referensi apotek hidup daftar tanaman herbal apotek hidup

Download referensi apotek hidup Daftar tanaman herbal apotek hidup

Post on 23-Jan-2018

193 views

Category:

Healthcare

9 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. Daftar Tanaman Herbal Apotek Hidup Desa Olong Pinang Disusun Oleh: Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian STIPER Muhammadiyah Tanah Grogotangkatan XIII Bekerjasama Dengan PKK Olong Pinang 2016
  2. 2. 1 KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkat dan rahmatNya buku apotek hidup ini bisa kami selesaikan. Buku ini merupakan panduan dan petunjuk bagi masyarakat Olong Pinang yang ingin mendapatkan informasi tentang kasiat TOGA(Tanaman Obat Rumah Tangga) yang kami buat sendiri di samping Kantor Desa Olong Pinang.Buku ini disusun dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat. Dalam penyusunan buku ini banyak kekurangan dan kendala yang kami hadapi, terutama dalam mengumpulkan informasi mengenai kasiat tanaman. Namun berkat bantuan masyarakat dan teman-teman akhirnya buku ini bisa kamim selesaikan. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Desa Olong Pinang Bapak NASRI yang telah memberikan dukungan moril dan material sehingga Apotek Hidup bisa kami bangun. Tidak lupa kami juga berterima kasih kepada saudari ASIAH yang cantik dan baik hati yang telah meminjamkan Laptopnya untuk penyusunan buku ini. Kepada teman-teman satu posko semoga sukses kedepan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kami dan juga para pembaca sekalian. Olong Pinang ,18 September 2016 KKN STIPER MUHAMMADIYAH ANGKATAN XIII TAHUN 2016
  3. 3. 2 Daftar Isi Kata Pengantar...........................................................................1 Daftar isi......................................................................................2 1. Sirih...................................................................................3 2. Sereh..................................................................................4 3. SosorBebek.......................................................................5 4. Tembelekan.......................................................................6 5. Temulawak........................................................................7 6. Tomat ................................................................................8 7. Nanas Kerang....................................................................9 8. Putri Malu........................................................................10 9. Pandan Wangi..................................................................11 10.Lidah Buaya.....................................................................12 11.Lengkuas..........................................................................13 12.Lada..................................................................................14 13.Kunyit...............................................................................15 14.Jahe merah.......................................................................16 15.Kemangi............................................................................17 16.Yodium.............................................................................19 17.Murbei .............................................................................20 18.Sirih Merah......................................................................23 19.Kunyit Putih.....................................................................28 20.Kencur..............................................................................31
  4. 4. 3 1. Sirih (Piperbetle) Sirih merupakan tumbuhan perambat yang hidup bersender pada batang tanaman lain. Tanaman sirih panjangnya bisa mencapai puluhan meter. Daunnya licin, berwarna hijau, dan berbentuk menyerupai jantung. Batangnya berwarna hijau agak kecoklatan dengan permukaan kulit yang kasar dan berkerut-kerut. Daun sirih biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional dan masih sering dipake nginang oleh ibu-ibu generasi tua. Daun sirih bisa dimanfaatkan untuk mengurangi produk ASI yang berlebihan, keputihan, sakit jantung, sifilis, alergi, diare, batuk, sakit gigi berlubang, dan sakit mata.
  5. 5. 4 2. Sereh(Cymbopogonnardus) Tanaman sereh bisa tumbuh di daerah tropis pada ketinggian 50-2.700 meter di atas permukaan laut. Sereh banyak ditanam di persawahan dan pekarangan rumah. Sereh bisa diperbanyak dengan menggunakan potongan rimpang. Akar sereh bisa digunakan sebagai penghangat badan, peluruh air seni, bahan untuk kumur, peluruh keringat dan peluruh dahak. Daun sereh bisa digunakan sebagai obat Pereda kejang, peluruh angina perut, penurun panas, penambah nafsu makan dan pengobatan pasca persalinan.
  6. 6. 5 3. Sosor Bebek (Kalanchoe pinnata) Tanaman sosor bebek berasal dari Madagaskar dan tumbuh di daerah tropis. Sosor bebek bisa ditemui tumbuh liar di pinggir jalan, tepi jurang atau ditanam di pekarangan rumah. Tanaman ini bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 1 meter dan panjang daunnya 5-20 cm dengan lebar 2,5-15 cm. Sosor bebek bisa digunakan untuk mengobati sakit panas, melancarkan air seni, batuk dan sakit kepala.
