALK

2) Multiple StepPada bentuk ini penghasilan bersih (laba) dihitung secara bertahap sesuai dengan aktivitas perusahaan. Dengan demikian, semua penghasilan dan beban disajikan sesuai dengan kegiatan/aktivitas, yaitu kegiatan usaha, di luar usaha dan luar biasa.

Page 11: Tugas 1 ALK
Page 12: Tugas 1 ALK

c. Laporan Perubahan Modal

Page 13: Tugas 1 ALK

1) Metode Langsung

Page 14: Tugas 1 ALK
Page 15: Tugas 1 ALK

2) Metode Tidak Langsung

Page 16: Tugas 1 ALK

8. Metode/Teknik Analisis Laporan Keuangana. Analisis Rasio

Rasio adalah hubungan matematis antara dua kuantitas Agar memiliki arti, rasio dalam laporan keuangan harus mengacu pada hubungan yang penting secara ekonomi. Analisis rasio dapat dikelompokkan ke dalam 5 macam kategori:1) Rasio Likuiditas (liquidity ratio)2) Rasio Solvabilitas (Solvency ratio)3) Rasio Aktivitas (activity ratio)4) Rasio Profitabilitas (profitability ratio)5) Rasio Pasar (market ratio)

b. Analisis Common SizeAnalisis dengan pembacaan data-data keuangan untuk beberapa periode (untuk mencari trend-trend tertentu). Analisis common size disusun dengan cara menghitung tiap-tiap rekening dalam laporan laba-rugi dan neraca menjadi proporsi dari total penjualan (utk laporan laba-rugi) atau dari total aktiva (untuk neraca).

c. Analisis Du PontAnalisis yang mempertajam analisis rasio dengan memisahkan profitabilitas dengan pemanfaatan aset.

Page 17: Tugas 1 ALK

Analisis Du Pont I: menghubungkan ROA, profit margin, dan perputaran aktiva ROA = Profit margin x perputaran aktivaAnalisis Du Pont II: memasukkan unsur financial leverage (hutang)ROE = ROA/ (1-(Tot hutang/TotAset))Untuk menaikkan ROE dapat dilakukan dengan menaikkan ROA dan/atau menaikkan Hutang.

d. Analisis Cross SectionPerbandingan data keuangan suatu perusahaan dengan perusahaan atau industri yg sejenis. Definisi industri sejenis adalah Kesamaan dalam jenis bahan baku atau supplier contoh: standar klasifikasi industri listing di BEJ.

e. Analisis Time SeriesAnalisis terhadap data historis untuk melihat tren yang mungkin timbul. Trend angka selanjutnya dianalisis guna mengetahui apa yang terjadi.

f. Metode PeramalanAda 2 metode1) Metode mekanis: Menggunakan teknik-teknik yang lebih objektif seperti statistik misal menggunakan model regresi (regresi sederhana /univariate maupun regrese berganda/multivariate), 2) Metode non mekanis: menggunakan teknik yang bersifat subjektif dengan menggabungkan banyak pertimbangan untuk menentukan garis tren yang dibuat dengan tangan (pendekatan visual untuk univariate) dan pendekatan analis sekuritas (multivariate). (pertimbangan bisa dari faktor industri, ekonomi, pasar dll)

Daftar Pustaka:Djarwanto. 1996. Pokok-Pokok Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Media Grafika

Harahap, Sofian Syafii. 2001. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI (PSAK).

STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (SAK).Anonim. 2014. Analisis Laporan Keuangan “Bentuk Laporan Keuangan”. Diunduh dari:

http://www.hendie23.com/2014/02/analisis-laporan-keuangan-bentuk.html. Pada 18 Februari 2014

Arjuna, Yohanes Arie. 2011. Macam-macam Metode Analisis Laporan Keuangan. Diunduh dari: http://ariearjunaug.blogspot.com/2011/02/macam-macam-metode-analisis-laporan.html . Pada 17 Februari 2014.

Dewi, Laila Mustika. 2012. Akuntansi dan Laporan Keuangan. Diunduh dari: http://tikalmd.blogspot.com/2012/01/bab-11-akuntansi-dan-laporan-keuangan.html. Pada 18 Februari 2014

Page 18: Tugas 1 ALK

Maulana, Puri. 2013. Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang. Diunduh dari: http://perpustakaancyber.blogspot.com/2013/10/siklus-akuntansi-perusahaan-dagang.html. Pada 17 Februari 2014