makalah apotik hidup

31
1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang masalah Pembangunan nasional di bidang kesehatan adalah terciptanya kemampuan hidup sehat setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari pembangunan nasional. Untuk terwujudnya tujuan tersebut perlu peran serta masyarakat guna memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman obat-obatan. Karena tanaman ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat itu sendiri, selain untuk dikonsumsikan, juga dapat dijadikan obat tradisional bahkan dapat menambah penghasilan masyarakat dari hasil penjualan tanaman apotik hidup tersebut. Indonesia kaya akan sumber bahan obat alam dan obat tradisional yang telah digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia secara turun temurun. Keuntungan obat tradisional yang dirasakan oleh masyarakat adalah kemudahan untuk memperolehnya dan bahan bakunya dapat ditanam di pekarangan sendiri, murah dan dapat diramu sendiri di rumah. Hampir setiap orang Indonesia pernah menggunakan tumbuhan obat untuk mengobati penyakit atau kelainan yang timbul pada tubuh selama hidupnya, baik ketika masih bayi, kanak-kanak maupun setelah dewasa. Dan diakui serta dirasakan manfaat tumbuhan obat ini dalam penyembuhan penyakit yang diderita. Tumbuh-tumbuhan termasuk salah satu sumber senyawa bahan alam hayati yang memegang peranan penting dalam pemanfaatan zat kimia berkhasiat yang terdapat di alam. Hampir setiap daerah di Indonesia mengenal ramuan obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk pengobatan penyakit tertentu secara tradisional, baik

Upload: rekyan-shinta

Post on 24-Oct-2015

2.216 views

Category:

Documents


151 download

TRANSCRIPT

Page 1: makalah apotik hidup

1

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang masalah

Pembangunan nasional di bidang kesehatan adalah terciptanya kemampuan hidup sehat setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari pembangunan nasional. Untuk terwujudnya tujuan tersebut perlu peran serta masyarakat guna memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman obat-obatan. Karena tanaman ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat itu sendiri, selain untuk dikonsumsikan, juga dapat dijadikan obat tradisional bahkan dapat menambah penghasilan masyarakat dari hasil penjualan tanaman apotik hidup tersebut.

Indonesia kaya akan sumber bahan obat alam dan obat tradisional yang telah digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia secara turun temurun. Keuntungan obat tradisional yang dirasakan oleh masyarakat adalah kemudahan untuk memperolehnya dan bahan bakunya dapat ditanam di pekarangan sendiri, murah dan dapat diramu sendiri di rumah. Hampir setiap orang Indonesia pernah menggunakan tumbuhan obat untuk mengobati penyakit atau kelainan yang timbul pada tubuh selama hidupnya, baik ketika masih bayi, kanak-kanak maupun setelah dewasa. Dan diakui serta dirasakan manfaat tumbuhan obat ini dalam penyembuhan penyakit yang diderita.

Tumbuh-tumbuhan termasuk salah satu sumber senyawa bahan alam hayati yang memegang peranan penting dalam pemanfaatan zat kimia berkhasiat yang terdapat di alam. Hampir setiap daerah di Indonesia mengenal ramuan obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk pengobatan penyakit tertentu secara tradisional, baik yang telah dilakukan oleh nenek moyang kita maupun masyarakat pada masa sekarang ini sebagai apotik hidup.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahannya adalah jenis tanaman obat apa saja yang dapat kita manfaatkan untuk mengisi apotek hidup.

C. Tujuan

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut.

1. Mengetahui pendeskripsian tanaman obat.

2. Untuk mengetahui jenis tanaman obat apa saja yang dapat kita manfaatkan untuk mengisi apotek hidup.

Page 2: makalah apotik hidup

2

D. Manfaat Penelitian

Penelitian ini memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Dapat mengetahui apa saja jenis tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi apotek hidup.

2. Dapat menggerakkan Anda untuk memanfaatkan lahan yang ada di rumah.

3. Bagi penyusun, penelitian ini dapat dijadikan kajian awal untuk melakukan penelitian lanjutan.

Page 3: makalah apotik hidup

3

BAB II

LANDASAN TEORI

A. Ihwal Apotek Hidup

Pengertian apotek hidup adalah memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Umum diketahui, bahwa banyak obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Obat tradisional umumnya lebih aman karena bersifat alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat-obat buatan pabrik. Itulah sebabnya sebagian orang lebih senang mengkonsumsi obat-obat tradisional.

