makalah prancis

of 21/21
PENDAHULUAN Perancis [fræns], secara resmi Republik Perancis, yang dalam bahasa Perancis République française, merupakan sebuah Negara dengan teritori metropolitannya terletak di Eropa Barat dan juga memiliki berbagai pulau dan teritori seberang laut yang terletak di benua lain. Perancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara, dan dari Rhine ke Samudera Atlantik. Orang Perancis sering menyebut Perancis Metropolitan sebagai “L’Hexagone” (“Heksagon”) karena bentuk geometris teritorinya. Perancis adalah sebuah republik kesatuan semi-presidensial. Ideologi utamanya tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara. Nama “France” berasal dari Francia Latin, yang berarti “tanah bangsa Frank” atau “Frankland”. Terdapat berbagai teori asal nama Frank. Salah satunya berasal dari kata Proto Jermanik frankonjavelin atau lance karena kapak lempar Frank yang dikenal sebagai francisca . Etimologilainnya adalah bahwa dalam sebuah bahasa Jermanik kuno, Frank berarti “bebas” yang merujuk pada budak. Kata ini masih digunakan dalam bahasa Perancis sebagai franc, juga digunakan sebagai penerjemahan “Frank” dan nama mata uang lokal, hingga penggunaan euro pada tahun 200-an. Tetapi, selain nama etnis Frank berasal dari kata frank, juga mungkin bahwa kata ini berasal dari nama etnis Frank, hubungannya adalah bahwa hanya Frank, sebagai kelas yang berkuasa, memiliki status warga merdeka. Tanah Frank meliputi sebagian Perancis Utara modern tapi karena kekuasaan raja dilemahkan oleh pangeran regional sebutan ini kemudian ditetapkan pada demesne kerajaan sebagai tangan pendek. Hingga akhirnya nama ini diambil untuk seluruh Kerajaan sebagai kekuasaan sentral ditetapkan untuk seluruh kerajaan. Perancis adalah suatu negara besar dengan segala kebesaran dan juga tragedinya. Negara dengan penduduk lebih dari 55 juta ini, terletak di jantung Eropa. Page 1

Post on 08-Feb-2016

1.466 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

makalah prancis

TRANSCRIPT

PENDAHULUAN

Perancis [frns], secara resmi Republik Perancis, yang dalam bahasa Perancis Rpublique franaise, merupakan sebuah Negara dengan teritori metropolitannya terletak di Eropa Barat dan juga memiliki berbagai pulau dan teritori seberang laut yang terletak di benua lain. Perancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara, dan dari Rhine ke Samudera Atlantik. Orang Perancis sering menyebut Perancis Metropolitan sebagai LHexagone (Heksagon) karena bentuk geometris teritorinya. Perancis adalah sebuah republik kesatuan semi-presidensial. Ideologi utamanya tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara.

Nama France berasal dari Francia Latin, yang berarti tanah bangsa Frank atau Frankland. Terdapat berbagai teori asal nama Frank. Salah satunya berasal dari kata Proto Jermanik frankonjavelin atau lance karena kapak lempar Frank yang dikenal sebagai francisca. Etimologilainnya adalah bahwa dalam sebuah bahasa Jermanik kuno, Frank berarti bebas yang merujuk pada budak. Kata ini masih digunakan dalam bahasa Perancis sebagai franc, juga digunakan sebagai penerjemahan Frank dan nama mata uang lokal, hingga penggunaan euro pada tahun 200-an.

Tetapi, selain nama etnis Frank berasal dari kata frank, juga mungkin bahwa kata ini berasal dari nama etnis Frank, hubungannya adalah bahwa hanya Frank, sebagai kelas yang berkuasa, memiliki status warga merdeka. Tanah Frank meliputi sebagian Perancis Utara modern tapi karena kekuasaan raja dilemahkan oleh pangeran regional sebutan ini kemudian ditetapkan pada demesne kerajaan sebagai tangan pendek. Hingga akhirnya nama ini diambil untuk seluruh Kerajaan sebagai kekuasaan sentral ditetapkan untuk seluruh kerajaan.

Perancis adalah suatu negara besar dengan segala kebesaran dan juga tragedinya. Negara dengan penduduk lebih dari 55 juta ini, terletak di jantung Eropa.

Perancis telah menjadi salah satu kekuatan terbesar dunia sejak pertengahan abad ke-17. Di abad ke-18 dan 19, Perancis membuat salah satu imperium kolonial terbesar saat itu, membentang sepanjang Afrika Barat dan Asia Tenggara, mempengaruhi budaya dan politik daerah. Perancis adalah salah satu negara pendiri Uni Eropa, dan memiliki wilayah terbesar dari semua anggota. Perancis juga negara pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan anggota Francophonie, G8, NATO, dan Uni Latin. Perancis juga merupakan salah satu lima anggota permanen Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

KEADAAN GEOGRAFIS1. FAKTA UMUM

Perancis terletak di Eropa Barat, namun Perancis juga memiliki sejumlah teritori di Amerika Utara, Karibia, Amerika Selatan, selatan Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Antarktika. Perancis menempati wilayah seluas 547.030kilometer persegi (211.209sqmi). Secara astronomis Prancis terletak pada 48 LU dan 2 BB. Perancis adalah Negara terbesar di Eropa Barat dengan 674,843km2. Hampir semua bagian wilayah Perancis adalah daratan, hanya sekitar 2,86% berupa lautan.

