Bring Your Own Device”

Download Bring Your Own Device”

Post on 21-Feb-2017

6 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Bring Your Own DeviceIRWANSYAH BUDIMAN (131100038 )

Teknik Informatika, Tehnologi Informasi,Universitas Respati Indonesia E-mail: irwansyahbudiman434@gmail.com

1.1 PENDAHULUAN

Perkembangan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi terus dan terus berkembang pesat dan cepat setiap tahunnya. Inovasi dan kreasi terus bermunculan dan menghasilkan berbagai macam alat ataupun media informasi dan komunikasi yang manfaatnya sudah dirasakan oleh setiap orang, disamping juga memiliki berbagai kekurangan ataupun hambatan dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari. Perkembangan ini memberikan cara pandang baru bagi pengguna perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam beraktivitas. Salah satunya adalah istilah Bring Your Own Device.

Bagaimana pengembangan dan penerapannya hingga saat ini, kelebihan dan kekurangan yang didapat dalam implementasi konsep BYOD, dan solusi-solusi terkait penerapan BYOD.

I.2 Perkembangan Bring Your Own Device

Seperti yang dijelaskan pada konsep definisi BYOD (Bring Your Own Device) adalah merupakan istilah yang menggambarkan keadaan dimana karyawan banyak menggunakkan perangkat sendiri dalam kegiatannya di kantor. Sebelumnya karyawan hanya menggunakan perangkat teknologi yang diberikan atau di fasilitasi oleh perusahaan atau institusinya dan karyawan hanya dapat bekerja di kantor pada jam kerjanya.

Tetapi untuk pada masa sekarang karyawan dapat bekerja hanya menggunakan perangkat yang dimilikinya sendiri baik itu di kantor atau pun di rumah. Hal ini dikarenakan perkembangan perangkat dan teknologi yang pesat seperti Smartphone, Tablets, Notebook, Netbook. Sebuah penelitian oleh vendor Aruba network di daerah timur tengah menunjukkan bahwa lebih dari 80% perusahaan disana menerapkan kebijakan Bring Your Own Device (BYOD) pada karyawannya. Sehingga karyawan yang bekerja disana dapat bekerja atau melakukan pekerjaannya dengan perangkat yang dimilikinya sendiri di rumah. Dan kebijakan tersebut memberikan kesempatan untuk karyawan membawa perangkat sendiri dalam bekerja di kantor. Selain itu berdasarkan penelitian A.B.I, bahwa 2,4 miliar karyawan akan menggunakan smartphone di kantor - dengan tingkat pertumbuhan hampir 17%. Dapat dilihat gambaran besar, di sebuah laporan oleh Market sand Markets memprediksi bahwa BYOD dan pasar mobilitas perusahaan akan mencapai $ 181.39 dan pada 2017, meningkat 15,17% setiap tahun.

1.3 Penerapan Bring Your Own DeviceHal-hal yang seharusnya dimiliki oleh sebuah jaringan yang menggunakan konsep Bring Your Own Device (BYOD) adalah diperlukan untuk: menjadi sesederhana mungkin bagi seluruh pengguna. memberikan suasana yang sama tanpa memperhatikan dimana dan kapan pengguna mengakses jaringan. menjadikan dirinya semirip mungkin bagi seluruh perangkat yang bervariasi.Berikut ini beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun konsep Bring Your Own Device (BYOD) dalam sebuah sistem jaringan.1. User NeedsSangat penting untuk memahami bahwa ada berbagai segmen pengguna dengan peran dan tugas yang berbeda-beda dalam setiap pelaksanaan BYOD. Dengan memahami kebutuhan pengguna, akan membantu dalam memastikan bahwa pemanfaatan BYOD oleh pengguna dapat dimaksimalkan.2. Go NativeSeseorang memiliki kecenderungan untuk menggunakan aplikasi yang mereka pilih untuk fungsi fungsi tertentu seperti email, kalender, kontak, dan komunikasi.Jika memungkinkan, hal tersebut perlu dilakukan agar kinerja dari pengguna bisa lebih maksimal, untuk itu diperlukan konsep BYOD yang lebih dinamis.3. Compelling Core ServiceContoh layanan compelling core adalah email, kalender, aplikasi dan akses nirkabel. Layanan ini akan menjadikan kinerja dari pengguna menjadi lebih baik. Untuk itu, pastikan bahwa orang yang membangun BYOD mendapatkan dasar-dasar yang benar.4. SecurityJika pengguna terhambat oleh kebijakan keamanan, maka cepat atau lambat Program BYOD yang telah ada akan diancam oleh berbagai serangan dari pengguna yang berusaha memecah keamanan. 5. LockdownsTerkadang seorang karyawan dapat mengambil keuntungan dari alat produktivitas yang mereka gunakan di tempat kerja. Lockdown fungsi (misalnya built-in cameras) atau aplikasi kritis dapat mempengaruhi potensi keuntungan produktivitas.Jadi pikirkan baik-baik sebelum mengunci fitur terlalu banyak.

