aplikasi hukum newton

Download Aplikasi Hukum Newton

Post on 20-Nov-2015

18 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

aplikasi hukum newton sehari-hari

TRANSCRIPT

APLIKASI HUKUM NEWTON

APLIKASI HUKUM NEWTONDALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Tentunya banyak dari kita yang sudah mengenal baik Hukum Newton. Dibawah ini akan kami jelaskan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hukum I NewtonHukum II NewtonHukum III NewtonPenerapan Hukum I NewtonPenerapan Hukum II NewtonPenerapan Hukum III NewtonSelesai

Hukum I Newton

Hukum ini sering juga disebut sebagai hukum inersia (kelembaman) yaitu kecenderungan sebuah benda mempertahankan keadaan diam atau gerak tetapnya pada garis lurus. Hukum I Newton berbunyi Setiap benda tetap dalam keadaan diam atau bergerak dengan laju konstan sepanjang garis lurus , kecuali jika diberi gaya total yang tidak nol.Secara matematis dinyatakan sebagi berikut ini :

Hukum II Newton

Hukum ini berbunyi Percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massanya. Arah percepatan sama dengan arah gaya total yang bekerja padanya.Secara matematis hukum II Newton dirumuskan :

atau bisa juga ditulisakan sebagai berikut ini :

Hukum III Newton

Hukum ini sering juga disebut dengan hukum aksi-reaksi. Hukum ini berbunyi Ketika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua tersebut memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah terhadap benda yang pertama .

Penerapan Hukum I Newton

Penerapannya:Penumpang akan serasa terdorong kedepan saat mobil yang bergerak cepat direm mendadak.Koin yang berada di atas kertas di meja akan tetap disana ketika kertas ditarik secara cepat.Ayunan bandul sederhana.Pemakaian roda gila pada mesin mobil.

Penerapan Hukum II Newton

Penerapannya:Mobil yang melaju dijalan raya akan mendapatkan percepatan yang sebanding dengan gaya dan berbading terbalik dengan massa mobil tersebut

Penerapan Hukum III Newton

Penerapannya:Adanya gaya gravitasiPeristiwa gaya magnetGaya listrikKetika kita sedang meluncurkan roket air maka roket air dapat meluncur ke atas karena ada gaya dorong air ke bawahketika kita sedang berenang ketika kita ingin bergerak maju ke depan maka kita mengayunkan tangan ke belakang

Sekian Dan Terima Kasih

Byeeee