Bayangkan, bila di dalam pekarangan Anda tersedia tanaman obat yang dapat digunakan apabila salah satu anggota keluarga sedang sakit. Tentu hal menyenangkan. Anda tinggal mengambilnya kapan saja, bahkan malam hari sekalipun. Tidak perlu mengeluarkan uang dan terjamin kesegarannya karena langsung dipetik dari tanamannya.

Tanaman obat tidak kalah cantiknya dengan tanaman hias. Anda dapat pula menanamnya diantara tanaman hias atau bunga-bunga yang ada. Selain itu tanaman obat umumnya lebih kuat menghadapi berbagai penyakit tanaman karena memiliki kandungan zat alami untuk mengatasinya, sehingga Anda tidak perlu memberikan pestisida.

Maka, agar dapat membuat apotek hidup yang indah dan bermanfaat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, Anda perlu untuk menyerasikannya dengan tanaman dan elemen lainnya dalam taman, sehingga tidak merusak penataan taman. Anda juga perlu mengetahui manfaat dari masing-masing tanaman obat dan berapa pemakaian yang sesuai.

B. Manfaat Apotek Hidup

Apotek hidup di Indonesia belum banyak ada padahal Indonesia merupakan negara yang banyak terdapat tanaman obatnya namun masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Padahal apotek hidup itu banyak sekali manfaatnya dan kegunaannya. Berbagai manfaat dari apotek hidup yaitu:

1. Aman bagi kesehatan karena yang digunakan merupakan tanaman yang alami.

2. Lebih menghemat biaya hidup karena tanaman yang digunakan dapat dipakai untuk membuat obat atau digunakan berbagai produk sehari-hari dengan cara yang mudah.

3. Dapat dibuat menjadi obat herbal yang lebih bermanfaat dan lebih banyak khasiatnya.

4. Membuat orang yang memilikinya pintar dalam hal pemanfaatan tanaman terutama tanaman obat.

Page 4: makalah apotik hidup

4

5. Dengan memiliki apotek hidup, rumah menjadi asri, cantik, sehat.

6. Taman dapat memberikan efek psikologis bagi orang yang sedang sakit sehingga lebih cepat sembuh.

7. Merawat tanaman juga menjadi sarana Anda menggerakkan tubuh dan berolahraga. Hasilnya tubuh menjadi sehat dan cantik.

C. Pengelompokkan Apotek Hidup

Adapun pengelompokkan tanaman apotik hidup terbagi dalam lima kelompok yaitu:

a. Tanaman buah, yaitu tanaman penghasil buah dan biasanya dikonsumsi buahnya dan dimiliki khasiat sebagai obat.

b. Tanaman sayuran, yaitu bahan masakan, sumber vitamin dan mineral serta memiliki khasiat obat.

c. Tanaman rempah-rempah, yaitu tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur dan memiliki khasiat obat.

d. Tanaman hias, yaitu tanaman yang biasa digunakan sebagai unsur dekorafis didalam maupun diluar diluar ruangan namun memiliki khasiat obat.

e. Lain-lain, yaitu tanaman yang berkhasiat obat selain dari tanaman buah, tanaman sayuran, tanaman rempah-rempah dan tanaman hias.

Page 5: makalah apotik hidup

5

BAB III

HASIL PENELITIAN

A. Pendeskripsian Tanaman Obat

Keanekaragaman hayati yang ada di bumi ini tak hanya digunakan sebagai bahan pangan ataupun untuk dinikmati keindahanannya saja, tetapi juga bermanfaat sebagai bahan untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman yang ada, terutama yang tumbuh di Indonesia dikenal sebagai bahan yang ampuh untuk obat dan digunakan sebagai bahan baku industri obat di Indonesia selain juga sebagai obat-obatan tradisional. Sebenarnya, tanaman yang berguna sebagai obat dapat juga ditemui sehari-hari.

Tanaman seperti kunyit dan jahe dapat ditanam di pekarangan rumah dan berguna sebagai pengusir berbagai penyakit ringan sehari-hari seperti batuk, masuk angin dan panas dalam. Tak hanya itu, beberapa tanaman yang ada Indonesia terbukti ampuh mengatasi berbagai penyakit yang lebih berat. Beberapa bahkan dipercaya dapat mengatasi penyakit mematikan seperti AIDS, kanker dan sebagainya. Tanaman obat juga dapat dijadikan alternatif berobat yang lebih aman dan alami. Selain itu, tanaman obat juga baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit dan tubuh.

Tanaman obat dapat dikonsumsi dengan cara diolah terlebih dahulu. Beberapa tanaman obat dapat digunakan sehari-hari dan diolah dengan cara sederhana seperti direbus dan dicampur dengan air atau bahan-bahan lainnya, sedangkan tanaman yang lain diolah secara modern oleh pabrik atau industri rumah tangga dengan cara dikeringkan dan dikemas dalam kemasan yang praktis untuk dikonsumsi.

