tumbuh kembang

Post on 03-Mar-2016

218 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

growth

TRANSCRIPT

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUPAnthony Widyanata LebuanMedical Faculty of Udayana UniversityCIRI CIRI PERTUMBUHANDapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif (punya nilai yang dapat diukur dalam angka)Perubahan pada ukuran tubuh bersifat ireversibel (tidak dapat kembali seperti semula).Bertambahnya ukuran (volume, massa, tinggi).Pertambahan ukuran dan pertambahan jumlah selBiasanya berlangsung secara cepat di awal usiaMemiliki batasan usiaCIRI CIRI PERKEMBANGAN Tidak dapat diukur serta dinyatakan secara kualitatifPerubahan pada ukuran tubuh bersifat reversibel (dapat berulang atau bersiklus)Perubahan bentuk, susunan dan fungsi organ-organ tubuh menuju kedewasaan/kesempurnaan. Proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna (kompleks).Berlangsung di setiap fase kehidupanTidak terbatas oleh usiaHEWAN DAN MANUSIAPERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA

TAHAP-TAHAP TUMBUH KEMBANGEMBRIONIK. Pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi selama masa embrio (terjadi di dalam kandungan)PASCA EMBRIONIK. Pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi setelah masa embrio (terjadi di luar kandungan)ZYGOTEpertemuan antara sel sperma dengan sel ovum dan akan menghasilkan zygote. Zygote akan melakukan pembelahan sel (cleavage)Pembelahan sel dimulai dari satu menjadi dua, dua menjadi empat, dan dan empat menjadi 8. (1 2 4 8 )

MORULAMorula adalah suatu bentukan sel sperti bola (bulat) akibat pembelahan sel terus menerus. (Embrio yang terdiri dari 16-64 sel)Keberadaan antara satu dengan sel yang lain adalah rapat.Morulasi yaitu proses terbentuknya morula

BLASTULABlastula adalah bentukan lanjutan dari morula yang terus mengalami pembelahan.Bentuk blastula ditandai dengan mulai adanya perubahan sel dengan mengadakan pelekukan yang tidak beraturan.Di dalam blastula terdapat cairan sel yang disebut dengan Blastosoel.Blastulasi yaitu proses terbentuknya blastula.

GASTRULAGastrula adalah bentukan lanjutan dari blastula yang mempunyai lapisan dinding tubuh Gastrula pada beberapa hewan tertentu, seperti hewan tingkat rendah dan hewan tingkat tinggi, berbeda dalam hal jumlah lapisan dinding tubuh embrionya.

GASTRULA (cont.)Triploblastik yaitu hewan yang mempunyai 3 lapisan dinding tubuh embrio, berupa ektoderm, mesoderm dan endoderm. Hal ini dimiliki oleh hewan tingkat tinggi seperti Vermes, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata dan semua Vertebrata.Diploblastik yaitu hewan yang mempunyai 2 lapisan dinding tubuh embrio, berupa ektoderm dan endoderm. Dimiliki oleh hewan tingkat rendah seperti Porifera dan Coelenterata.Gastrulasi yaitu proses pembentukan gastrula.

ORGANOGENESISOrganogenesis yaitu proses pembentukan organ-organ tubuh pada makhluk hidup (hewan dan manusia). Organ yang dibentuk ini berasal dari masing-masing lapisan dinding tubuh embrio pada fase gastrula.

Contohnya :Lapisan Ektoderm akan berdiferensiasi menjadi cor (jantung), otak (sistem saraf), integumen (kulit), rambut dan alat indera.Lapisan Mesoderm akan berdiferensiasi menjadi otot, rangka (tulang/osteon), alat reproduksi (testis dan ovarium), alat peredaran darah dan alat ekskresi seperti ren.Lapisan Endoderm akan berdiferensiasi menjadi alat pencernaan, kelenjar pencernaan, dan alat respirasi seperti pulmo.

PERKEMBANGAN PASCA EMBRIONIKFase pascaembrionik yaitu fase pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup setelah masa embrio, terutama penyempurnaan alat-alat reproduksi setelah dilahirkan.Pada fase ini pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi biasanya hanya peningkatan ukuran bagian-bagian tubuh dari makhluk hidup. Kecepatan pertumbuhan dari masing-masing makhluk hidup berbeda-beda satu dengan yang lain. Setelah lahir disebut dengan nama bayi dan memasuki masa neonatal.Perkembangan pada manusia terjadi secara bertahap. Masing-masing tahapan mempunyai ciri dan karakteristik tersendiri yang merupakan ciri khas yang dapat dijadikan pertanda.tumbuhanPERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA

TAHAP AWAL PERTUMBUHAN TUMBUHANMula-mula biji melakukan imbibisi atau penyerapan air sampai ukuran bijinya bertambah dan menjadi lunak.Saat air masuk ke dalam biji, enzim-enzim mulai aktif sehingga menghasilkan berbagai reaksi kimia.Kerja enzim ini antara lain, mengaktifkan metabolisme di dalam biji dengan mensintesis cadangan makanan sebagai persediaan cadangan makanan pada saat perkecambahan berlangsung.PROSES PERKECAMBAHANPerkecambahan terjadi karena pertumbuhan radikula (calon akar) dan pertumbuhan plumula (calon batang).

Perkecambahan biji ada dua macam, yaitu:Tipe perkecambahan di bawah tanah (hipogeal) Epikotil memanjang sehingga plumula keluar menembus kulit biji dan muncul di atas permukaan tanah, sedangkan kotiledon tertinggal dalam tanah. Contoh: perkecambahan kacang kapri (Pisum sativum).Tipe perkecambahan di atas tanah (Epigeal) Hipokotil memanjang sehingga plumula dan kotiledon ke permukaan tanah dan kotiledon melakukan fotosintesis selama daun belum terbentuk. Contoh: perkecambahan kacang hijau.b. HIPOGEAL

EPIGEAL

PERTUMBUHAN PRIMERPertumbuhan ini disebabkan oleh kegiatan meristem apikal yang terdapat pada ujung akar dan ujung batang, yang mengakibatkan akar dan batang bertambah panjang dan tinggi.

PERTUMBUHAN SEKUNDERPertumbuhan ini disebabkan oleh kegiatan meristem lateral yang mengakibatkan batang bertambah lebar.Contoh yang sering kita temukan adalah kambium, jaringan ini dapat menumbuhkan pertumbuhan lateral atau menambah diameter dari bagian tumbuhan.

FITOHORMONAUKSIN, merupakan hormon yang berfungsi sebagai substansi yang merangsang pembelokan ke arah cahaya (fotonasti).SITOKININ, hormon yang merangsang atau terlibat dalamPembelahan selGIBERELIN, Hormon ini berfungsi mengatur pemanjangan batang (ruas batang), juga pertumbuhan pucuk dan pembentukan buahASAM ABSISAT, berfungsi mempercepat penuaan daun, merangsang pengguguran daun, dan memperpanjang masa dormansi (menghambat perkecambahan biji).