  7. 7. 6 4. Tembelekan (Lantana camara) Tembelekan merupakan tanaman perambat yang bisa tumbuh sampai dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman pagar karena bisa tumbuh setinggi dua meter. Daun, bunga, dan akar dari tembelekan bisa dimanfaatkan sebagai obat. Akarnya berkhasiat untuk mengatasi penyakit TBC kelenjar, keputihan dan influenza. Daunnya berkhasiat untuk obat sakit kulit, memar, bisul, rheumatik, bengkak, panas tinggi dan gatal-gatal. Bunganya berkhasiat untuk mengobati asthmatik dan TBC dengan batuk darah.
  8. 8. 7 5. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) Temulawak bisa ditemukan di hutan daerah tropis atau perkebunan warga. Temulawak bisa tumbuh baik mulai dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Batang tanaman temulawak bisa mencapai 2 meter, daunnya lebar dan panjang. Rimpang temulawak sudah terkenal dan biasa digunakan sebagai ramuan obat. Rimpang temulawak mengandung kurkumin yang bermanfaat sebagai acnevulgaris, anti inflamasi dan anti anti hepototoksik. Khasiat temulawak yaitu untuk mengobati sakit limpa, sakit kepala, sakit ginjal, asma, sakit pinggang, masuk angin, sariawan, penambah nafsu makan, sembelit dan cacar air.
  9. 9. 8 6. Tomat (Solanum lycopersicum L.) Tanaman tomat berasal dari daerah Amerika tropis, ditanam sebagai tanaman buah di perkebunan atau pekarangan rumah. Tomat bisa tumbuh optimal di tanah yang gembur dan subur, tomat tidak tahan terhadap sinar matahari terik. Buah tomat bisa dimakan langsung, dibuat sambal goreng, dibuat acar tomat, saus tomat atau dibuat jus. Tomat yang masih kecil biasa digunakan sebagai sayuran, tomat yang berukuran sebesar kelerang biasa digunakan sebagai campuran untuk membuat sambal. Bagian dari tomat yang bisa digunakan sebagai obat yaitu buahnya, sedangkan daunnya digunakan sebagai obat luar. Khasiat tomat diantaranya untuk menambah nafsu makan, melancarkan aliran empedu ke usus, merangsang keluarnya enzim lambung dan menghilangkan haus.
  10. 10. 9 7. Nanas Kerang (Rhoeo discolor) Tanaman nanas kerang berasal dari Meksiko dan Hindia Barat dan termasuk kelompok suku gawar-gawaran. Nanas kerang bisa tumbuh dengan subur di tanah yang lembab, bisa juga ditanam sebagai tanaman hias. Bunganya berwarna putih berbentuk seperti bunga kerang. Daunnya lebar dan panjang, berwarna hijau di permukaan bagian atas dan berwarna merah tengguli di permukaan bagian bawah. Tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit berak darah, mimisan, bronchitis, disentri, TBC kelenjar dan batuk.
  11. 11. 10 8. Putri Malu (Mimosa pudica) Tanaman putri malu banyak tumbuh liar di pinggir jalan dan tanah lapang. Daunnya akan menutup jika disentuh. Batangnya bulat, berduri dan berbulu. Putri malu memiliki bunga yang berbentuk bulat seperti bola, warnanya merah muda dan bertangkai. Daun dan akar tanaman putri malu, baik yang segar atau yang dikeringkan bisa digunakan sebagai obat tradisional. Khasiat dari putri malu diantaranya untuk mengobati rheumatic, susah tidur, cacingan, radang saluran nafas, herpes, dan panas tinggi pada anak-anak.
  12. 12. 11 9. Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius) Pandan wangi tumbuh di daerah tropis di tempat yang agak lembab dari daerah pantai sampai daerah dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Tingginya mencapai 1-2 meter, panjang daun 40-80 cm dan lebar daun 3-5 cm. Daun pandan wangi baunya harum, biasa digunakan sebagai bahan rempah- rempah, bahan baku pembuatan minyak wangi dan penyedap rasa pada masakan. Daun pandan wangi mengandung senyawa alkaloida, polifenol, saponin, tannin, flavonoida dan zat warna. Daun pandan berkhasiat untuk mengatasi ketombe, lemah saraf, rambut rontok, tidak nafsu makan, menghitamkan rambut, rematik, pegal linu, dan sakit disertai gelisah.
  13. 13. 12 10. Lidah Buaya (Aloe vera) Lidah buaya banyak tumbuh di kawasan Afrika bagian utara dan Hindia Barat. Lidah buaya banyak ditanam didalam pot di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Daun lidah buaya berbentuk taji yang tebal dan agak runcing. Panjangnya sekitar 15-36 cm dengan lebar 2-6 cm. Batang dari lidah buaya tidak terlihat karena tertutup oleh daun yang rapat dan sebagian terbenam di dalam tanah. Tanaman lidah buaya tahan terhadap panas dan bisa ditanam di tempat yang berhawa panas karena di dalam daunnya tersimpan banyak cadangan air. Lidah buaya mengandung senyawa kimia yaitu aloin, aloesin, barbaloin, aloenin, isobarbaloin dan aloe-emodin. Daun, bunga dan akar lidah buaya yang segar bisa digunakan untuk penyubur rambut, sakit kepala atau pusing, peluruh haid, sembelit, kencing manis, kejang pada anak dan muntah darah.
  14. 14. 13 11. Lengkuas (Alpina galanga) Lengkuas bisa ditanam di daerah dengan ketinggian 1-1.200 meter di atas permukaan laut. Orang Sunda biasa menyebutnya dengan nama laja. Kita mengenal 2 jenis lengkuas, yaitu lengkuas merah dan lengkuas putih. Lengkuas putih biasa digunakan sebagai pen