Walaupun telah banyak tanaman obat yang diproduksi secara modern, masyarakat yang mengkonsumsi harus tetap cermat dalam memilih produk tanaman obat. Cek kadaluarsa dan produk apakah masih dalam keadaan baik atau telah rusak. Perhatikan pula kode produksi apakah telah terdaftar di Badan POM. Alangkah lebih baik jika memilih produk yang kemasannya lebih baik dan tersegel dengan baik. Memang biasanya agak lebih mahal akan tetapi lebih baik karena aman untuk kesehatan anda.

B. Jenis Tanaman Obat Yang Dapat Mengisi Apotek Hidup

Pada masa awal, pengobatan di rumah dengan tanaman obat ditemukan dengan mencoba dan belajar dari kesalahan (trial and error). Saat ini, ekstrak dari beberapa tanaman obat telah digunakan untuk pengobatan jaman modern dan bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit serius.

Anda juga dapat memperoleh manfaat langsung dari tanaman obat yang ditanam di kebun atau taman dalam rumah Anda. Berikut tanaman-tanaman obat yang dapat mengisi apotek hidup Anda:

Page 6: makalah apotik hidup

6

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera sudah lama dikenal sebagai tanaman penyubur rambut. Manfaat lainnya adalah dapat meredakan batuk.

2. Sirih

Dikenal karena memiliki kandungan antiseptik yang baik. Anda juga dapat menggunakannya untuk meredakan batuk, Menghilangkan bau badan, Obat Luka Bakar, Obat Mimisan, Obat Jerawat, Obat Keputihan, dan masih banyak manfaat serta kegunaan daun sirih.

3. Lengkuas

Selain sebagai bumbu dapur, lengkuas dapat menyembuhkan panu pada kulit. Ada banyak sekali manfaat lengkuas yang bisa kita dapatkan, dan berikut adalah beberapa diantaranya :

Sebagai bahan pengobatan arthritis dan rheumatoid arthritis, Meneyembuhkan

bisul dan meredakan sakit perut, Kaya akan antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh, Memperlancar aliran darah, Meredakan diare, Menyembuhkan rematik, Menyembuhkan sakit limpa, Dapat menambah nafsu makan kita,

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi lengkuas. Ternyata banyak juga manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi lengkuas. Lengkuas bisa dikonsumsi secara langsung maupun dicampur sebagai bahan penyedap masakan.

Page 7: makalah apotik hidup

7

4. Temulawak

Manfaat Temulawak banyak sekali bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Karena Temulawak mengandung beberapa unsur yang bisa untuk mengobati beberapa penyakit. Bagi Anda yang suka pada pengobatan alami / tradisonal memilih temulawak sebagai obat Alami adalah pilihan yang terbaik.

Berikut ini diantara beberapa manfaat Temulawak.

Pelihara fungsi hati Menambah nafsu makan Perbaiki fungsi pencernaan Mengurangi radang sendi Menurunkan lemak darah Antioksidan dan membantu pemeliharaan kesehatan Mengobati jerawat Untuk mengontrol Kolesterol Menyembuhkan Penyakit Hepatitis B.

5. Jinten

Jinten hitam atau orang orang juga ada yang menyebutnya Habbadus-sauda adalah bumbu yang paling populer kedua di dunia  dan umumnya digunakan di Meksiko, India, Timur Tengah, dan masakan Afrika Utara.

1. Jintan hitam Bermanfaat sebagai obat penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah, sistem pernapasan dan sistem kekebalan tubuh, Gangguan usus, Gangguan pada ginjal dan bahkan liver.

2. Benih Jinten Hitam telah terbukti mampu mengatasi penyakit asma, bronkitis, rematik dan gejala dingin.

3. Jinten hitam juga memberikan manfaat untuk  kesehatan seperti meningkatkan gairah  tubuh, merangsang menstruasi, meningkatkan produksi susu pada ibu menyusui dan meningkatkan aliran ASI.

4. Minyak biji Jintan hitam mampu  menenangkan sistem saraf, membantu memperlancar dalam proses pencernaan.

5. Jintan hitam menstimulasi energi tubuh dan membantu dalam pemulihan dari kelelahan dan Dan mengembalikan gairah yang hilang.

6. Jinten hitam mampu  mengobati beberapa penyakit atau gangguan kulit seperti alergi, eksim, psoriasis jerawat, dan bisul.