I.4 Perangkat yang mendukung BYOD1. LaptopSementara saat ini ada banyak pembicaraan tentang tablet dan ponsel pintar, kami berharap bisnis memulai peneyediaan perangkat kepada end-user cukup dengan tunjangan tahunan untuk membeli laptop mereka sendiri PC atau MacBook.2. TabletPengembangan Apple iPad telah membawa komputasi tablet ke dalam perubahan besar. Sekarang banyak perusahaan mengembangkan tablet berbasis pada sistem operasi mobile, tablet ini telah banyak mendorong dunia usaha.3. SmartphoneSmartphone telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Blackberry adalah perangkat mobile pertama yang mendorong emaildan melampaui desktop. Smartphone lain perlahan muncul menggunakan Symbian, Palm dan Windows Mobile, tetapi iPhone yang benar-benar memulai berkembangnya revolusi smartphone.4. Sistem OperasiPerkembangan sistem operasi yang berbeda membawa tantangan baru. Bagaimana Anda mempublikasikan aplikasi perusahaan untuk Windows, IOS, Blackberry, Android, dan seterusnya? Browser web front end adalah salah satu pilihan, tapi GUI perlu dioptimalkan untuk ditampilkan di layar perangkat.5. Browser incompatibilitiesBYOD bisa memperkenalkan banyak masalah browser. Akses ke on-premise aplikasi akan membutuhkan pertimbangan hati-hati, misalnya warisan Microsoft on-premise aplikasi seperti Dynamics CRM dan Sharepoint tidak bekerja dengan browser lain selain IE.6. Mobile Device Management incompatibilitiesAda sejumlah alat Mobile Device Management (MDM) yang masuk ke pasar. Namun berbagai kemampuan yang disediakan oleh alat-alat MDM mungkin tidak tersedia pada perangkat individu, misalnya platform Apple iOS adalaht erikat yang berarti bahwa beberapa fitur MDM diiklankan tidak tersedia pada perangkat iOS.7. ConnectivityAda 3 cara utama koneksi: Wired Wi-Fi di dalam kantor perusahaan Interneto 3G/4Go Depano Road Warrior

I.5 Mengatur Bring Your Own Device Policy

BYOD Policy sangat penting. Semua praktek keamanan dimulai dengan kebijakan untuk mengatasi risiko yang teridentifikasi. Ini harus menjadi kebijakan yang formal didokumentasikan, tetapidalam prakteknya banyak organisasi memiliki kebijakan informal didasarkan pada apa yang tim Teknologi Informasi percayai bahwa ini adalah praktek terbaik. Namun,ISO 27001 (Keamanan Sistem Informasi Manajemen) dan PCI mewajibkan penggunaan kebijakan tertulis formal. Semua alat dibeli untuk melindungi jaringan, atau data pada jaringan, untuk menegakkan kebijakan.Hal ini juga penting untuk menjamin setiap anggota staf memahami dan setuju dengan kebijakan organisasi sebelum diberi akses ke data perusahaan. Bagi banyak organisasi mereka perlu retrofit kebijakan atas aset yang dimiliki perusahaan sehingga ini perlahan tumbuh, seringkali tanpa pertimbangan yang tepat.1

2

Recommended

View more >