Perancis terbagi menjadi 27 regional dan 101 provinsi, dimana 5 regional berada di luar Perancis, yaitu French Guiana, Guadeloupe, Martinique, Mayotte, dan Runion. Selain itu Perancis memiliki 8 teritori yang berada diluar daerah metropolis dari Perancis. Berikut teritori Perancis yang berada diluar daerah metropolis, atau dikenal dengan overseas regions :

NAMAIBU KOTABENTUK DAERAH

Clipperton Island-Daerah otoritas Pemerintah Perancis

French GuianaCayenneNegara bagian

French PolynesiaPapeeteWilayah milik negara

French Southern and Antarctic LandsPort-aux-FranaisDaerah otoritas Pemerintah Perancis

GuadeloupeBasse-TerreDaerah luar negara

MartiniqueFort-de-FranceDaerah luar negara

MayotteMamoudzouDaerah luar negara

New CaledoniaNoumaNegara bagian

RunionSaint-DenisDaerah luar negara

Saint BarthlemyGustaviaNegara bagian

Saint MartinMarigotNegara bagian

Saint Pierre and MiquelonSaint-PierreNegara bagian

Wallis and FutunaMata-UtuNegara bagian

Tabel 1.1 Daerah luar PerancisTitik tertinggi dari negara ini adalah Mount Blanc yaitu pada 4808 m. Sedangkan titik terendahnya ada pada -2 m, yaitu delta Sungai Rhone. Berikut ini adalah tebel batas-batas Negara Perancis :

ARAHBATAS

UTARABELGIA dan LAUT UTARA

TIMUR LAUTLUXEMBURG dan JERMAN

TIMURITALIA dan SWISS

TENGGARALAUT MEDITERANIA

SELATANSPANYOL

BARAT DAYASPANYOL dan ANDORRA

BARATTELUK BISCAY dan SAMUDRA ATLANTIK

BARAT LAUTSELAT INGGRIS

Tabel 1.2 Batas Wilayah Perancis

2. PEGUNUNGAN

Seperti pada gambar, terdapat lima pegunungan besar yang terdapat di teritori Spanyol, yaitu Pyrenees, Vorges, Jura, Alpes dan Massif Centrall. Dari gambar tersebut juga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar teritori Perancis adalah daerah pegunungan. Hampir sekitar 40% daerah daratan Perancis ditutup oleh gunung. Selain itu batas wilayah negara Perancis disebelah timur dan selatan dibatasi oleh pegunungan besar.

Gambar 1.1 Pegunungan Perancis3. PERAIRAN

Daerah perairan Perancis hanya 2,86% saja, namun di Negara ini terdapat banyak sungai-sungai besar di Eropa. Seine, sungai terpanjang yang dapat dilayari di negeri ini, mengalir ke barat laut dari Prancis bagian utara melalui ibu kota raya Paris dan bermuara di Selat Le Hvre. Sungai Loire, yang dianggap tercantik di Perancis bermuara di Samudra Atlantik. Sungai Rhone mengalir ke barat daya dari Jenewa di Swiss. Sungai Rhone bergabung dengan anak-anak sungai utamanya, yaitu Sungai Saone dan Isere. Sungani Rhone bercabang ke sebuah delta luas ketika mendekati Laut Tengah. Tepat sebelum mencapai delta, sungai itu mengalir melalui kota Avignon.

Jaringan sungai yang luas ini mengangkut sejumlah besar produk pertanian dan industri Prancis. Gandum dan biji padi-padian dari baratlaut dapat diangkut ke selatan ke Marseilles untuk diekspor melalui sungai dan kanal. Bijih besi dari Lorrarine mungkin diekspor dari pelabuhan-pelabuhan besar di pantai Selatan Inggris, Le Havre dan Cherbourgm, setelah perjalanan jauh memalui jalan sungai di daerah pedalaman. Baja yang diolah di Dunkirk dan dipergunakan di galangan kapal Saint_nazaire sebagian besar juga dikirimkan melalui kanal.

4. IKLIMPrancis memiliki beberapa iklim karena keunikan posisi wilayahnya yang berbatasan dengan laut dan daratan. Iklim kelautan, yang berlaku di bagian barat negara itu, adalah salah satu rentang suhu yang kecil, curah hujan yang cukup, musim dingin, dan musim dingin sangat dingin tapi jarang.

Iklim Kontinental (transisi), ditemukan lebih banyak, memanjang dari timur dan tengah Perancis, ditandai dengan musim panas yang hangat dan musim dingin lebih dingin dari daerah di barat, hujan yang cukup, dan musim dingin cenderung akan bersalju, terutama di daerah yang lebih tinggi.

Iklim Mediterania, luas di seluruh bagian selatan Perancis (kecuali di barat daya pegunungan), adalah salah satu dari musim dingin yang sejuk, musim panas yang panas, dan curah hujan terbatas. Suhu rata-rata adalah sekitar 11 C (53 F) di Paris. Di tengah dan selatan Perancis, curah hujan tahunan adalah ringan sampai sedang, mulai dari sekitar 68 cm (27 in) di Paris sampai 100 cm (39 in) di Bordeaux. Curah hujan berat di Brittany, daerah pesisir utara, dan daerah pegunungan, di mana ia mencapai lebih dari 112 cm (44 in).5. FLORA DAN FAUNA

Jenis pohon yang tumbuh di hutan tersebut umumnya adalah Pohon Oak. Di Perancis bagian tengah, yang paling jamak tumbuh adalah semak belukar. Di tanah semiarid di tenggara Perancis banyak tumbuh tanaman anggur. Sedangkan di sepanjang Pantai Mediterrania tumbuh tanaman jeruk, lemon, dan lain sebagainya.