7. Minyak jintan hitam mendorong produksi sumsum tulang dan sel-sel  untuk sistem kekebalan tubuh, meningkatkan produksi interferon, melindungi sel-sel normal dari dari gangguan virus, dan mampu membunuh sel sel tumor.

8. Biji jintan hitam juga bermanfaat sebagai obat  perut kembung, diare, wasir, sembelit dan disentri.

9. Satu sendok teh minyak biji jintan hitam, dicampur dengan madu dan dikonsumsi secara teratur bersamaan dengan waktu sarapan, makan siang dan

Page 8: makalah apotik hidup

8

makan malam, akan membuat tubuh kita kebal dari  berbagai serangan penyakit.

6. Jahe

Jahe adalah tanaman rempah dan obat yang sudah lama dikenal oleh orang-orang. Pemanfaatannya tidak sebatas hanya pada bumbu makanan atau obat tradisional tertentu, jahe adalah salah satu jenis rempah yang banyak diperdagangkan sebagai bahan industri obat-obatan,

kosmetik, minuman, makanan ringan dan tentu saja menjadi salah satu kebutuhan dapur.

Menurut data dari Bagian Riset dan Pengembangan PT Siodmuncul, jahe mengandung satu sampai empat persen minya atsiri dan oleoresin. Komposisi minyak yang terkandung bervariari tergantung kondisi geografi dimana jahe ditanam. Kandungan/ekstrak yang kaya menbuat jahe menjadi alternatif untuk peluruh dahak atau obat batuk, peluruh keringat, peluruh angin perut, diare, dan pencegah mual.

7. Bawang Merah

Bawang merah kerap kali dijadikan bumbu dalam masakan. Bawang merah bisa digunakan dengan cara digoreng ataupun saat masih mentah. Dan ternyata, bawang merah yang di santap secara mentah justru memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Meski memiliki bau yang menyengat, bawang merah ini memiliki manfaat yang luar biasa. Manfaat

tersebut diantaranya adalah seperti berikut ini.

Berikut manfaat mengkonsumsi bawang merah mentah, seperti dilansir dari Boldsky.

1. Menyembuhkan sembelit

2. Masalah pendarahan

3. Mengontrol diabetes

4. Melindungi jantung

5. Mengontrol kadar kolesterol

6. Mencegah kanker

8. Mahkota dewa

Page 9: makalah apotik hidup

9

Tanaman yang telah terkenal sebagai tanaman obat. Dapat menyembuhkan penyakit darah tinggi. Manfaat buah mahkota dewa juga tak hanya dirasakan dalam tinjauan pengobatan tradisional, tapi sudah diuji klinis di laboratorium dengan berbagai penelitian ilmiah secara ketat. Berikut hasil penelitiannya:

Mahkota dewa terbukti secara ilmiah dapat menghambat laju pertumbuhan sel kanker sampai 50%. Penelitiannya dilakukan dengan menguji nilai hambat pertumbuhan sel leukemia L210 oleh ekstrak mahkota dewa.

Hasil uji terhadap aktifitas antioksidan tanaman mahkota dewa menunjukkan bahwa kulit biji dan buah memiliki aktifitas antioksidan yang sangat potensial.

Pengujian terhadap anti alergi/antihistamin menunjukkan bahwa setiap esktrak mahkota dewa memiliki efek antihistamin.

Uji khasiat mahkota dewa untuk menurunkan panas (anti piretik), menurunkan kadar asam urat, mengurangi rasa sakit (analgesik), dan berbagai penyakit lainnya.

9. Kumis kucing

Khasiat kumis kucing, mungkin ini bukanlah hal yang baru bagi kita yang sudah biasa mengkonsi tanaman herbal, namun bagi sebagian orang yang biasanya mengkonsumsi obat-obatan biotic tentu ini adalah hal yang baru, kumis kucing (Orthosiphon aristatus) yang biasanya dijadikan sebagai tanaman hias ternyata juga memiliki khasiat yang

bagus untuk kesehatan, karena kumis kucing diyakini mampu mengobati berbagai macam penyakit

Dapat digunakan untuk meredakan sakit pinggang.

Untuk memperlancar pengeluaran air kemih

Mengobati batu ginjal

10. Sambiloto

Manfaat duan sambiloto dapat mengatasi hepatitis, infeksi saluran empedu,disentri basiler, tifoid, diare, influenza, radang amandel (tonsilitis), abses paru, radang paru (pneumonia), radang saluran napas (bronkhitis), radang ginjal akut (pielonefritis akut),

radang telinga tengah (OMA), radang usus buntu, sakit gigi,demam, malaria,kencing nanah (gonore), kencing manis (DM), TB paru, skrofuloderma,

Page 10: makalah apotik hidup

10

batuk rej an (pertusis), sesak napas (asma), darah tinggi (hipertensi), kusta (morbus hansen = lepra), leptospirosis, keracunan jamur, singkong, tempe bongkrek, makanan laut, kanker: penyakit trofoblas seperti kehamilan anggur (mola hidatidosa) dan penyakit trofoblas ganas (tumor trofoblas), serta tumor paru.Rasanya yang pahit dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Anda dapat menggunakan daunnya untuk menyembuhkan penyakit tifus dan penurun panas.

11. Mengkudu (pace)

Mengkudu atau Morinda Citrifolia merupakan salah satu buah yang berasal dari Indonesia. Buah mengkudu memiliki rasa dan bau yang kurang enak, namun manfaat dari buah mengkudu lebih besar pengaruhnya dan karena itulah kebanyakan dari orang

yang mengkonsumsinya diolah menjadi sebuah jus segar dan nikmat.

Manfaat Mengkudu :

1. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita karena kaya akan anitoksidan alami.

2. Membantu mencegah akan menyebarnya sel – sel kanker.3. Mampu mencegah tumor.4. Membantu mengobati sakit perut, batuk dan juga demam.5. Sebagai obat pereda rasa nyeri.6. Merupakan salah satu zat anti bakteri.7. Membantu menormalkan tekanan darah.8. Sebagai zat anti peradangan dan anti alergi.9. Membantu mengatur fungsi sel – sel dalam tubuh.10. Membantu regenerasi sel – sel jaringan tubuh yang rusak.

12. Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah buah berwarna hijau kecil tapi mempunyai banyak khasiatnya sobat Aan semua, coba teman-teman baca tips Manfaat & Khasiat Jeruk Nipis Lengkap. Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis mengandung minyak terbang

limonene dan linalool, juga ada flavonoid, poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Dan jika buahnya masak jeruk nipis memiliki kandungan methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

Page 11: makalah apotik hidup

11

Berikut beberapa manfaat dari jeruk nipis.

Ambeien Amandel Anyang-anyangan Batuk Batuk disertai Influenza Bau Badan

Batu Ginjal Difteri Demam atau Flu Sehabis Melahirkan Jerawat

13. Begonia

Seluruh bagian tanaman begonia mengandung saponin, flavonoida dan polifenol. berkhasiat sebagai obat demam.

1. Obat turun panas; seluruh bagian tanaman begonia dalam keadaan segar sebanyak 30 gram, dicuci, direbus dengan 200 ml air sampai mendidih dan air rebusan tinggal setengahnya, saring dan setelah dingin diminum sekaligus, dilakukan sehari 2-3 kali.

2. Obat sakit haid: seluruh bagian tanaman begonia segar sebanyak 50 gram, dicuci direbus dengan 400 ml air sampai mendidih sclama 15 menit, disaring, setelah dingin diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

14. Puring

Juga merupakan tanaman hias yang umum ditanam di taman karena daunnya yang berwarna-warni. Dapat dimanfaatkan daunnya yang berwarna kuning hijau untuk menghangatkan perut.

Obat sipilis.

Batang puring seutuhnya dicuci bersih lalu diremus dengan 5 gelas air sampai tersisa setengahnya. Tambahkan gula secukupnya. Setelah dingin disaring lalu dibagi untuk 3x minum.

Sakit perut pada anak.

Daun puring yang berwarna kuningn dan masih segar dilumatkan, tambahkan sedikit air bersih jadi seperti bubur. Balurkan pada perut anak.

Page 12: makalah apotik hidup

12

15. Melati

Bunga indah yang keharumannya sering dimanfaatkan sebagai bahan baku parfum, ternyata termasuk tanaman obat. Khasiat daunnya dapat menyembuhkan sesak nafas dan sakit kepala. Bunganya dapat digunakan untuk mengatasi radang mata.

Cobalah untuk merendam bunga melati dalam air dingin selama beberapa waktu dan kompres bunga tersebut pada kelopak mata Anda sebelum tidur, hal ini beguna untuk meredakan tekanan pada saraf Anda, sehingga anda dapat tidur lebih nyeyak.

Rendam bunga melati dalam minyak kelapa selama sehari kemudian saring. Minyak tersebut dapat membantu untuk menghilangkan sakit kepala dan mengurangi masalah mata.

Untuk melawan rasa sakit pada pelipis, Anda dapat membuat pasta dari bunga melati dan menerapkannya pada pelipis.