Untuk Fauna, mengingkat kebanyakn wilayahnya berupa pegunungan dan dataran tinggi, fauna yang jamak ditemui adalah rubah, kucing liar, serigala, babi hutan, kambing liar dan hewan khas Perancis, yaitu chamois.

6. KEKAYAAN ALAM

Hampir dua pertiga tanah di Perancis subur untuk ditanami. Jenis tanah juga cukup beragam, yaitu tanah semi arid yang menutupi bagian tengah, tanah Mediterrania yang menutupi bagian selatan dan timur laut, tanah gurun yang menutupi bagian tenggara dan tanah coklat hutan yang menutupi bagian barat laut. Untuk barang tambang, Perancis menghasilkan batubara, uranium, merkuri, bijih besi, phirit, timah, tembaga, dan lain sebagainya. Selain itu Perancis juga memiliki sedikit cadangan minyak bumi dan gas alam.

KEADAAN POLITIK PEMERINTAHANRepublik Perancis adalah sebuah republik semi-presidensial uniter dengan tradisi demokratis yang kuat. Konstitusi Republik Kelima disetujui melalui referendum tanggal 28 September 1958. Sehingga memperkuat kewenangan eksekutif dengan parlemen. Cabang eksekutif itu sendiri memiliki dua pemimpin: Presiden Republik, yang merupakan Kepala Negara dan dipilih langsung oleh hak pilih universal orang dewasa untuk jabatan selama 5 tahun (sebelumnya 7 tahun), dan Pemerintah, dipimpin oleh Perdana Menteri yang ditunjuk presiden.

Parlemen Perancis adalah sebuah badan legislatif bikameral yang terdiri dari Majelis Nasional (Assemble Nationale) dan Senat. Deputi Majelis Nasional mewakili konstituensi lokal dan terpilih langsung selama 5 tahun. Majelis memiliki kekuasaan untuk membubarkan kabinet, dan mayoritas anggota Majelis menetapkan pilihan pemerintah. Senator dipilih oleh dewan pemilih untuk jabatan 6 tahun (sebenarnya 9 tahun), dan setengah kursi dimasukkan dalam pemilihan setiap 3 tahun yang dimulai pada September 2008. Kekuasaan legislatif Senat terbatas; dalam penentangan antara kedua pihak, Majelis Nasional memiliki perkataan terakhir, kecuali untuk hukum konstitusional dan lois organiques (hukum yang disediakan langsung oleh konstitusi) dalam beberapa hal. Pemerintah memiliki pengaruh kuat dalam pembentukan agenda Parlemen.

Politik Perancis ditandai oleh dua pengelompokkan yang saling menentang secara politik: pertama sayap kiri, dipusatkan di sekitar Partai Sosialis Perancis, dan lainnya sayap kanan, sebelumnya dipusatkan pada Rassemblement pour la Rpublique (RPR) dan sekarang Persatuan untuk Gerakan Rakyat (UMP). Cabang eksekutif kebanyakan terdiri dari anggota UMP.Ciri-ciri pemerintahan Perancis sekarang adalah sebagai berikut :1. Perancis adalah negara kesatuan, demikian pula pada zaman Republik ke Empat.2. Konstitusinya adalah tertulis, tetapi konstitusi Perancis lebih kaku (regid).3. Pemisahan kekuasaan nampak agak jelas, legislatif di tangan Parlemen, eksekutif di tangan Presiden dan yudicial di tangan badan kehakiman.4. Parlemen adalah bicameral, terdiri dari Sidang Nasional (National Assembly) dan Senat tidak terdapat Parliament Sovereignity, 5. Kabinet, terdiri dari Dewan Menteri-Menteri yang dipimpin oleh Perdana Menteri.6. Dewan Konstitusi, yaitu suatu dewan yang beranggotakan 9 orang yang diangkat secara sama oleh Presiden, Ketua Assemblee dan Ketua Senat.7. Civil Service terdiri dari pegawai-pegawai karir yang menterjemahkan kehendak Parlemen ke dalam hak-hak kehidupan dan memaksakan kewajiban kepada orang-orang Perancis.8. Pemerintahan Daerah, dilaksanakan dengan sistem dekonsentrasi bersamaan dengan desentralisasi, dan memiliki daerah-daerah yaitu departemen dan commune.9. Kekuasaan peradilan, berada di tangan para hakim yang diangkat oleh eksekutif. Terbagi menjadi dua, yaitu peradilan kasasi dan peradilan hokum.

KONDISI EKONOMIA. FAKTA UMUM

Perancis adalah negara maju, dengan ekonomi terbesar keenam (PDB nominal) atau kedelapan (PPP) terbesar di dunia. Iklim yang menguntungkan, daerah luas yang kaya, dan tradisi pertanian yang terampil telah menciptakan kondisi ideal bagi ekonomi pertanian berkembang. Sejak permulaan abad ke-20 terutama sejak Perang Dunia II , di Prancis telah terjadi pergeseran yang semakin cepat dari pertanian, perindustrian kecil dan tradisional ke unit-unit industri yang lebih besar dan termekanisasi. Perubahan besar ini telah menghasilkan ekonomi yang bervariasi dan salah satu yang paling sehat di Eropa. Pendapatan Nasional Perancis berada pada angka US$ 2,466 Trilliun dengan pertumbuhan sebesar 0,98% pada tahun 2010. Pendapatan perkapita Perancis termasuk dalam kategori negara maju yaitu sebesar US$ 38.297 dengan koefisien gini sebesar 36% yang artinya memiliki pemerataan pendapatan yang cukup baik. Sedangkan jumlah populasi yang berada dibawah garis kemiskinan sebanyak 9,2% dari total populasi.