Bila hidung Anda tersumbat, cobalah untuk mencium wangi melati. Luka dan luka antara jari kaki dapat disembuhkan dengan cepat dengan

mengoleskan pasta bunga melati. Untuk mencegah terbentuknya benjolan di payudara yang muncul setelah

berhenti menyusui anak Anda, oleskan pasta bunga melati pada payudara Anda.

Permen karet dengan rasa melati dapat membantu untuk mengurangi tukak mulut dan sakit gigi.

Rebus air dengan beberapa bunga melati di dalamnya. Gunakan air tersebut untuk mandi dan dapatkan efek relaksasi.

Untuk mengobati mata merah/konjungtivitis, anda dapat menggunakan daun dari bunga melati. Caranya, cuci daun melati hingga bersih lalu keringkan hingga kering, dan giling hingga halus, oleskan pasta ini pada mata Anda.

Kulit terbakar dan ruam dapat diobati secara efektif dengan lotion yang terbuat dari bunga melati

16. Daun Salam

Daun salam atau bahasa latinya Syzygium polyanthum merupakan salah satu jenis jenis tanaman yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap dalam masakan, namun demikian ternyata daun salam juga memiliki khasiat yang bagus terutama untuk kesehatan, karena diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit, dalam proses pengobat mengunakan daun salam ini lebih aman, karena kita hanya mengunakan daun alami,

Page 13: makalah apotik hidup

13

yang aman dari zat-zat kimia berbahaya. Dan berikut ini diantara khasiat daun salam untuk mengobati penyakit adalah sebagai berikut :

Khasiat daun salam untuk gatal-gatal Khasiat daun salam untuk sakit Diare Khasiat daun salam untuk Menurunkan kadar kolesterol tinggi Khasiat daun salam untuk sakit Kencing manis Khasiat daun salam untuk sakit Maag

17. Jambu Biji

Jambu biji juga memiliki khasiat. Daunnya dapat digunakan untuk mengatasi penyakit buang air atau diare. Fungsi daunnya mampu membuat keras feses sehingga mengurangi buang air besar. Jus buahnya juga baik untuk kesehatan

karena mengandung banyak vitamin C serta baik untuk penderita demam seperti DBD.

Kandungan vitamin C pada jambu biji, 2 kali lebih banyak di bandingkan dengan vitamin C pada jeruk manis. Jambu biji berukuran sedang mengandung empat kali lebih banyak vitamin C dan betakroten dibandingkan dengan satu buah jeruk. Kandungan vitamin C terbanyak ketika jambu biji akan matang, yaitu terdapat pada kulit dan daging buah dari jambu biji ini. Manfaat Jambu Biji

Menurunkan berat badan Kulit bebas jerawat Menurunkan kolesterol Mengobati diare Mengusir Flu Menurunkan gula darah Mencegah sembelit Meningkatkan asupan antioksidan

18. Kencur

Tanaman Kencur sebagai obat sudah tidak asing lagi, karena manfaat kencur sudah dikenal sejak dahulu secara turun-temurun digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Diantara penyakit yang biasanya oleh sebagian masyarakat diobati dengan kencur adalah sebagai berikut :

Influenza pada Bayi Sakit Kepala

Page 14: makalah apotik hidup

14

Keseleo Menghilangkan lelah Radang Lambung Batuk Memperlancar Radang Anak Telinga Menghilangkan Darah Kotor Mata Pegal Diare Masuk Angin

19. Kunyit

Siapa tidak tau kunyit? Kunyit sangat mudah kita temukan, karena kunyit biasanya dijadikan rempah rempah atau campuran bumbu dapur. Namun selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Sejak 2500 tahun lalu, orang orang india telah memanfaatkan kunyit, awal mulanya kunyit hanya diketahui sebagai bahan pewarna. Namun lambat laun diketahui bahwa kunyit mamiliki manfaat terhadap kesehatan. Inilah 20 manfaat kunyit untuk kesehatan kita.

Kunyit sebagai agen antiseptik dan antibakteri alami, berguna sebagai desinfektan luka biasa mau pun luka bakar.

Jika dikombinasikan dengan kembang kol, Kunyit telah terbukti mencegah kanker prostat dan menghentikan pertumbuhan kanker prostat yang ada.

Mencegah kanker payudara dari menyebar ke paru-paru pada tikus. Kunyit mampu mencegah kanker kulit melanoma dan menyebabkan sel

melanoma mati dengan sendirinya. Kunyit bermanfaat Mengurangi risiko leukimia. Kunyit bermanfaat sebagai pengeluar racun secara alami dari hati. Kunyit mampu mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit

Alzheimer dengan menghilangkan penumpukan plak di otak amyloyd. Kunyit mampu mencegah metastasis dari terjadinya berbagai bentuk kanker. Kunyit bermanfaat sebagai obat anti-inflamasi tetapi tanpa efek samping. Dapat memperlambat perkembangan multiple sclerosis. Kunyit bermanfaat sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Dapat membantu dalam metabolisme lemak dan membantu dalam

manajemen berat badan. Telah lama digunakan dalam pengobatan Cina sebagai pengobatan untuk

depresi. Kunyit dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk arthritis dan

rheumatoid arthritis. Kunyit Mampu mengurangi efek samping pengobatan kemoterapi. Kunyit bermanfaat dalam pengobatan kanker pankreas. Namun hal ini masih

dalam tahap penelitian.

Page 15: makalah apotik hidup

15

Studi sedang berlangsung dalam efek positif dari kunyit pada multiple myeloma.

Penelitian menunjukan bahwa kunyit mampu menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor.

Kunyit dapat mempercepat penyembuhan luka dan membantu dalam remodelling kulit rusak.

20. Jeruk Bali

Sebutan di indonesia adalah jeruk bali, konon buah ini berasal dari negeri cina yang mana disebutkan dalam buku cina kuno. Buah yang sangat banyak kandungan kebaikan dalam kesehatan tubuh kita ternyata tidak hanya buahnya saja, melainkan bunga dan kayunya juga bisa dimanfaatkan. Di Vietnam, bunganya yang harum digunakan untuk membuat parfum, dan kayunya juga sering dimanfaatkan untuk gagang perkakas alat dapur.

Untuk manfaat buahnya antara lain :

1. Kesehatan Jantung & Anemia : Pektin yang mampu menurunkan kolesterol, likopen sebagai antioksidan & zat aktif fungsinya dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan hematokrit.

2. Luka Lambung : Mengandung anti bakteri & antioksidan. Walaupun jus pomelo yang memiliki rasa asam, dan jus sebenarnya memiliki reaksi alkaline setelah pencernaan. Oleh karena itu bermanfaat dalam sistem pencernaan. Menurut Dr. Thomas Brzozowski, ketua penelitian, menyarankan agar para penderita tukak lambung memasukkan jeruk ke dalam diet mereka meski secara alamiah mengandung asam.

3. Kesehatan Gusi : kadar vitamin C, Hal ini diungkapkan Peneliti di Universitas Friedrich Schiller, Jerman, yang menemukan kaitan kesehatan gusi pada mereka yang banyak mengonsumsi jeruk bali.

4. Mencegah Kanker : kandungan likopen berperan sebagai antioksidan, kalium yang dapat menyahatkan prostat, bioflavonoid yang dapat menghentikan penyebaran sel-sel kanker payudara. 

Bagi perokok dianjurkan untuk mengosumsi jeruk bali dua helai dalam buah setiap hari, akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara.

Kandungan Gizi jeruk bali per 100 g :

Vitamin C: 44,8 mg  Vitamin B1: 0,03 mg  Vitamin B2: 0,03 mg 

Page 16: makalah apotik hidup

16

Beta karotin 200 ug  Kalsium 14,0 mg  Besi 0,6 mg  Protein 0,7 g  Lemak 0,3 g  Carbohydrate 10,4 g  Energi: 44,0 Kcal  Air: 88,0 g

BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari hasil penelitian yang kami lakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa jenis-jenis tumbuhan yang dapat mengisi apotek hidup dapat kita temukan dengan mudah disekitar kita, seperti kunyit, jambu biji, jahe, dll.

B. Saran

Dari hasil penelitian, peneliti menyarankan sebaiknya, bagi anda yang memiliki pekarangan luas yang kosong, isilah pekarangan anda dengan tanaman-tanaman apotek hidup. Karena anda dapat merasakan khasiat dari tanaman-tanaman itu dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga.

Demikianlah makalah yang telah kami buat. Meskipun dikerjakan dengan semaksimal mungkin, tentunya makalah ini masih memiliki kelemahan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga makalah ini dapat memberikan kemudahan dalam melaksanakan proses belajar tentang tanaman yang dapat mengisi apotek hidup.