Jumlah angkatan kerja di Perancis adalah 35 juta jiwa dan jumlah pengangguran sebesear 11,52% diantaranya. Sektor-sektor unggulan dalam perekonomian Perancis adalah Jasa dan Industri seperti negara-negara maju lainnya. Berikut ini adalah tabel persentase sumbangan beberapa sektor perekonomian terhadap Produk Domestik Bruto dan penyerapan tenaga kerja dari angkatan kerja yang memiliki pekerjaan :

NOSEKTORPDBTENAGA KERJA

1.Jasa61,6 %70,7 %

2.Industri21,2 %14,1 %

3.Konstruksi5,1 %9,9 %

4.Agrikultur3,4 %4,7 %

5.Energi8,7 %0,7 %

Tabel 1.3 PDB dan Tenaga Kerja

Untuk perdagangan internasional, Perancis mencatatat ekspor sebesar US$ 441,6 milliar dan impor sebesar US$ 471,1 milliar. Barang-barang yang dieskpor antara lain mesin, kendaraan bermotor, bahan-bahan kimia, obat-obatan, makanan, dan benda-benda elektronik. Sementara barang yang diimpor antara lain bahan bakar minyak, barang-barang setengah jadi, benda-benda elektronik, dan makanan.B. AGRIKULTURALPertanian dan perkebunan tetap merupakan sektor penting dari perekonomian Prancis, meskipun terlibat hanya sekitar 4% dari angkatan kerja dan menyumbang sekitar 3% dari PDB. Sejak awal 1970-an, angkatan kerja pertanian telah berkurang sekitar 60%. Prancis, yang pertanian mengekspor produk lebih banyak hasil pertanian daripada negara Uni Eropa lainnya (akuntansi untuk 22% dari total output pertanian Uni Eropa), adalah satu-satunya negara di Eropa yang benar-benar mandiri dalam produksi pangan. Selain itu kualitas tinggi produk pertanian bangsa Perancis berkontribusi pada keunggulan masakan-masakan terkenal Perancis.

Komoditas Perancis yaitu kapas, tembakau, dan minyak nabati adalah salah satu hasil dari sektor ini. Hasil yang paling terkenal dan salah satu ekspor pertanian Prancis yang terpenting adalah anggur. Anggur telah dihasilkan Prancis sejak zaman Romawi atau barangkali lebih lama lagi. Hampir tak ada daerah Prancis yang tidak ditanami pohon anggur. Dengan variasi warna, dari merah muda pucat sampai ke merah delima dan dari kuning sampai ke putih, anggur Prancis dinilai oleh banyak orang sebagai anggur terbaik di dunia. Anggur merah muda berasal dari Provence dan Anjou, yang merah dari Rhone, sedangkan yang putih dari Loire dan Alsace.

Anggur cemerlang dari daerah Champagne merupakan anggur yang secara sah berhak memakai namannya. Beberapa anggur dari daerah Cognac dan Armagnac disuling mejadi minuman keras yang baik. Anggur merah terkenal dari Bordeaux dan Burgundia terkenal di seluruh dunia meskipun buah itu seringkali berasal dari tanah perkebunan yang hanya beberapa are luasnya.

C. PETERNAKANPada tahun 2010, Prancis diperkiraka terdapat sekitar 5 juta ekor sapi, 15,4 juta ekor babi, 10,7 juta ekor domba dan kambing, dan 343.000 ekor kuda. Unggas dan kelinci dipelihara dalam jumlah besar, baik oleh keluarga petani didesa maupun di kota. Percheron, peternakan kuda terbesar berada di utara Perancis. Lalu babi diternakan di dataran tinggi bagian tengah dan barat dataran dari sungai Rhne. Kambing dan domba diternakan perbukitan selatan di sekitar Caen.

Dengan jumlah hewan ternak diatas, produksi daging pada tahun 2010 menghasilkan 1.566.000 ton daging sapi, 2.315.000 ton daging babi, 2.215.000 ton daging unggas, dan 134.000 ton daging domba. Ekspor daging berkisar pada US$ 8,3 milyar per tahun sejak tahun 2001, dan pada 2009 mengalami masa terbaik yaitu dengan US$ 12,7 milyar. Hal tersebut dipengaruhi oleh naiknya harga lembu jantan Charolais yang terkenal memiliki daging terempuk di dunia.

Di sektor peternakan sapi perah yang berkembang di padang rumput Normandia. Produksi susu sapi total pada tahun 20010 adalah 24.903.000 ton. Selain itu Perancis memproduksi sekitar 300 jenis keju, pada tahun 2010, produksi keju mencapai sekitar 1.770.000 ton. Mentega dan telur pun diproduksi dengan angka cukup tinggi yaitu 449.000 ton dan 1.016.000 ton. Susu dan telur ekspor menghasilkan US$ 3,6 milyar di tahun 2010.D. PERIKANANPada daerah daratan Perancis yaitu 4,716 km dari garis pantai, banyak dihiasi dengan pelabuhan kecil yang telah lama mendukung pesisir industri perikanan. Hasil tangkapan total untuk tahun 2010 adalah 896.296 ton hasil laut. Hal tersebut terjadi karena Perancis memiliki fasilitas dan tempat pengumpulan hewan laut terutama tiram dan kerang, yang sebagian besar fasilitas tersebut terletak di sepanjang Selat Inggris dan pantai Atlantik.

Herring, skate, tiram, mackerel, tuna, sarden, lobster, dan kerang adalah tangkapan laut utama, bersama dengan ikan cod. Sebagian besar didapatkan dari bagian utara Amerika Utara, di mana kapal penangkap ikan Prancis berlayar selama berabad-abad. Ekspor produk makanan laut kalengan pada tahun 2010 berjumlah US$ 928.300.000, sebagian besar tuna, makarel, dan sarden.

Dengan hasil laut tersebut, Perancis mencatat total impor produk makanan laut pada tahun 2010 sebesar US$ 2,1 miliar, sedangkan ekspor senilai US$ 1,9 miliar. Inggris dan Norwegia adalah pengimpor terbesar hasil laut dari Prancis.

E. KEHUTANANProduksi Kehutanan di Perancis telah didorong oleh pemerintah sejak abad ke-16. Ketika itu, kayu adalah sumber daya strategis dalam membangun kapal perang. Meskipun banyak pohon di hutan ditebang berabad-abad, namun praktek manajemen yang ketat pada hutan dan proyek-proyek reboisasi yang cukup besar selama 100 tahun terakhir telah memulihkan hutan Prancis.

Sejak 1947, pemerintah Perancis telah mensubsidi aforestasi dan reboisasi 2,1 juta hektar (5,2 juta acre) hutan. Proyek reboisasi di daerah Landes Prancis barat daya telah sangat sukses. Selama 1999-2009, daerah berhutan meningkat rata-rata tahunan sebesar 0,4%. Sekitar 66% dari hutan ditutupi dengan oak, beech, dan poplar dan 34% dengan pohon-pohon bergetah. Ada sekitar 20,3 juta hektar (47,9 juta acre) hutan pada tahun 2010, atau sebesar 28% dari total wilayah Perancis. Hal ini membuat Perancis menjadi negara terhijau ketiga di Uni Eropa, di belakang Swedia dan Finlandia. Walaupun pada bulan Desember 1999, badai menghantam Prancis dan rusak sekitar 50 juta cu m.

Perancis menjadi negara penghasil kayu terbesar kedua di Eropa dibawh Swedia. Dimana produksi kayu pada tahun 2010 adalah 98.170.000 cu m (2940000000 cu ft. Produksi partikel kayu mencapai 3,8 juta cu m (134 juta cu ft) per tahun, sedangkan produksi panel kayu lapis sebesar 561.000 cu m (19,8 juta cu ft) per tahun. Perdagangan produk-produk hutan pada tahun 2010 menghasilkan pendapatan sebesar US$ 2,4 miliar.F. ENERGI

Sumber energi primer pada tahun 2010 adalah minyak, 40% (67% pada 1973); batubara, 6%, gas alam, 15%, bahan bakar nuklir, 39%, dan listrik tenaga air, sekitar 7%. Deposito kecil minyak bumi terletak terutama di daerah Landes. Produksi minyak mentah 2,7 juta ton pada tahun 1968, dan dalam dua dekade, produksi menurun. Pada tahun 1994 produksi telah kembali, menjadi 2,8 juta ton. Pada tahun 201o, produksi minyak mentah 28.000 barel per hari. Seperti sumber daya minyak, batubara Perancis dan cadangan gas alam sangat terbatas. Produksi gas alam mencapai 2 miliar cu m (70 milyar cu ft) pada tahun 1999, hanya sebagian kecil dari kebutuhan domestik. Perancis mengimpor 36,2 miliar cu m (1280000000000 kaki kubik) gas alam cair (LNG) pada tahun 1999.

Beban alternatif bahan bakar fosil menjadi pilihan, tetapi tidak sepenuhnya. Perancis telah menjadi produsen terkemuka dunia dari tenaga nuklir, dengan kapasitas daya kedua terbesar nuklir dunia (hanya kalah dari Amerika Serikat). Perancis adalah kekuatan terbesar kedua pasar Eropa, dibawah Jerman. Pada tahun 2010, kapasitas total daya terpasang adalah 121.300.000 kW. Sebagian besar pembangkit dikelola oleh Electricite de Perancis, yang memproduksi dan mendistribusikan lebih dari 95% dari listrik negara. Dari total produksi listrik 511.100.000.000 kWh pada tahun 2010, lebih dari 77% berasal dari 57 pembangkit nuklir Prancis, sekitar 13% dari pembangkit listrik tenaga air, dan di bawah 10% dari bahan bakar fosil.

G. INDUSTRIIndustri telah berkembang jauh sejak Perang Dunia II, dengan kemajuan sangat signifikan dalam elektronik, transportasi, pengolahan, dan industri konstruksi. Perancis adalah kekuatan keempat industri terkemuka, setelah Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman. Industri baja, yang mempekerjakan beberapa 77.300 pekerja di 1991 (turun dari 156.000 pada 1979), menderita dari dampak resesi di seluruh dunia pada awal tahun 1980. Pada tahun 1995, produksi mencapai 18 juta ton baja mentah, menempatkan Perancis 11 dalam produksi dunia. Produksi telah turun sebesar sepertiga sejak 1994 karena persaingan internasional dan pergeseran umum jauh dari baja untuk aluminium dan plastik. Industri aluminium Perancis didominasi oleh sebuah pabrik di Dunkirk milik Pechiney, yang diprivatisasi pada akhir 1995.

Pada tahun 1995, industri otomotif Perancis, peringkat keempat di dunia, memberikan kontribusi secara tidak langsung hampir 2,6 juta pekerjaan. Lebih dari 3.628.000 mobil yang diproduksi pada tahun 2010, dan lebih dari 55.000 kendaraan komersial diproduksi pada tahun 2010. Kedua perusahaan terkemuka PSA (yang mengontrol merek Peugeot dan Citroen) dan Renault mempengaruhi hal ini. Sekitar 60% dari produksi diekspor untuk mencatat surplus US$ 6 milyar.