Page 17: makalah apotik hidup

17

DAFTAR PUSTAKA

http://berita-terhangat.blogspot.com/2012/11/khasiat-dan-manfaat-lidah-buaya.html

http://boyvirgojogja.blogspot.com/2012/10/makalah-apotik-hidup.html

http://forum.kompas.com/kesehatan/143511-khasiat-dan-manfaat-daun-sirih.html

http://makanansehat123.blogspot.com/2012/10/8-manfaat-lengkuas-bagi-kesehatan.html.

http://www.syafir.com/2011/10/30/5-manfaat-jinten-hitam-untuk-kesehatan

http://www.seputarwanitasehat.com/2012/12/manfaat-temulawak-untuk-hidup-lebih.html

http://www.makanansehat.web.id/2012/10/manfaat.jahe.untuk.kesehatan.kecantikan.ramuan.html

www.langitberita.com › Lifestyle

http://mahkotadewa.net/kesehatan/mahkota_dewa.html

http://khasiatdaunalami.blogspot.com/2012/09/khasiat-kumis-kucing.html

http://www.kucoba.com/2011/11/11-khasiat-daun-sambiloto-untuk.html

http://makanansehat123.blogspot.com/2012/10/10-manfaat-mengkudu-bagi-kesehatan.html

http://aan20.blogspot.com/2012/11/manfaat-khasiat-jeruk-nipis-lengkap.html

http://sabdadadi.blogspot.com/2012/06/manfaat-tanaman-puring-codiaeum.html

http://factsandhealth.blogspot.com/2012/03/10-manfaat-kesehatan-dari-bunga-melati.html

http://khasiatdaunalami.blogspot.com/2012/09/khasiat-daun-salam.html

http://forum.kompas.com/kesehatan/94572-8-manfaat-jambu-biji-yang-harus-anda-ketahui.html

http://www.tokoherbalmurah.com/blog/manfaat-kencur

http://infoblog-sehat.blogspot.com/2012/04/20-khasiat-kunyit-bagi-kesehatan-dan.html

http://medizton.wordpress.com/2011/09/22/tanaman-apotik-hidup/

Page 18: makalah apotik hidup

18

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas izin

dan kehendak-Nya lah makalah sederhana ini dapat kami selesaikan. Dan tak lupa

kami juga ucapkan terima kasih kepada :

1. Bpk. Drs. Seiyono, M.pd

2. Bpk. Heri Eko Prasetyo, S.pd

3. Ibu Sedah Handarum P. S.pd

yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan makalah ini.

Penulisan dan pembuatan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas bidang

sekolah. Adapun yang kami bahas dalam makalah sederhana ini mengenai tanaman

obat yang dapat mengisi apotek hidup.

Kami menyadari dalam penulisan laporan berupa makalah ini masih jauh dari

sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat di

butuhkan, agar diwaktu mendatang kami dapat membuat laporan dengan lebih baik

lagi. Akhir kata kami ucapkan terima kasih.

Ngawi, .... Januari 2012

Penyusun

ii

Page 19: makalah apotik hidup

19

DAFTAR ISI

Halaman Judul........................................................................................................... iKata Pengantar.......................................................................................................... iiDaftar Isi................................................................................................................... iii

BAB I : PENDAHULUANA. Latar Belakang masalah....................................................................... 1B. Rumusan Masalah................................................................................ 1C. Tujuan................................................................................................... 1D. Manfaat Penelitian................................................................................ 2

BAB II : LANDASAN TEORIA. Ihwal Apotek Hidup............................................................................. 3B. Manfaat Apotek Hidup......................................................................... 3C. Pengelompokkan Apotek Hidup........................................................... 4

BAB III : HASIL PENELITIANA. Pendeskripsian Tanaman Obat............................................................. 5B. Jenis Tanaman Obat Yang Dapat Mengisi Apotek Hidup................... 5

1. Lidah Buaya.................................................................................. 62. Sirih............................................................................................... 63. Lengkuas....................................................................................... 64. Temulawak.................................................................................... 75. Jinten............................................................................................. 76. Jahe................................................................................................ 87. Bawang Merah.............................................................................. 88. Mahkota Dewa.............................................................................. 99. Kumis Kucing................................................................................ 9

10. Sambiloto....................................................................................... 911. Mengkudu (pace).......................................................................... 1012. Jeruk Nipis..................................................................................... 1013. Begonia.......................................................................................... 1114. Puring............................................................................................. 1115. Melati............................................................................................ 1216. Daun salam.................................................................................... 1217. Jambu Biji..................................................................................... 1318. Kencur.......................................................................................... 13

iii

Page 20: makalah apotik hidup

20

19. Kunyit........................................................................................... 1420. Jeruk Bali...................................................................................... 16

BAB IV : PENUTUPA. Kesimpulan........................................................................................... 16B. Saran..................................................................................................... 16

Daftar pustaka........................................................................................................... 17

Page 21: makalah apotik hidup

21

NAMA KELOMPOK

Dias Anggar. N (10)Itak Purnamasari (19)

i