Industri pesawat terbang Perancis, bukan yang utama dalam produsen massal, karena Perancis mengkhususkan diri dalam desain yang canggih dan pengembangan eksperimental. Beberapa model yang, seperti Caravelle dan IV Mirage, telah digunakan di lebih dari 50 negara.

Industri kimia, meskipun tidak sekuat para pesaingnya di Jerman dan Amerika Serikat, peringkat keempat di dunia mempekerjakan hampir 300.000 dan menghasilkan lebih dari $ 70 miliar pada pendapatan.

Pada tahun 2010, obat-obatan, parfum, dan industri kosmetik mencatat surplus perdagangan US$ 6.4 milyar. Industri listrik dan elektronik memiliki omset sebesar US$ 59.2 milyar. Industri tekstil yang digunakan 300.000 pekerja pada tahun 1994. Pada 2010, Prancis memproduksi 54600000 hektoliter anggur, sehingga produsen terbesar kedua di dunia setelah Italia. Agribisnis adalah industri yang semakin penting, memasok sejumlah pendapatan Perancis dari restoran dan hotel.H. PARIWISATAPerancis memiliki tempat wisata yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari museum dan monumen Paris ke pantai di lereng Riviera dan ski di pegunungan Alpen. Tempat yang paling banyak dikunjungi ialah Menara Eifel, Museum Louvre dan Gunung Mount Blanc. Turis membutuhkan paspor yang berlaku dan visa untuk memasuki Prancis; untuk tinggal lebih lama, pendaftaran polisi dan kartu registrasi (carte d'identit) juga jadi hal yang diperlukan.

Pada tahun 1998, Prancis adalah tempat top wisata dunia dengan tujuan kedatangan diperkirakan 70 juta wisatawan. Pada tahun 2010, kedatangan wisatawan berjumlah 135.595.376 dan penerimaan dari pariwisata sebesar US$ 299 milyar. Per tahun di Perancis ada 589.174 kamar dan tempat tidur 1.178.348 di hotel dan perusahaan sejenis yang dipesan dengan tingkat hunian 60%. I. MINERAL

Perancis bukan negara dengan kekayaan alam yang cukup banyak. Mineral dari Perancis hanya berasal dari batu bara dan minyak bumi yang menghasilkan sekitar 1,7% dari penghasilan mineral negara-negara di dunia.

KONDISI BUDAYA1. ARSITEKTURSecara teknis, tidak ada arsitektur yang diberi nama Arsitektur Perancis, meskipun tidak pernah benar. Nama lama Arsitektur Gothic adalah Arsitektur Perancis (atau Opus Francigenum). Sebutan "Gothic" muncul sebagai bentuk bergaya dan digunakan secara luas. Sebelum pemunculan arsitektur ini Perancis telah menggunakan Arsitektur Romawi seperti sebagian Eropa Barat (dengan pengecualian Semenanjung Iberia, yang menggunakan arsitektur Moor). Beberapa contoh hebat gereja Romawi di Perancis adalah Basilika Saint Sernin di Toulouse dan reruntuhan Biara Cluny (hancur semasa Revolusi dan Perang Napoleon).

Akhir Perang Seratus Tahun menandakan tahap penting dalam perubahan arsitektur Perancis. Itulah masanya Renaisans Perancis dan beberapa seniman dari Italia dan Spanyol diundang ke Perancis; banyak istana kediaman, rancangan Italia, dibangun, terutama di Lembah Loire. Beberapa kastil kediaman adalah Chteau de Chambord, Chteau de Chenonceau, atau Chteau d'Amboise. Setelah renaisans dan berakhirnya Abad Pertengahan, Arsitektur Baroque menggantikan Gothic.

Setelah Revolusi, para Republikan memuja Neoklasikisme meskipun neoklasikisme diperkenalkan di Perancis sebelum revolusi dengan bangunan seperti Pantheon Paris atau Capitole de Toulouse. Dibangun selama Kekaisaran Perancis Arc de Triomphe dan Sainte Marie-Madeleine menampilkan tren ini sebagai yang terbaik.

Dibawah Napoleon III sebuah gelombang baru urbanisme dan arsitektur dilakukan. Bila beberapa bangunan menarik seperti Palais Garnier neo-baroque dibangun, perencanaan urban pada waktu itu sangat rapi dan hebat. Contohnya Baron Haussmann membangun kembali Paris. Masa-masa ini juga membangkitkan tren Kebangkitan Gothic yang kuat di seluruh Eropa, di Perancis arsitek yang merancangnya adalah Eugne Viollet-le-Duc. Pada abad ke-19 Gustave Eiffel merancang banyak jembatan (seperti Jembatan Garabit) dan menjadi salah satu perancang jembatan berpengaruh pada masa itu, meskipun ia berhasil dikenang karena Menara Eiffel.

Di abad ke-20, Arsitek Swiss Le Corbusier merancang beberapa bangunan di Perancis. Banyak arsitek terbaru Perancis menggabungkan gaya arsitektural modern dan lama. Piramida Louvre adalah contoh baik arsitektur modern yang ditambahkan ke sebuah bangunan lama. Bangunan yang paling sulit dibuat di kota-kota Perancis adalah pencakar langit, karena dapat terlihat dari jauh. Distrik finansial terbesar Perancis adalah La Defense, dimana sejumlah besar pencakar langit terletak. Bangunan besar lainnya yang ditantang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya adalah jembatan besar; contohnya Jembatan Millau. 1. 2. SASTRASastra Perancis dapat dilacak kembali hingga Abad Pertengahan. Perancis tidaklah memiliki bahasa yang seragam tapi terbagi menjadi beberapa dialek (terutama: dialek ol utara, oc selatan). Setiap penulis menggunakan pengejaan dan kosakatanya sendiri. Karena karakter tak dikenal dalam banyak karya Perancis di Abad Pertengahan, beberapa penulis pertengahan menjadi terkenal: Chrtien de Troyes, contohnya. Budaya 'Oc' juga terkenal di Abad Pertengahan. Selama abad ke-17 karya Pierre Corneille, Jean Racine dan Molire, buku moral dan filosofi Blaise Pascal dan Ren Descartes mempengaruhi aristokrasi yang meninggalkan warisan penting bagi penulis di masa yang akan datang. Tapi pada abad ke-18 dan ke-19 literatur dan syair Perancis mencapai masa kejayaannya. Abad ke-18 adalah masa munculnya karya dari para penulis, pengesai dan pemoral terkenal seperti Voltaire, Denis Diderot dan Jean-Jacques Rousseau. Karena banyaknya literatur Perancis pada waktu itu, Charles Perrault adalah penulis yang paling kaya, dengan cerita seperti: "Puss in Boots", "Cinderella", "Sleeping Beauty" and "Bluebeard".Abad ke-19 adalah masa kemunculan banyak novel Perancis terkenal: Victor Hugo, Alexandre Dumas dan Jules Verne adalah yang terkenal dari para penulis, keduanya berada di dalam dan luar Perancis, dengan novel terkenal seperti The Three Musketeers, The Count of Monte-Cristo, Twenty Thousand Leagues Under the Sea, atau The Hunchback of Notre-Dame. Penyair simbolis pada abad ke-19 juga dibuktikan sebagai pergerakan kuat dalam dunia syair Perancis, dengan seniman seperti Charles Baudelaire, Paul Verlaine dan Stphane Mallarm.Pada abad ke-20 penulis seperti Louis-Ferdinand Cline, Albert Camus, dan Jean-Paul Sartre menjadi terkenal di dalam dan luar Perancis. Contoh lainnya dalam dunia literatur anak adalah Antoine de Saint Exupry, yang Little Prince-nya telah terkenal selama beberapa dekade bagi anak dan dewasa di seluruh dunia. 3. BAHASABahasa Perancis (le franais, la langue franaise) adalah salah satu bahasa paling penting dari kelompok bahasa Roman setelah bahasa Spanyol dan bahasa Portugis. Bahasa Perancis merupakan bahasa yang paling banyak dituturkan ke-11 di dunia. Hingga tahun 1999, bahasa ini dituturkan oleh lebih dari 77 juta penduduk di dunia sebagai bahasa ibu dan oleh 128 juta jiwa lainnya sebagai bahasa kedua. Bahasa Perancis juga dipakai sebagai bahasa resmi atau bahasa pemerintahan.Untuk menulis kata maupun kalimat dalam bahasa Perancis, digunakan huruf latin pada umumnya. Huruf-huruf dasar tersebut diperkaya dengan pengembangan huruf-huruf vokal yang beraksen Ditambah juga dengan modifikasi konsonan c, yaitu c cdille ( ).

Bahasa Perancis adalah bahasa Internasional yang di pakai oleh lebih dari 60 juta orang di seluruh dunia, terutama di negara Perancis, Belgia, beberapa negara di kawasan Afrika Barat, Haity, dan juga kawasan jajahan Perancis di Pasific. Bahasa Perancis adalah bahasa pengantar resmi yang di gunakan Masyarakat Uni Eropa juga bahasa pengantar resmi di PBB, bersanding dengan bahasa besar lainnya.

4.OLAHRAGAOlahraga terkenal di Perancis meliputi sepak bola, cikal bakal dari rugby dan di beberapa wilayah, basket dan bola tangan. Perancis telah menyelenggarakan pertandingan seperti Piala Dunia FIFA 1930 dan 1998, dan Piala Dunia Persatuan Rugby 2007. Stade de France di Paris adalah stadion terbesar di Perancis dan tempat diadakannya final Piala Dunia FIFA 1998, dan menyelenggarakan final Piala Dunia Rugby 2007 pada Oktober 2007. Perancis juga mengadakan Tour de France tahunan, balap sepeda jalan paling terkenal di dunia. Perancis juga terkenal karena balap pertahanan mobil sport 24 Jam Le Mans yang diadakan di departemen Sarthe. Beberapa turnamen tenis besar dilakukan di Perancis, termasuk Paris Masters dan French Open, satu dari empat turnamen Grand Slam.Perancis memiliki hubungan dekat dengan Olimpiade Modern; adalah aristokrat Perancis, Baron Pierre de Coubertin, yang menyarankan kebangkitan Olimpiade, di akhir abad ke-19. Setelah Athena mengadakan Olimpiade pertama, sesuai asal Olimpiade di Yunani, Paris mengadakan Olimpiade kedua tahun 1900. Paris juga tempat kantor pusat Komite Olimpiade Internasional pertama, sebelum dipindahkan ke Lausanne. Sejak Olimpiade 1900, Perancis telah menyelenggarakan Olimpiade sebanyak empat kali: Olimpiade Musim Panas 1924, di Paris dan tiga Olimpiade Musim Dingin (1924 di Chamonix, 1968 di Grenoble dan 1992 di Albertville).Tim sepak bola nasional dan tim persatuan rugby nasional diberi nama "Les Bleus" karena warna kaus tim juga bendera tiga warna Perancis. Tim sepak bolanya dianggap sebagai yang terbaik di dunia dengan satu kemenangan Piala Dunia FIFA tahun 1998, satu peringkat kedua Piala Dunia FIFA tahun 2006, dan dua European Championship dalam 1984 dan 2000. Kompetisi klub sepak bola nasional teratas adalah Ligue 1. Rugby juga sangat populer, di Paris dan baratdaya Perancis. Tim rugby nasional telah bertanding setiap Piala Dunia Rugby, dan ikut dalam Kejuaraan Enam Negara tahunan. Setelah turnamen domestik tim rugby Perancis telah memenangkan enam belas Kejuaraan Enam Negara, termasuk delapan grand slam; dan mencapai semi-final dan final Piala Dunia Rugby.5.TARIAN

TARI PARIDIS

TARI FLAMENCO

6.KULINERFoie GrasSalah satu hidangan dalam masakan Perancis yang paling terkenal. Foie Gras adalah hati angsa yang digemukkan. Angsa tersebut diberi makan jagung secara paksa agar hatinya gemuk. Lalu angsa dipotong, namun hatinya masih tetap dibiarkan di dalam tubuh sampai sebelum dimasak. Proses pembuatan foie gras memang kejam dan dilarang di beberapa negara seperti Uni Eropa, Turki, dan Israel. Biasanya disajikan untuk menemani hidangan lain seperti roti panggang atau steak

TrufflesAtau biasa disebut "permata hitam" merupakan jenis jamur paling terkenal dan paling mahal di Perancis. Jamur tersebut tumbuh di dalam tanah di akar pohon pinus dan hazelnut Dipanen saat musim salju oleh anjing pengendus dan babi yang dilatih khusus.CaviarTelur ikan sturgeon yang diasinkan. Caviar dijual ke seluruh dunia sebagai hidangan istimewa dan digunakan sebagai garnish atau taburan. Contohnya, disajikan sebagai hidangan pembuka. Laut Kaspia dianggap sebagai sumber caviar terbaik di duniaOystersKerang mutiara atau disebut juga tiram. Tiram tersebut diambil oleh penyelam dari dasar laut, lalu dipisahkan antara kerang yang mati dengan tiram yang dibutuhkan. Tiram bisa dimakan mentah, diasapi, dibakar, dipanggang, dijadikan acar, disemur, digoreng, dikalengi, diuapi, atau digunakan untuk bermacam-macam minuman. Penyajiannya cukup mudah, tinggal membuka cangkang dan ditambahkan mentega dan atau garam. Sebagian orang menganggap memakan tiram bisa meningkatkan gairah seksual.

EscargotDalam hidangan Perancis, escargot merupakan siput darat yang dimasak dan biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka. Penyajiannya, siput dikeluarkan dari cangkangnya, dimasak dengan garlic butter atau kaldu ayam, lalu dimasukkan kembali bersama mentega dan sausnya. Cara memakannya dengan menggunakan penjepit dan garpu khusus untuk mengambil dagingnya

Creme BruleeDalam bahasa Perancis berarti krim yang dibakar. Adalah hidangan penutup yang terdiri dari vla yang dilapisi dengan karamel keras, dibuat dari gula yang dibakar. Biasanya, vla diberi rasa vanilla, tapi bisa juga ditambahkan dengan rasa coklat, minuman keras, buah, dan sebagainya

PENUTUP

A) ANALISISPerancis menjadi negara maju di kawasan Eropa bukan disebabkan oleh keberuntungan berada di daerah Eropa yang bisa dibilang penguasa dunia. Terletak di daerah pegunungan membuat Perancis menjadi negara yang subur. Hal tersebut menguntungkan Perancis, dengan tanah yang subur, sektor pertanian dan peternakan menjadi maju, sehingga Perancis dapat menghasilkan berbagai produk hasil alam yang menjadi komoditas ekspor utama Perancis dan menyumbang 3% dari GNP negara ini.

Selain itu, berada di sekitar daerah perairan membuat Perancis kaya akan hasil laut. Selain itu walaupun negara Perancis hanya sekitar 3%nya air, namun dari 3% tersebut merupakan sungai-sungai besar di Eropa yang mampu membantu Perancis dalam mendistribusikan produk negara tersebut ke daerah maupun ke luar negeri.

Dengan memiliki berbagai budaya yang khas, Perancis mampu memanfaatkan kondisi budaya mereka sehingga mereka dapat meraup pendapatan dari sektor pariwisata. Arsitektur kelas atas dari bangunan di Perancis, seperti Menara Eifel, Museum Louvre dan gedung Palais Garnier menjadi primadona bagi wisatawan. Terbukti Perancis menjadi negara dengan wisatawan terbanyak di Eropa.

Selain itu, kondisi geografis negara Perancis yang berada disekitar pegunungan besar, seperti Jura dan Alpes, menjadi daya tarik bagi wisatawan berbagai dunia dan menambah pendapatan di sektor pariwisata, total Perancis mendapat US$ 387 juta hanya dari turis yang mengunjungi Mount Blanc.

Dari sistem pemerintahan yang mengedepankan sektor industri dan jasa (UU Perancis 1982) membuat majunya perekonomian negeri ini. Selain itu, dengan menjadi negara pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan anggota Francophonie, G8, NATO, dan Uni Latin, Perancis semakin dihormati dan diminati oleh negara-negara lain.

DAFTAR PUSTAKA

http://en.wikipedia.org/wiki/France

http://id.wikipedia.org/wiki/Perancis

http://en.wikipedia.org/wiki/Geography_of_France

http://www.worldmap.com/France

http://www.climate-web-on.com/France

http://www.nwoproduct.org/Europe/France/Fishing

http://www.nwoproduct.org/Europe/France/Forest

http://www.nwoproduct.org/Europe/France/Agricultural

http://www.gooutnow.com

http://www.touristdatastation.com

Page 12